Memahami Sejarah Perkembangan Suzuki

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Mempelajari sejarah sebuha peradaban akan memberikan banyak pelajaran. Beberapa pelajaran penting yang harus dihayati diingat dan diperhatikan untuk langkah kedepnay adalah kiat-kiat bagaimana:

  • Mencapai keberhasilan
  • Menghadapi ancaman dan rintangan
  • Mempertahankan dan terus melakukan perbaikan
  • Dan lain sebagainya

Begitu pula yang ingin ditampilkan dalam tajuk  “Sejarah Motor Suzuki Siap Tampil di Hadapan Publik“. Karena ternyata suzuki sebagai salah satu brand sepeda motor yang memiliki sejarah panjang di Indonesia dan Dunia. Guna memperkuat kembali eksistensi Suzuki di Indonesia, beragam produk dari generasi pertama hingga terakhir yang telah mewarnai keseharian publik Indonesia akan tampil dihadapan publik pada ajang Indonesia Motorcycle History (IMH). Kegiatan ini digagas oleh Mastomcustom dan diselenggarakan oleh Haneishen di Synthesis Residence Kemang pada tanggal 30 Juli 2017 esok.

Sejarah perkembangan suzuki di Indonesia digambarkan dengan sangat baik dengan menampilkan produksi suzuki mulai dari yang tertua sampai generasi terahir saat ini yaitu :

  • Motor produksi masal pertama Suzuki di Dunia bernama ‘Power Free’ yang diproduksi pada tahun 1951, sebagai satu-satunya yang eksis. Motor yang diciptakan dengan basis sepeda kumbang tersebut ditambahkan mesin 2-tak berkapasitas 36cc. Di Indonesia sendiri untuk pertama kalinya Power Free tampil kehadapan publik hanya di IMH2017.
  • A100 dan FR70. Dua notor ini mempunyai tempat spesial dan istimewa di hati masyarakat Indonesia karena keunikan, performa dan gayanya. Model legendaris tersebut menjadi pembentuk awal brand image Suzuki sebagai motor anak muda yang dinamis dan bergaya di Indonesia. Pada acara ini juga akan menampilkan tribute untuk salah satu musisi legendaris Indonesia dalam wujud sebuah motor Suzuki.
  • Suzuki RG400 Gamma, RGR150, TS125, Thunder 250 hingga yang menjadi idola masa kini GSX-S150.

Inilah beberapa motor sport suzuki yang hadir di tanah air mewarnai zamannya. Ayo ngaku siapa diantar bro n sis pemirsa motogokil yang kalah tua sama nih motor ? Terutama motor yang paling kanan.

Yohan Yahya (Sales & Marketing 2W Dept. Head PT. SIS), menyatakan

Banyak generasi milenial yang belum mengetahui sejarah motor Suzuki di Indonesia, maka pada ajang IMH2017 inilah Suzuki turut mendukung Mastomcustom untuk menyelenggarakan event besar yang menggabungkan konsep seni, sepeda motor, dunia custom dan sejarah. Bukan sekedar hiburan, tetapi acara ini juga bisa berguna untuk melestarikan sejarah otomotif di Indonesia.

 Dari sejarah dan pengalaman suzuki yang akan dipamerkan ini, penggiat persepda motoran tanah air dapat mengambil pelajaran, bagaimana sebuah brand sepeda motor dibangun. Yang menjadikan suzuki berhasil bisa dijadikan contoh, sedangkan apa yang menyebabkan suzuki terpuruk bisa menjadi warning. Sehingga untuk membangun industri sepeda motor di tanah air tidaklah perlu memulai dari “nol”, karena suzuki telah mencontohkannya.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

3 Komentar

  1. Kata org Suzuki trpuruk krn ninggalin shogun 110r. (Saya sih lebih suka shogun kebo, ntah knapa rasanya lebih enak shogun kebo).
    Kemudian keasyikan jualan satria fu, sedangkan pecinta suzuki brtambah usia dah kurang minat ma satria fu, pada pindah ke motor batangan tetangga.

  2. motor pertamaku satria lumba2 dibeliin bapak pas sma, dulu semua org nengok, cewe2 minta nebeng, haha… pas mulai kerja ganti shogun kebo, terus ganti shogun robot, skrg mau beli motorseprot gsx gak kesampean, masih nabung modal kawin, huhuhu

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan