[DIY] Mudahnya Mengganti Kampas Rem Depan All New CB150R

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kampas rem adalah salah satu part yang cepat aus (fast moving part). Akan tetapi keasikan kita mengendara, kadang membuat lupa untuk memeriksanya. Sehingga baru tersadar ketika kampas rem benar-benar habis tinggal plat besinya saja. Dan itulah yang motogokil alami beberapa hari yang lalu.

Diawali dengan getaran rendah yang periodik pada handle rem (brake lever) saat ditekan (ngerem). Ini pertanda kampas rem benar-benar habis, sehingga plat besi menyentuh piringan baja (disc brake). Dan lubang-lubang pada disk brake inilah yang membuat piston sedikit naik-turun, sehingga handle rem juga ikut maju-mundur, alias bergetar. Dan ternyata setelah dilihat kebagian kaliper rem depan, kampas rem depan memang sudah habis, sisa tipis banget (lihat gambar judul di atas).

Jika mau mengganti kampas rem depan all new cb150r (juga old cb150r, cbr150) tidak perlu ke bengkel, karena mudah sekali. Berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan dulu kampas rem baru, yang original di ahass harganya sekitar 55 ribu
  • Siapkan kunci sok/pas ukuran 8 dan obeng min kecil
  • Congkel kampas rem dengan obeng min, agar menjadi renggang dari disc brake. Congkel terus dengan dibantu ganjal, sampai 2 piston di kaliper masuk ke dalam semuanya (full).

  • Buka pin pengunci dengan kunci-8, putar ke kiri dan tarik sampai lepas. Otomatis kampas rem akan copot/lepas, jatuh ke bawah.

  • Kemudian ganti dengan yang baru, bagian luar dulu (agak ditekan ke atas), kemudian masukkan pin kekaliper tembus ke lubang besi kampas rem. Kemudian pasang kampas rem bagian dalam (agak ditekan ke atas), pin ditekan sampai masuk ke lubang plat dan mengunci.
  • Kencangkan pin pengunci dengan kunci-8, dan selesai

Bagi yang sudah terbiasa bongkar pasang, asalkan semua tersedia (kampas rem baru, kunci-8, obeng min), maka pekerjaan DIY ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Silahkan buka juga artikel bermanfaat yang lain mengenai rem

 

4 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan