Honda CBR250RR Produk Kasta Tinggi yang Diciptakan Secara Ekslusif. Mengapa Demikian ???

Assalamu’alaikum wa rochmtullohi wa barokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kunjungan motogokil beserta puluhan blogger dan vlogger dari berbagai penjuru Indonesia memberikan banyak manfaat [artikel]. Salah satu oleh-oleh yang sangat bermanfaat, dari kunjungan tersebut adalah melihat tempat dimana motor honda cbr250rr diciptakan. Terlihat sangat berbeda, dibandingkan dengan line produksi motor-motor lainnya.

Salah satu perbedaan yang mencolok adalah, pada line produksi cbr2250rr terbungkus rapat dengan palstik tranparan tebal. Begitu pula dengan part-part setengah jadi, tersusun rapi di rak yang juga terbungkus oleh plastik. Hebatnya lagi, para pekerja juga harus dibersihkan pada suatu ruangan khusus sebelum memasuki line tersebut. Menurut mereka (kepala produksi di line tersebut) hal tersebut harus dilakukan untuk menghindarkan proses perakitan engine cbr250rr dari kontaminasi debu, sekecil apapun.

Motogokil jadi teringat dengan cerita teman, yang desertasinya membangun divice sensor berbasis teknologi nano di jerman. Mereka harus steril dari debu, karena sekecil apapun dimensi debu, bagi device berteknologi nano menjadi cukup besar. Sehingga mereka harus bekerja dalam ruangan khusus yang steril dari debu. Barangkali gambaran kasarnya seperti ini

Karena kontaminasi debu sangat signifikan terhadap performa dari nano device, berikut perbandingannya

Pertanyaannya adalah;

“mengapa honda cbr250rr diperlakukan sangat istimewa dalam proses pembuatannya ?

Jawabannya sangat sederhana yaitu :

“karena hal itu adalah kebutuhan dari spesifikasi yang dibawa oleh engine cbr250rr”

Puas nggak dengan jawaban tersebut ? Jika tidak puas, maka jawaban yang memuaskan memang sulit didapatkan dari ahm, karena memang sangat spesifik dan mengandung beberapa data yang cukup konfidensial. Oleh karena itu, motogokil mencoba memberi jawaban berdasarkan pengetahuan yang motogokil miliki. Berikut penjelasan sederhananya :

  • Engine cbr250rr memiliki performa tertinggi (saat ini untuk kelas 250cc, 22 silinder). Dan ini membawa konsekuensi rasio kompresi efektifnya sangat tinggi, oleh karena itu performanya akan sangat sensitif terhadapa kebocoran kompresi.
  • Seal nya yang merupakan kombinasi antara oli di permukaan silinder dan dimensi ring serta kerapatannya dirancang sedemikian kuat untuk meminimalisasi kebocorna kompresi.
  • Tekanan ring piston ke dinding silinder sangat kuat, untuk minimalisasi kerugian gesek, maka diciptakan dinding silinder yang sangat licin dan halus laksana cermin.

Nah jika terkontaminasi 1 debu saja yang bersifat silika (sekeras kaca), maka dinding silinder akan tergores. Selanjutnya akan terjadi kebocoran kompresi. Dan pada akhirnya performa akan turun, karena

  • sebahagian campuran udara+bensin akan lolos masuk crankcase otomatis VE turun,
  • rasio kompresi efektif juga turun
  • pengapian akan tidak presisi (sedikit ngawur), pembakaran menjadi tidak sempurna

Efek lainnya adalah oli akan lebih cepat habis terbakar, dan emisi gas buang akan semakin tinggi/beracun. Sebagai akibat dari oli yang terbakar, dan pembakaran yang tidak sempura.

Intinya kontaminasi debu saat pembuatan engine cbr250rr sangat dihindari. Untuk menjamin performanya sesuai dengan yang telah diperhitungkan. Sehingga hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk honda cbr250rr, ditinjau dari proses produksinya yang sangat eksklusif.

Sementar itu dulu mas bro, apa yang bisa motogokil sampaikan. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Baca juga

Kemenangan cbr250rr di IRS

Performa engine cbr250rr gigi-6 12400 rpm

Mudah meng-upgrade cbr250rr

Power cbr250rr naik

Kehadiran cbr250rr memaksa rivalnya untuk upgrade

Analisis performa engine cbr250rr 38 ps

Bocoran silinder cbr250rr

Konfigurasi bore x stroke cbr250rr

 

6 Komentar

  1. mau gak mau… suka gak suka… CBR250RR ada sport terbaik dikelas 250cc sekarang ini. Para ngepbeye gak usah cemburu, karena msh bisa beli aerox atau R15. Untuk para mbek tetep pakai mbit karena kelas sport 250cc terus menurun.

    wekekekeke

  2. Sayangnya setelah berbentuk motor kok banyak masalah… Tbw stuck, seal head bocor, tali kopling putus dll… Malah klaim dipersulit…
    Ga percaya?! Cek sendiri digroup fb.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan