AHM Berbagi Ilmu Kepada Blogger dan Vlogger, Dalam Visit AHM Foctory

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

AHM adalah sebuah pabrikan motor terbesar di Indonesia. Tentunya selain membuat, merakit dan menjual, AHM juga punya misi lain yang sangat bermanfaat yaitu csr. Dalam hal ini memberikan sumbangan ilmu bagi para blogger dan vlogger untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan sepeda motor. Acara tersebut digelari “Blogger and Vlogger Factory Visit Plant Kerawang PT. Astra Honda Motor”.

Para blogger dan vlogger dari berbagai daerah di Indonesia mendapatkan manfaat dari kunjungan ini. Bagi motogokil beberapa manfaat yang didapatkan adalah :

  • Bagaimana memilah konsumen berdasarkan kebutuhannya, sehingga dalam pelayanan kepada konsumen dalam level kebutuhan yang berbeda ahm menerapkan 3 layers dealer, yang berbentuk segitiga piramida. Di mana paling atas adalah big wing, yang tengah wing dan yang laing banyak/besar adalah bagian dasar yaitu reguler.

  • Bagaimana suatu proses harus dilakukan secara sistematis dan cermat dalam pembuatan sepeda motor. Mulai dari bahan baku, pembuatan part dari bahan logam, alumunium dan plastik, perakitan dan pengujian. Kesemuanya berjalan seperti air mengalir yang tenang menuju ke final inspection.

(wah blur..silahkan dikira-kira sendiri, atas alumunium, tengah steel, bawah plastik)

  • Bagaimana memperlakukan suatu produk (cbr250rr) yang membutuhkan spesifikasi dan kepresisian yang sangat tinggi. Cbr250rr menghasilkan power yang sangat besar, dengan beberapa komponen yang lebih eksotis dibandingkan motor lainnya. Oleh karena dalam proses pembuatannya sangat dijaga dari kontaminasi sekecil apapun termasuk debu.
  • Ada hal-hal yang mendukung kegiatan inti (pembuatan sepeda motor) yang pembangunan basis dari sikap para pekerja. Diantaranya adalah kedisiplinan, menjaga kebersihan dan lain-lain.
  • AHM sangat serius dalam kiprahnya, terlihat pabrik yang dibangun begitu besar, sehingga pastinya akan memperkerjakan talent-talent anak bangsa sebagai pekerjanya.
  • AHM juga mulai meningkatkan teknologi manufacturing nya dengan mengaplikasikan sistem dengan tinkat otomasi yang sangat tinggi. Sehingga peroses fabrikasi dapat dilakukan dengan lebih efisien dan presisi.

Pastinya banyak sekali yang didapatkan oleh para blogger dan vlogger, kalau mereka benar-benar memanfaatkan event ini. Apalagi bagi mereka yang memang mempunyai background keteknikan kunjungan ini benar-benar menunjukkan secara riil, beberapa proses yang sebelumnya belum pernah dilihat seperti :

  1. Casting blok mesin dari biji alumunium
  2. Casting fairing dari biji plastik
  3. Proses pengecetan (painting)
  4. Proses pengelasan dengan menggunakan robot (robotic welding)
  5. Proses assembly dengan menggunakan alat-alat khusus (assembling)
  6. Sarana dan prasarana dalam rangka membuat, merakit dan menguji sepeda motor, dll

Sayangnya ada bagian yang tidak sempat motogokil saksikan secara langsung. Dimana pada bagian ini sisi keteknisannya sanga kental, mungkin memang waktu tidak mengizinkan, sehingga bagian tersebut terpaksa tidak bisa dilaksanakan. Intinya (bagi motogokil) kunjungan seperti ini sangat bermanfaat, terutama bagi peningkatan pemahaman akan proses fabrikasi, khususnya fabrikasi sepeda motor.

Dan akkhirnya motogokil mengucapkan banyak terimakasih atas segala bantuan dari mpm dan ahm yang telah bersusah payah memberikan semuanya itu kepada motogokil, juga para blogger dan vlogger yang kemarin hadir. Semoga event-event seperti ini juga bisa sering dilakukan, sehingga banyak yang bisa “tercerahkan”, baik blogger/vlogger maupun para pembacanya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

6 Komentar

    • alhamdulillah juga bisa ketemu mas hendrik
      juga blogger-vlogger dari berbagai daerah di Indoensia
      semoga menjadi silaturahim yang barokah

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan