Wankel Engine…Kelebihan dan Kekurangannya

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Setiap teknologi pastinya memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya, termasuk juga wankel engine (mesin rotary). Tentunya layak-tidaknya perkembangan engine ini tergantung dari banyak faktor, salah satunya adalah sisi kelebihan-kekurangannya tersebut. Motogokil akan berusaha menjelaskan secara gamblang bagian kekurangan dan kerugian dari wankel engini dalam artikel ini.

Kelebihan

  1. Secara konstruksi wankle engine sangat superior. Yang mana dengan konstruksi yang dimiliki menghasilkan beberapa kelebihan/keunggulan dibandingkan piston engine, yaitu :
    • Kesederhanaan: mesin rotary dapat memiliki sedikitnya tiga bagian bergerak utama, dibandingkan dengan lebih dari 40+ untuk mesin berbasis piston silinder. Semakin sedikit bagian yang bergerak menghasilkan keandalan yang lebih baik.
    • Bobotnya ringan
    • Kemasannya kompak
    • Biaya produksi murah
  2. Performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan piston engine dengan bobot engine yang sama. Hal ini disebabkan oleh :
    • Pengiriman daya: karena rotor berputar, pengiriman daya berlangsung lebih lancar dan pengiriman daya yang sangat halus, jauh lebih halus dibandingkan piston engine
    • Putaran engine bisa sangat tinggi, karena tidak ada komponen yang bergerak bolak-balik seperti piston engine
    • Dalam satu putaran rotor, dapat terjadi 3 kali pembakaran, sehingga power yang dihasilkan jauh lebih tinggi dengan kubikasi yang sama dibandingkan piston engine. Dengan volume 645 cc wankle engine sanggup menghasil power yang setara dengan 2600 cc piston engine.
    • Semakin sedikit part yang bergerak semakin sedikit rugi-rugi gesek, total power yang keluar semakin besar.
    • Fleksibel untuk beberapa level oktan bahan bakar.

Jadi kesimpulannya adala kelebihan utama dari wankel engine dibandingkan piston engine adalah pwr (power to weight ratio) yang superior, handal dan murah.

Kekurangan

Kekurangannya juga merupakan akibat dari konstruksinya yang cukup “nyeleneh” yang saat ini masih terus diteliti untuk disempurnakan. Yang menyumbangka kekurangan adalah bagian-bagian ini :

  1. Karena intake port tidak dikawal oleh klep, maka rasio kompresinya rendah, akibatnya koefisien pembakarannya rendah. Akibatnya fc nya juga rendah, alias boros.
  2. Bentuk dari rotor yang segitiga mengharuskan seal yang rumit sehingga lebih rentan kebocoran kompresi
  3. Pelumasan yang harus dilakukan untuk menjaga performa seal menjadikan adanya oli yang ikut terbakar
  4. Kombinasi dari 1-2-3 menghasilkan emisi yang cukup signifikan dibandingkan dibandingkan piston engine

Kesimpulannya adalah kelemahan wankel engine adalah lebih boros dan emisi gas buangnya lebih tinggi dibandingkan piston engine.

Nah tentunya berdasarkan kelebihan dan kekurangan tersebut, wankel engine berjalan seperti kondisi sekarang. Yaitu tidak menguntungkan produsen  kalau diproduksi (karena part yang bekerja sedikit), sulit memenuhi standar emisi yang semakin ketat dan karena tidak populis maka aftersalesnya juga lebih sulit.

Akan tetapi mazda sebagai salah satu pabrikan yang masih terus melestarikan wankle engine terus berinovasi. Tahun 2019 nanti mazda akan mengeluarkan wankel engine terbaru untuk mobil klan rx-nya. Tahun 2016 mazda telah mematenkan engine wankel terbarunya

[sumber]

Beberapa penelitian terakhir menyebutkan bahwa perbaikan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kekurangan wankel engine adalah :

  1. Direct fuel injection
  2. Coating diamond like
  3. Perubahan posisi port
  4. Perubahan bentuk chamber (sisi rotor) untuk meningkatkan rasio kompresi
  5. Aplikasi turbo charge
  6. dll

Semoga wankel engine yang superior ini tidak punah. Terima kasih pada mazda dan juga pabrikan lainnya seperti norton yang telah bersusah payah melestarikan wankel engine ini. Usaha perbaikan yang tidak mengenal lelah lambat laun akan menyempurnakan performa dari wankel engine sehingga akan lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

5 Komentar

  1. Kalau mesin piston, gerakan naik turun harus dikonversi jadi gerakan memutar. Sedangkan sistem wankel udh muter dr proses pembakarannya. Centre of gravity jg lebih rendah memungkinkan kendaraan lebih stabil.
    Kurang tenaga? Tambah power? Tambah aja 1 atau 2 rotor lagi. Mesin piston mana bisa semudah rotari tinggal nambah gitu

    Bener2 sistem yg cerdas sebenarnya

  2. wah mantap nih, perbanyak artikel kyk gini pak dosen, makin banyak misteri dunia otomotif yg bisa dicerahkan

    pak dosen, kalo boleh request, bikin artikel perihal perhitungan kubikasi mesin wankel ya, hehehe

    sekalian dicantumin variabel terkait, semisal bore x stroke kalo di mesin 4t/2t.

    terima kasih

  3. Pabrikan jg malas risetnya karena tidak menguntungkan dari sisi bisnis….

    Oleh karena itu jd antik, mazda bisa jual mahal karena dari sisi bisnis mesin ini punya power besar dibanding mesin yg kubikasinya sama….

1 Trackback / Pingback

  1. CR700W Dengan Hanya 690 CC Hasilkan 220 HP di 10500 RPM, Gokil - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan