[Modifikasi] Bikin Sendiri Kopling Hidrolik.

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sebagai besar pengguna motor berkopling manual, pasti pernah merasakan kepenatan jari tangan kirinya. Karena jari tersebut harus bekerja untuk menekan tuas kopling yang memiliki perlawanan cukup keras, sekeras per kopling yang bekerja pada rumah kopling. Apalagi saat lalu lintas macet, pada merayap, tangan kiri lebih menderita lagi.

Untuk meningkatkan kenyamanan tangan kiri, digantilah kopling manual tersebut. Yang tadinya model tarik dengan kawat seling baja, diubah menjadi model dorong dengan menggunakan prinsip hidrolik, mirip dengan rem depan. Menurut informasi yang beredar, tekanan yang digunakan jari-jari tangan kiri berkurang hingga 40%, lumayan enteng kan. Penampakan kopling hidrolik dan pemasangannya pada motor sport, ada pada gambar judul di atas.

Harga dari kopling hidrolik ini beraneka ragam, ada yang di bawah 1 juta dan ada yang di atas 2 juta rupiah, silahkan kunjungi kaskus, tokopedia, bukalapak dll. Dan bagi sebahagian biker, harga ini masih cukup mahal. Untuk mengakalinya (bagi biker kreatif sekaligus bokek) bisa mengadopsi teknik murah meriah berikut…

Yaitu mengaplikasikan perangkat hidrolis rem depan, berikut triknya

Kaliper dilas ke bak kopling, jadi (menurut motogokil) tekanan piston dari kaliper langsung mengarah ke plat tekan di rumah kopling (pressure plate).

Jadinya begini

Penampakan setelah terpasang di motor

[sumber : facebook lupa statusnya siapa]

Lain dari pada yang lain, alias out of box. Lumayan nyentrik dan eye catching. Motogokil belum tahu review dari pengaplikasian kaliper rem depan sebagai kopling hidrolik, juga belum mencoba. Bagi yang ingin mencoba silahkan dicontoh cara di atas, biaya murah, tapi resiko ditanggung sendiri ya. Menurut motogokil tidak masalah, selama cairan hidrolik dan seal karet piston di kaliper mampu menahan panas dari bak mesin.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

3 Komentar

  1. Telalu beresiko..seal master rem di desain bkn untuk than pada suhu mesin xg tingi.aplagi kompresinx 11:…., lain lg klw seal water cooler…xixixi

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan