[TSND] Prinsip Kerja Engine 2-Tak Transfer Port Injection (TPI) yang Ramah Lingkungan

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Beberapa bulan yang lalu, KTM membocorkan bahwa ia akan merilis motor sport enduro 250 dan 300 ext tpi. Motor ber genre tril dengan engine 2tak ini, merupakan generasi baru yang ramah lingkungan. Dan menurut info yang dilansir ktm, engine ini dibangun sudah dengan persyaratan lolos standar emisi euro-4.

Tentunya menjadi harapan bagi pencinta performa, khususnya pencinta 2tak, bagaimana bisa merasakan kembali ledakan performa engine 2tak, dengan tetap menjaga efisiensi yang tinggi dan emisi yang rendah. Atau dengan kata lain engine 2tak generasi baru ini, menyediakan tenaga 2tak, akan tetapi irit dan emisinya seperti 4tak. Peningkatan performa engine 2tak ini tidak lain karena perkembangan yang terus menerus dari engine 2tak dengan sistem injeksi bahan bakar, termasuk motor-motor ktm yang akan dirilis tahun 2018 nanti.

Para pemirsa motogokil tentunya penasaran, tentang bagaimana prinsip kerja dari engine tak tpi, kok bisa irit dan rendah emisi seperti engine 4tak ??? Mari kita simak info dalam video ini…

Perhatikan pade menit 3:14, seperti itulah prinsip kerja dari tpi pada engine 2 tak. Performa, efisiensi dan tingkat emisi yang dihasilkan benar-benar mengandalkan keakuratan kinerja ECU sebagai otak dibalik kesuksesan engine 2tak tpi ini. Jadi dari semua info konfigurasi engine yang dibangun dan info dari semua sensor yang dipasang, ecu akan menentukan berapa cc oli dan bensin yang harus diinjeksikan. Sehingga semuanya bisa terbakar dengan tuntas, energi yang dihasilkan maksimum dan emisi gas buangnya minimum.

Ternyata sistemnya sederhana, dan (mungkin) bisa diaplikasikan pada engine 2tak lama. Tentunya dengan beberapa penyesuaian, yaitu pemasangan pompa bensi dan pompa oli, sensor-sensor dan remapping timing pengapian dan durasi penginjeksian (bensin dan oli) sesuai dengan konfigurasi engin yang ada. Lebih simple/sederhana dan murah tapi dengan hasil yang mantab, lulue euro-4.

Sistem ini berbeda dengan yang diterapkan pada engine 2tak fuel injection yang pernah motogokil bahas sebelumnya. Motoogil pernah membahas engine 2t injeksi yang dipatenkan oleh honda [artikel] dan juga oleh yang lainnya [artikel]. Tapi sistem yang diperkenalkan ktm juga husqvarna terlihat lebih simple dengan tanpa banyak merubah konstruksi engine yang lama.

Mau motor dengan pwr yang dahsyat, tunggu munculnya motor ber-engine 2tak FI sebentar lagi. Motor-motor 4tak bisa nggak laku bro, karena motor ini akan memiliki banyak keunggulan dibandingkan motor ber-engine 4tak, yaitu :

  1. Efisiensi dan emisinya setara engine 4tak
  2. Powernya 2 x power engien 4tak dengan cc yang sama
  3. Konstruksinya sederhana (komponennya lebih sedikit) sehingga rugi-rugi gesek kecil, perawatan mudah, dan produksinya murah [artikel].
  4. Bobotnya ringan, sehingga baik pwr dan twr akan jauh lebih dahsyat dibandingkan motor 4tak yang lebih berat dengan performa separuhnya.

Sementara itu dulu pemirsa motogokil terhormat. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

7 Komentar

  1. Oli berarti kan tetap masuk ruang bakar khas 2 tak konvensional.. apakah memungkinkan kalau oli/pelumas ga gabung sama bensin jadi mirip kaya di 4 tak.. kan sudah injeksi ini, jadi bensin ga perlu masuk ke belakang piston dulu, tapi langsung di injeksi keruang bakar.. dan oli tetep berada di belakang piston ga perlu masuk ruang bakar kaya di 4 tak??

    Andaikan bisa, kan emisi jadi jauh lebih bersih lagi kan.. ga ada oli yg kebakar.. kaya 4 tak..

    Ya cuma andaikan aja sih.. ga begitu paham mesin jg

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan