[DIY] Cara Mudah Mereparasi LAT (Tensioner) All New CB150R Facelift (K56)

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Di artikel sebelumnya motogokil berusaha menampilkan bagaimana cara mengganti tensioner (LAT) pada all new cb150r facelift. Bagi bro yang kebetulan lagi bokek, juga males belanja sparepart, ataupun males ngantri di beres, mungkin bisa mereparasi/ngakali LAT untuk sementara. Intinya adalah memperkuat tonjokan/gaya tekan stud dari lat ke rantai keteng/kamprat.

Cara yang paling rekomended adalah mengganti pegas pita dengan yang lebih kuat. Bisa menggunakan pegas pita dari LATĀ lain (variasi/ori), yang penting lebar dan panjangnya serupa. Untuk penggantian pegas pita, LATĀ terpaksa harus dibongkar. Cara membongkar LAT sudah pernah motogokil tuliskan dalam artikel terdahulu, sedangkan pemasangannya dengan cara sebaliknya.

Sedangkan cara yang lebih mudah adalah dengan mengurangi panjang pegas pita LAT ori. Caranya gampang, ikuti langkah berikut

Perhatikan bagian pegas pita yang keluar (kondisi ditekuk sebagai penahan)

Kemudian tarik keluar pegas pita dengan menggunakan tang kecil, dengan panjang 1-2 cm.

Dan tekuk dengan bentuk tekukan serupa dengan tekukan ori.

Selanjutnya potong, supaya tekukan tersebut menjadi pendek seperti orinya.

Untuk memotong pegas pita jangan bingung, jangan mencoba menggunting, guntingnya bisa kalah. Pakai cara mudah saja, karena terbuat dari baja maka memotongnya lebih mudah dengan ditugel/dipatahkan. Ditekuk sampai gepeng/penyet, kemudian tekukan dibuka langsung patah. Lihat praktek ini

Ok mas bro, sementara itu dulu diy reparasi/ngakali LAT all new cb150r. Hanya memerlukan alat, tanpa harus keluar dana, sudah bisa menoptimalkan kembali kerja LAT. Mohon saran jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

7 Komentar

  1. Memang begitu parah ya kualitas ngahem ngerriihhh..
    Kerusakan LAT sangat jarang terjadi itupun dgn catatan usia motor yg tua nah ini masih brp th pak dosen ???

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan