Akhirnya "Black Ant" (All New CB150R) Terjangkit Klotok-Klotok…Jangan Khawatir Ada Obatnya

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Penyakit keluar suara klotok-klotok pada old cb150r ternyata juga di alami oleh all new cb150r. Akan tetapi penyebabnya berbeda, jika old cb disebabkan oleh camshaft holder yang longgar, maka all new cb disebabkan oleh tensioner rantai keteng (kamprat) yang kurang kuat. Dan baru beberapa hari kemarin, akhirnya all new cb150r “black-ant” terjangkit penyakit ini juga.

Kadang owner all new cb150r kurang faham, mana suara engine yang normal dan mana yang klotok-klotok. Berikut motogokil contohkan dengan menggunakan suara blank-ant setelah digeber…(simak video-nya)

Fokus pada suara engine pada detik ke-11 dan detik ke-18 s/d 21, itulah suara klotok-klotok, yang terdengar asing diantara suara engine normal. Suara tersebut tidak selalu muncul, kadang-kadang saja. Dan kemunculannya lebih sering saat mesin dipanasi (warming up) dan tepat setelah digas/digeber.

Pada artikel sebelumnya motogokil pernah membahas permasalahan tensioner (LAT) substitusi, untuk mengatasi masalah ini [artikel]. Dan kebetulan motogokil pernah membelinya, tapi belum sempat dipasang. Karena saat itu black-ant masih gress, belum ada suara klotok-klotok nya. Motogokil membeli part lat kw untuk motor honda yang lain, dengan harga (kalau nggak salah..lupa) 150 ribu [artikel]. Nah ketika si black-ant mulai klotok-klotok, baru dech dipasang. Dan (untuk sementara) ternyata ampuh menghilangkan suara klotok-klotok tersebut, berikut videonya…

Perhatikan suara engine setelah di geber, …hilang suara klotok-klotoknya. Ternyata (untuk sementara) penggalantian tensioner ori dengan kw, memberikan paengaruh yang signifikan untuk menghilangkan suara klotok-klotok pada engine all new cb1150r bagian kiri. Kita tunggu saja sampai berapa lama bisa bertahan, semoga seterusnya, aamiin.

Kalau ada yang mau tahu cara penggantian lat, silahkan request, nanti dibuatkan artikelnya. Karena sudah banyak video yang menampilkan suara klotok-klotok pada ncb150r dan bagaimana mengatasinya, mungkin coba browsing dulu di youtube. Kalau belum jelas baru request ke motogokil.com.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

36 Komentar

    • sebenernya, kalau biasa manasin motor ditinggal, kemudian setelah pakai helm motor dijalankan, kemungkinan besar suara klotok tidak terdengar, karena kejadiannya sudah lewat. Suara klotok-klotok hilang setelah mesin sudah cukup panas

  1. cbr k45a ane pernah kena klotok klotok sekaligus getar berlebih pada stang disaat yg sama. ganti lat ori, klotok hilang tp getar ttp muncul. apa pasang lat harus distel lg atau langsung pasang? ada saran ganti part lain atau cek bagian tertentu?

    • kalau generasi k45a (di rumah) belum terjangkit klotok2, masih aluss katanya engine dibikin di jepang sono
      kalau k15 emang klotok2, tapi sumbernya di camshaft holder

  2. Punyq km 8000 bunyi klotok2, bawa keahas lat dikencengin gak bunyi.sambil diindenkan lat baru. Skitar 1,5 bln lat dtg trus dignti.sampai skrg km 20rb alhamdulilah aman.

  3. sm dong penyakitnya…kayak nmax!!!
    wkwkkkk……
    klo dohc wajar seh sebenarnya… kan nanggung beban 2 cam plus rantai kamprat yg lbh panjang!!! di satria fu byk jg kasusnya…..!!
    tp klo nmax kan sohc… tp kok ikut2 an ya???

  4. Menurutku yg paling bagus LAT nya punyanya kawasaki kaze. Sistemnya unik dan terbukti awet, mungkin kalau di buat seperti punyanya kaze bakalan lebih awet

  5. model penonjok rantai ketengnya pake sistem pegas atau gak, seperti punya Jupiter Z 110? soalnya tensioner model begitu nyatanya di motor ane keluaran 2005 juga masih awet koq.

    BTW udah buka tensionernya milik FU FI Om? modelnya gimana sehingga bebas dari klothok-klothok:v?

  6. rantai keteng cepat kendor terjadi awalnya karena setingan rpm idlenya pelan/kurang kencang.

    ini juga masuk akal, kalo putaran idle di setting terlalu rendah biasanya putaran mesin jadi nggak bisa stabil irama putarannya/suaranya sehingga dampak dari putaran mesin yg berputar tak seirama dan tak stabil itu membuat rantai kamrat berputar gak seirama juga, jadi kenceng-kendor-kenceng-kendor, lama2 malah lebih cepet ausnya, kendor jadinya.

  7. Bunyi klotok apa gak dibawa ke beres aja secara garansi mesin 3 tahun selama servis di bengkel resmi?
    Dulu ane punya satria fu 2010 bunyi klotok dibawa ke beres trus dibersihin tensionernya trus disetel lg aman terus.

  8. Kelemahan LAT motobike honda ini dah kronis puluhan tahun, knapa gk ganti type LAT gerigi dg spring, jd maju langsung trkunci geriginya, byk dipasaran dg embel2 racing tp ada kelemahannya material pusher krg keras shg gampang rusak yg k 2 gerigi trlalu gde jd ada gap lebar pd perpindahannya.. Jk pusher keras dr baja dan gerigi lbh halus gk trlalu gde gde, top markotop dijamin mesin gk klotok2 krn benturan tension dg LAT

  9. Klotok2 gen mesin new cb – cbr – sonic – gtr pernah d analisis mendalam oleh ownernya bengkel hans ototronic
    Permasalahan utamanya d tidak samanya torsi kekencangan baut camshaft holder alias beda2 kerapatannya sehingga efeknya cam bisa oblak , selain itu clarance klep antara 1 ama yg lain beda2

    Tensioner hanyalah part yg terkena dampak dari permasalahan diatas

    Biasanya sih kalo diganti LAT nya pakai punya kharisma

  10. Kalau mau beli sebutannya apa ya pak itu spare partnya?punya saya juga sudah kena tapi cuma tak potong dikit terus gulung lagi aman sampai sekarang sekitar 2 bulan ini gak kumat lagi.cuma buat jaga-jaga aja kayaknya butuh part cadangan.

    • salah satu penyebabnya tensioner kurang kuat
      penyebab lainnya adalah putaran stasionernya kurang stabil,
      untuk lebih jelasnya coba bandingkan dengan mesin motor yang baru diservis di beres, kalah sama suaranya ya berarti normal

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan