[Safety] Jangan Lengah Ketika Melakukan Kegiatan di Sekitar Gir

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu bagian motor yang sering menjadi perhatian adalah rantai dan gir belakang. Menarik perhatian kerena keren (bersih, mengkilap atau berwarna warni), bisa juga karena kotor, berkarat dan mengeluarkan suara berisik. Oleh karena itu banyak sekali biker yang melakukan kegiatan-kegiatan di sekitar rantai dan gir, misalnya :

  1. Mengencangkan
  2. Membersihkan
  3. Mengganti dengan yang lebih keren
  4. Memotong rantai, dan lain-lain

Semua kegiatan yang bertujuan perbaikan tentunya sangat bagus dan dianjurkan. Karena erat kaitannya dengan performa, kenyamanan dan style (untuk meningkatkan “proud”). Akan tetapi jangan sampai kegiatan di sekitar rantai dan gir diselingi (disambi) dengan kegiatan lain yang menimbulkan kelengahan, seperti ngobrol, ngeroko, ngelamun dan lain-lain. Bisa fatal akibatnya, apalagi jika mesin motor nyala dan masuk gigi (roda belakang berputar)…bahaya bro. Nih salah satu penampakan akibat lengah saat berkegiatan di sekitar rantai dan gir

[sumber]

Gambar di atas sudah cukup meberikan banyak cerita. Gir dan rantai benda keras yang bergerak, sangat beresiko berada disekitarnya. Berdo’a dan berusaha untuk hati-hati dan sesuai dengan prosedur keselamatan, sangat dianjurkan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

9 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan