Upgrade Power GSX R150 dengan SARP Full System Exhaust, Mudah dan Tidak Menggugurkan Garansi. Kok Bisa Ya ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin suzuki merilis secara resmi beberapa part racing untuk gsx r150 dengan label SARP Cobra Series. Part racing ini memang sengaja diriset khusus untuk gsx r150, sehingga pasti cocok disematkan tanpa perubahan yang berarti, alias plug and play.  Product racing ini didisain untuk keperluan balap/racing, akan tetapi juga cocok untuk meningkatkan penampilan/style sehingga gsx r150 terlihat semakin racy.

Pada artikel ini motogokil akan mencoba fokus pada part racing yang mampu meningkatkan performa gsx r150 secara instan, yaitu knalpot full system. Menurut hasil penelitian yang dilakukan, aplikasi knalpot ini akan mampu meningkatkan power 

1.4 hp dan torsi sebesar 0.4 Nm (on wheel/dyno). Berikut penampakan kurva power dan torsinya

Jika merujuk pada brosur yang menunjukkan power gsx r150 adalah 18.9 hp. Maka dengan aplikasi sarp exhaust full system, power akan naik menjadi 18.9 + 1.4 = 20.3 hp. Power sebesar ini sudah berada di atas pendahulunya yaitu fxr150, yang memiliki power 20 ps, mantab sekali. Dan pastinya dengan power sebesar ini, performa gsx r150 berada di atas lawan-lawannya.

Dan yang cukup menarik adalah aplikasi knalpot ini tidak menggugurkan garansi. Pertanyaannya adalah kok bisa kenaikannya sebesar itu dan tidak menggugurkan garansi ? Berikut motogokil akan mencoba menjawabnya :

  1. Mudah mengupgrade power gsx r150 karena potensi yang disedikan oleh gsx r150 sangat memungkinkan untuk mengupgrade power dengan sedikit ubahan. Potensi tersebut adalah diameteter throttle body [artikel] dan diameter klep yang lebar serta debit injector gsxr150 yang lebih besar dari satria fufi [artikel].
  2. Setting knalpot standar (sengaja didesain) untuk menjaga agar ve tidak terlalu besar. Hal ini terkait dengan kebijakan suzuki berdasarkan kecukupan power, standar emisi, efisiensi dan lain-lain. Atau istilah motogokil adalah, sengaja dikebiri seperti yang pernah motogokil tulis mengenai power satria fufi [artikel]
  3. Sensor O2 dari gsxr150 dan ECU nya memiliki respon yang cukup untuk dilakukan upgrade performa sampai pada tahap tertentu. Artinya penggantian knalpot (peningkatan ve) langsung mampu direspon ECU untuk menyesuaikan AFR, sehingga powernya naik. Hal ini seperti yang pernah juga dilakukan pada satria fufi [artikel].

Oleh karena itu, karena penyematan knalpot racing sarp ini tidak merubah system apapun. Sistem pengapian tetap, sistem pengabutan injector tetap dan sistem kelistrikan juga tetap. Karena sistem-sistem utama pada sepeda motor (khususnya gsx r150) tidak berubah, makannya tidak menggugurkan garansi. Apalagi part ini memang secara resmi diriset dan disediakan oleh suzuki, jadi sangat terjamin kualitasnya, sehingga durabilitas engine tetap terjaga layaknya motor standar.

Jadi jangan ragu dengan kualitas part SARP cbra series ini. Bisa kenceng, bisa juga untuk sekedar mejeng untuk tampil lebih keren. Silahkan kunjungi ke dealer suzuki terdekat yang sudah menyediakan part-part ini.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

10 Komentar

  1. awas ditilang pulisi..
    aku yo enak pake knalpot standar wae.. sakura full system original nva nya aku simpen di kerdus..

      • I know banget maksudnya. Tapi sama seperti buang sampah sembarangan, kalo ga dimulai dari diri sendiri, siapa yang mau mulai buat aware sama begituan. Tau2 cicit kita kena serangan paru-paru.
        Pernah ngerasain gimana sakit paru? Atau kalo udah punya anak, gimana klo anaknya harus keluar rumah pake masker oksigen?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan