Total Distribusi Honda CBR250RR Masih Unggul, Ninja 250FI Mulai Mendekat

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Angka distribusi motor sport kelas 250cc sudah di keluarkan AISI. Dan dari angka tersebut memberikan gambaran sementara untuk penerimaan masyarakat pada motor sport 250cc. Pada bulan februari tahun 2017 ini, distribusi kawasaki ninja 250fi kembali unggul, bahkan lebih tinggi dari honda cbr250fi. Tentunya angka distrbusi ini cukup menggembirakan kawasaki, pasalnya produk motor sport 250cc yang dibuatnya masih memiliki daya tarik yang kuat bagi konsumen.

Mari kita lihat angka distribusi ketiga motor tersebut….

Menurut data yang sampaikan blogger kondang kobayogas, distribusi ninja 250fi dan cbr250rr diketahui dengan jelas, sedangkan r25 masih belum terlihat :

  1. Kawasaki Ninja 250FI: 1.727 Unit. (1.277 unit versi STD, dan 450 unit versi ABS)
  2. Honda CBR250RR: 1.002 unit
  3. Yamaha YZF-R25: belum diketahui

Dari hasil ini terlihat bahwa distribusi pada bulan februari, ninja250fi jauh lebih unggul dibandingkan cbr250rr. Padahal cbr250rr adalah produk gress yang penuh fitur dan teknologi tinggi. Akan tetapi tetap tidak mampu dengan mudah mengalahkan ninja250fi yang berteknologi paling lawas. Barangkali hal ini akibat lamanya ninja 250 menguasai pasar sport full fairing 250cc dan juga massifnya pengiklanan ninja250fi pada suatu sinetron di tanah air.

Meskipun demikian, honda masih bisa bernafas lega, karena secara total distribusi cbr250rr periode januari-februari 2017, masih sedikit di atas ninja250fi. Distribusi pada bulan januari dapat dilihat pada tabel belikut

[sumber]

Jadi tinggal ditambahkan saja, sehingga total distribusi cbr250rr adalah 2410 unit sedangkan ninja250fi 2380 unit, hanya selisih 30 unit. Sedangkan r25 masih belum bisa ditotal, karena angka distribusi bulan februari belum muncul. Tapi melihat hasil pencapaian bulan januari, sepertinya total distribusi r25 masih jauh untuk mendekati ninja250fi dan cbr250rr.

Dari hasil distribusi ini, untuk sementara menunjukkan anomali dari motor-motor tersebut :

  1. Ninja250fi dengan teknologi paling lawas, dan power paling rendah, masih memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi konsumen
  2. CBR250rr dengan power terkuat, dan teknologi tertinggi serta fitur yang tidak bisa ditandingi rival-rivalnya, masih memilki hambatan dalam menarik perhatian konsumen.
  3. R25 dengan prestasinya di dunia balap yang belum tertandingi, dengan performanya selalu unggul di lintasan sentul, terlihat sulit mengembangkan market share nya.

Lalu motogokil mencoba menyimpulkan bahwa :

  1. Nama, gengsi dan style masih memiliki porsi paling penting dalam pertimbangan oleh calon konsumen untuk membeli motor sport full fairing 250cc
  2. Teknologi tinggi serta fitur premium yang disematkan pada motor, hanya difahami sebahagian kecil calon konsumen. Sementara sebahagian besar tidak faham atau tidak peduli serta hanya melihat yang tampak menarik (eye catching) dari luar saja.
  3. Prestasi di dunia balap, kurang menarik bagi konsumen. Mungkin sebahagian besar calon konsumen 250cc tidak suka ngebut/balapan, atau kurang faham dengan dunia balap (musim balapan, tuning engine, performa, power, torsi, handling, akselerasi dll).

Barangkali bro punya pertimbangan lain dalam memilih motor sport 250cc ?

Mohon maaf kalau ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

29 Komentar

  1. Kirain penjualan CBR250RR bakalan unggul lagi dibanding si ninin soalnya di daerah ane (Banyumas dan sekitarnya) udah sering ane liat si CBR250RR seliweran dijalan.
    Kalo si R25 kemungkinan emang kurang laris soalnya ane jarang banget liat ini motor dijalanan daerah ane.
    Tapi emang sih nama ninja jauh lebih dikenal dibanding nama lain buat motor sport fairing.

  2. Kalo menurut saya om gokil, Desain. Iyes, desain Ninfi terlampau keren. Jadi tidak akan cepat termakan waktu. Dijejer sama CBR tidak kebanting. Sepertinya 5 tahun kedepan pun desain ini belum terlihat old. Hal ini berbanding terbalik dengan engine Ninfi yang paling loyo dibanding CBR dan R25.

  3. R25 masih punya pride juara balapan International Dan Nasional.

    Yimm mah ngak pusing ngak laris dilokal Masih bisa kipas-kipas dollar Wong R3 Dan R25 laris Manis di luar . Di USA sendiri yg terkenal susah tembus malah R3 laris Manis ngak ketulungan. Orang luar ngak Gila moge look kayak orang Kita karena disini harga moge Mahal sedang disana lihat moge itu terlalu biasa. di USA Dan Europa R3 sangat disukai begginer bike karena handlingnya yg enak buat tekuk apalagi buat trackday sirkuit.makanya banyak kejuaraan 300cc pilih pake R3. Yang kasihan AHM ngak menikmati manisnya penjualan lokal Selamat 6 Bulan pertama seperti saat R25 launching. Ditambah cbr250rr Belum dijual export entah APA karena terkendala kualitas karena kalau dijual export apalagi tembus Amerika ngak gampang coyy standard kepuasaan konsumennya disana tinggi sekali siap2 recall sedang AHM anti recall raykat sana MANA mau dikasih voucher pengganti istilah recall kayak disini. Lihat saja klotok-,klotok saja didiemin sampai konsumennya pasrah yg penting logo sayap.

  4. di europ cuma ada segmen fairing 125 300 dst. ga ada 150 250 ky di asia. jd cbr250 msh susah dpt marketnya. dan ninja 250 tu dowgrade dr zx300 ya? bnr g sih?

  5. org indonesia itu selain performa, senangnya dengan desain elegan everlasting, kurangnya CBR 25055 ya itu doang, liat aja desain ninja 250 lama maupun baru dan all new R15 (yg ini headlampnya kurang kejam dikit, klo pake design ninja injeksi bakal lebih joss)

  6. banyak faktor yg membuat r25 susah laris
    1.Nama .disini R series belum cukup populer
    2.Recall .meskipun recall adalah bentuk tanggung jawab pabrikan .tp di sini recall masih dimaknai negatif
    3 Isu sunat power
    4 Desain. Memang kurang moge look kaya yg lain..coba kalo seperti prototype (meskipun tdk USD) bisa jd lain ceritanya..r25 kelihatan dangak..
    5Marketing. sebagus apapun produk kalo marketingnya kacau ya susah laku
    6 Nasib.. ya udah nasibnya kurang laku

    • Honda (mobil lho, bukan ahm) barusan mengumumkan recall banyak jenis mobil mereka di Indonesia. Apakah penjualan mereka bakal drop? Lets see..

  7. Ane mau komen terkait kesimpulan nya:
    ..
    Bukan masalah tampang doang lah..
    Bukan masalah paham gak paham technology lah,,
    Bukan msalah gak suka ngebut jg (ane pake 250 di jalan plng cuman 140kpj dah desel lg, bawa 150 125kpj dah desel jg).
    Itupun gak tiap hari.. Apa lg yg gak sekenceng ane?
    ..
    peminang 250 rata” udah lebih tenang buat mikirin dapur, so.. klo just buat nentuin minang 250 yg mana gak rumit gak smpe nyesel salah pilih jg, pertimbangan nya banyak cz mikir nya smbil adem gak keganggu kompor dan rice cooker ngepul.,,
    jd klo cuman bandingin mana technology yg lbh unggul, mana yg lebih kenceng, mana yg potensi gede di race.. itu gampang banget kok,, sambil ongkang” nonton tv jg bisa.
    ..
    masalahnya ada yg mikir (mcm ane) :
    kita udah waktunya butuh gak technology itu?
    atau belum,,
    ato malah jangan” gak butuh?
    macam yg tiba” mati di lampu merah ntuh… Atau yg cuman lampu nyala buat bilang klo kita lg ngirit dan gak << (yg ky beginian ane gk butuh)
    ane lebih salut yg masukin spec slipper & vva, nyata value dan fungsinya di jalan.
    ..
    yg setia ke 250 merk tertentu bukan pride ato eksklusifitas lg yg dibawa (yg pnya bnyak euy, pride yg mana lg yah??!!)
    Pluss,,
    Mana ada org ngeluarin duit 70jt buat beli “just tampang”?!
    Sowan dulu ma yg punya.. Tanya baik” klo blh pinjem, baru paham nanti apa alasan yg lain selain tampang.
    ..
    So ane kurang setuju klo yg gak milih 250 plng kenceng itu dikata gak doyan ngebut
    Yg gak milih 250 fitur mutakhir itu gak paham technology
    Plus yg setia sama 250 ganteng dibilang cuman demen tampang..
    Xixixiixxiii 70jt pemain lama lha klo cuman modal tampang dah bubar mcm HSM om, makanya maen ke sebelah Putu Lanang biar dapet pencerahan knp dinosaurus itu blm punah malah beranak pinak jd species baru.

    • mantab komennya, tapi
      nggak semua kayak ente pemikirannya, malah mungkin banyak yg berlawanan dengan pemikiran ente, silahkan bandingkan komuinitas yang satu suara dengan ente dengan total pemilik sport 250cc yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan ribu orang
      barangkali perlu voting, mana pendapat yang mewakili mayoritas

      • hmm,, setidak nya utk saat ini sprtinya yg berpikiran mcm ane cukup banyak :
        data di atas sepertinya aisi bulan januari ya?
        ini perbandingan nya data kompas aisi februari :
        ..
        Kawasaki Ninja 250 FI total 1.727 Unit terdiri dari 1.277 unit versi STD, dan 450 unit versi ABS
        Honda CBR250RR sebanyak 1002 unit
        ..
        “Memahami satu motor tidak bisa hanya dengan membaca brosur. Anda perlu mengendarainya. Untuk mengerti bagaimana motor bereaksi terhadap jalan raya dan instruksi dari anda sebagai pengendaranya.”
        (kata bijak dari Om Leo)

      • sampe kepotong komentar ane,,

        klo awal januari melejit wajar lah hysteria kan msh panas, yg inden jg dari akhir tahun blm ada yg dapet unit nya (info dr slh satu sales), bahkan yg mau cash or credit ditolak di akhir tahun, krn stock yg ada jg buat kebutuhan yg sdh inden lbh awal.
        ..
        geng ijo awal tahun mengalami penurunan jg memang dari pusat nya begitu, olah harga dsb.. kan udh ckd, misal velg dan roda sdh gak pake Thailand lg.. so downcost ke supplier perlu diformulasikan lg agar harga tetep walopun segalanya naik.
        ..
        Februari kan akhirnya naik lg to? di sisi lain ada yg turun..
        konsumen 250 gak semacam debat sohc & dohc itu
        buktinya rslawe yg udah dikasi dohc knp jg msh mlempem di masyarakat..
        kalo kata ane sih sebagian besar user 250 itu “beli motor bukan beli mesin, apalagi beli brosur”..
        motor itu kesatuan, yg dilihat, dipantengin, dirasain banyak!
        apakah yg beli ninja itu yg pinter sdng yg beli merk lain itu oon?
        ya enggak lah org beli motor mah suka” gue , duit gue.. wakakakkkkk!,,..
        ..
        ane cuma mau bilang klo ada yg kurang tepat dg kesimpulan om gokil terhadap pandangan user 250 terhadap motor nya.
        mungkin om gokil memantau user 250 samping nya anak sekolahan kali ya?
        SEJAK KAPAN PENGGUNA NINFI DEMEN SINETRON, KITA MAH MALAH JIJIK MOTOR KITA DIPAKE ANAK INGUSAN ALAY! wahahahaaaaa,….

        • kesimpulan ane kurang tepat, nggak masalah bisa jadi ente yang benar
          namanya juga kesimpulan dari cara pandang yang belum tentu sama dengan ente, iya nggak ?
          kebetulan tetangga ane pengguna ninfi bukan anak2, juga bukan alay, rider biasa, cara pandangnya kemungkinan besar berbeda dengan ente
          dan saat ini ia sepertinya kesengsem dengan cbr250rr

  8. Dulu masih awam, motor sport fairing dibeli karena tampang (cinta pada pandangan pertama), bodo amat ama dohc-sohc ane ga paham, taunya balapan cuman moto gp.
    Pas punya nih motor baru deh baca2 blog otomotif. Tambah wawasan, baru sadar dengan teknologi otomotif.
    Motor sebelah punya fitur A B C, motor ane apa adany yg penting bisa jalan…tapi bukan motor sebelah yg terbaik, melainkan yg ane punya sekarang.
    Sekilas pandangan dr rider biasa…ga usa trlalu serius ah…
    Makasih pak dosen u/ artikelnya…

  9. R25 versi yimm plastiknya sangat kurang gitu, model juga kalah ganteng drpd rival2nya. (semoga aja versi export kualitas plastiknya ga seburuk disini). Makanya orang Indo jadi ogah beli Erdualima, mereka masih mending beli ertiga..ga kehujanan dan ga kepanasan..

1 Trackback / Pingback

  1. Honda CBR 250 RR Tembus 40 PS ? Biasa Saja…Sudah Terprediksi Sejak Lama di Motogokil | Rider, Mechanic, Engineer, Researcher

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan