[MotoGP] Antara Valention Rossi – Yamaha – Maverick Vinales

Assalaamu’alaikum wa rochmatulloohi wa barokaatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Race motogp akan segera dimulai, tepatnya jam 00.00 wib tengah malam nanti di losai qatar. Dan terdapat tanda-tanda bahwa vinales (mv25) akan mampu mendominasi balapan. Karena dalam semua free practice ia (mv25) di atas yamaha m1-nya selalu menjadi yang tercepat.

Hal ini berbanding terbalik dengan seniornya di yamaha factory team, yaitu valentino rossi (vr46). Karena dalam setiap free practice jarak antara vr46 dan mv25 lumayan jauh, rata-rata hampir 1 detik. Bahkan pada free practice pertama dan kedua selisihnya lebih dari 1 detik. Lihat tabel berikut

Hasil ini sangat timpang, mengingat mereka berdua mv25 dan vr46 berada pada tim yang sama. Apalagi mv25 adalah pembalap yang baru datang di tim yamaha factory, tentunya cukup memberikan rasa mashgul bagi tim vr46 beserta menejernya yang sudah lebih senior. Kejadian seperti ini mirip dengan saat awal datangnya lorenzo (jl99) di tim yang sama, dan juga berhadapan dengan pembalap yang sama yaitu vr46. Pada akhirnya terjadi peningkatan tensi persaingan antara kubu jl99 dan vr46 yang berujung pada jl99 juara dunia dan vr46 hengkang ke ducati.

Akan tetapi ada perbedaan antara jaman jl99 dan mv25 saat awal datang ke tim pabrikan yamaha. Pada saat jl99 datang, vr46 masih begitu digjaya, masih muda dan penuh semangat. Terbukti selama 2 tahun bersama lorenzo, rossi masih mampu juara dunia di tahun 2008 dan 2009. Sedangkan saat ini vr46 sedang menghadapi paceklik juara dunia, setelah juara dunia motogp tahun 2009, serta bertambahnya umur yang tidak bisa dipungkiri akan menurunkan performa balapnya.

Di kubu tim pabrikan yamaha, terdapat Maveric Vinales adalah pembalap muda yang sangat kuat, sangat menjanjikan banyak podium. Juga ada Valentino Rossi adalah pembalap yang melegenda, memiliki banyak pengggemar serta mengudang banyak sponsor. Potensi yang tidak berhasil diolah akan menjadi masalah. Jadi kalau sampai salah mengolah/me-manage potensi yamaha m1, potensi vr46 dan potensi mv25, hasilnya bisa kontra produktif.

Sementara musim ini terdapat banyak talent muda yang juga sangat kuat yang dapat mengisi posisi antara mv25 dan vr46, seperti marc marquez, andrea iannone, andrea dovizioso, dani pedrosa dan lainnya. Sehingga jika kekuatan mv25 dan vr46 saling melemahkan, maka kerugian besar akan ditanggung yamaha. Alih-alih bisa menempatkan salah satu pembalapnya menjadi juara dunia 2017, yang terjadi malah semua gelar bisa terlepas.

Bagi pecinta motogp tentunya, kondisi ini sangat bagus. Karena akan muncul pembalap-pembalap baru yang mengisi front row. Lebih bagus lagi kalau marquez dan rossi sempat tercecer di belakang dan berhasil menyusul ke depan, balapan akan semakin seru. Dan ketika banyak jawara telah berkumpul di depan, maka akan banyak overtake atau bahkan crash yang akan menjadi tontonan menarik.

Jika ada kurang dan salahnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

8 Komentar

  1. mbah oci tuh dah waktunya pensiun…tp ngeyel banget…!! mbok ya realistis…. kehebatanmu sudah jauh berkurang… umur ga bisa bohong…!!!

    toh semua pecinta n penggemar jg dah mengakui kehebatan balapmu… tp itu dl!! emang hebat… legend…!!!
    semoga kau sadar …..!!!
    serahkan estafet nafsu balapmu pada pembalap2 muda…mv..mm..dp…!!

    #salam46 legend!!!

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan