Yamaha All New R15, Keseimbangan Antara Harga-Performa-Fitur

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Harga yamaha all new r15 sudah ditetapkan secara resmi untuk jakarta (otr) yaitu 34.5 juta. Seperti yang pernah motogokil ulas pada artikel sebelumnya, bahwa harga all new r15 akan tetap kompetitif. Karena sebelumnya all new r15 muncul, sudah ada all new cbr150r, maka pastinya harga all new r15 tidak jauh dari harga all new cbr150r, yaitu sekitar 33-34 juta.

Dan dengan harga otr all new r15 ini, yamaha sepertinya ingin menegaskan bahwa ia siap merebut kembali tahta sport 150cc dari honda. Karena bagi yamaha all new r15 ini seperti sebuah flag ship dalam armada sepeda motor produksinya, benar-benar spesial. Sehingga dengan harga yang sedikit lebih mahal dari kompetitor, yamaha ingin menunjukkan kualifikasi all new r15 berada jauh di atas kompetitor.

Nah bagi yang sedang mencari dan menimbang akan membeli motor sport 150 cc full fairing, mungkin bisa melihat tabel komparasi berikut…

 

Jika fokus kepada all new r15, maka dengan harga 34.5 juta tidaklah mahal. Bahkan menurut komparasi yang motogokil buat tersebut, harga ini termasuk murah. Karena dengan harga tersebut banyak kelebihan (nilai plus yang tidak terdapat pada kompetitor) yang diberikan yimm pada all new r15. Dan pintarnya yimm, beberapa kelebihannya sengaja digunakan untuk menutup kekurangannya, yaitu :

  • SOHC ditutupi oleh VVA
  • Bobot yang cukup berat ditutupi oleh power dan torsi yang paling besar
  • Harga mahal dikompensasi dengan fitur usd+assist-slip clutch-banana arm dll

Jadi bagi rider yang memperhatiakn detil teknologi dan performa engine, serta style fitur-fitur yang disematkan pada all new r15, maka harga 34.5 juta adalah harga yang wajar, bahkan (menurut motogokil) murah. Tapi bagi rider yang tidak faham teknologi dan kurang peduli dengan style, yang sekilas hampir sama (tidak faham vva, usd, assist-slippery clutch), maka harga tersebut menjadi terasa mahal. Apalagi jika dibandingkan kompetitor yang selisihnya antara 1.4 – 6.6 juta, lumayan terasa selisihnya. Dan bagi pencinta performa serta ingin murah, tanpa peduli fitur-fitur yang kurang penting, cuma satu pilihannya yaitu suzuki gsx-r150.

Ok mas bro, pecinta motor sport full fairing 150 cc, monggo dipilih sesuai dengan hasrat, dana dan postur masing-masing. Coba dulu, jangan hanya percaya katanya-katanya, sehingga benar-benar pas di hati. Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

38 Komentar

  1. kalo dati segi kantong menengah bawah, hrga sgitu kmahalan kang iwan. gsx tuh yg paling rasional.. org msi ga perduli dgn tmpilan usd ,slip cluth,.. yg penting kenceng murah.. tu yg d inginkan sbagai motor sport kls bawah

  2. Ane rasa kalau biker kompak menolak harga r15, pasti didiskon lagi. Masalahnya banyak dari kita yang rezekinya cukup (ada juga yang berlimpah), tapi egois dan tidak peduli dengan biker lain yang kurang kuat keuangannya. Jadi selama 155 biji itu laku terjual, harga tetap segitu.
    Eh, tapi ane yakin kalo bener2 biker sih paham penderitaan kita2. Yang susah dan bikin rusak pasaran itu alay2 yang nodong ortu dengan ancaman suicide.
    Ane bukan menghasut, tapi memohon. Eh, iya, kan?

    • setuju ma ente…
      pabrikan jepun makin ngelunjak karena ngerasa laku…

      😀

      bahkan di roda 4 pun sama
      makin gak rasional
      kudunya pabrikan eropa jgn arogan juga soal harga, justru itu jadi celah si jepun semena mena karena ngerasa harga masih dibawah motor eropa

    • Setuju sih,
      Mendekati angka 35 juta bukan nilai yang murah bagi sebagian orang, tapi kalo liat cbr yang ‘operpret’ aja sering lalu lalang dijalan itu berati harga ngga jadi masalah
      Yah kalo saya sih bakal ambil ini ya kalo punya dana cukup, jika masih bimbang untuk naik ke kelas 250cc

    • fitur basi cuy…
      yg diharepin konsumen itu harga yg logis mo honda kek mo yamaha, suzuki atau kawasaki..

      😀

      bayangin aja motor lokalan dibandrol harga selangit… padahal karyawan cuma dibayar umr 4jt 1bulan

      😀

      sedapnya jadi kapitalis dinegara konsumtif dan hedonis

  3. yg paling irit malah all new r15…wkt touring dgn sport 250cc di dpt 50 km/lt sama tester otomotif net dan pas nyari data akselerasi di dpt 46 km/lt…bisa cek di tabloid otomotifnet…hehe

  4. Artikelnya om motogokil netral, cenderung objektif. Tapi saya suka bagian “Dan bagi pencinta performa serta ingin murah, tanpa peduli fitur-fitur yang kurang penting, cuma satu pilihannya yaitu suzuki gsx-r150.”

  5. sebetulnya kalo yimm bisa lebih bijak dan memahami selera pasar,bisa saja memberikan alternatif r15 v3 no usd no hazard no big tire(140 ban belakang )…harga busa di tekan lebih rendah sekitar 31 jutaan,,,its a good deal power tetep the best plus assist n slipper clucth nya ga hilang … kalo gsx di tambahin full fitur mirip r 15 v3 bisa bisa harganya 36___38 jutaan …kalo cbr 150 di tambahin full fiturnya r15 v3 range harga bisa bisa 38__40 jutaan ….

    • barangkali…kalau tarik2an dari malang sampai semarang full throttle, cbr150 sampai duluan
      barangkali lho….karena cbr150r cukup satu kali isi tangki bensin
      perlu pembuktian setelah r15 v3 ngaspal

  6. kalo melihat harga cbr, r15 terkesan murah,kalo melihat harga gsx , r15 terkesan normal harganya,intinya harga honda cbr kemahalan bgt

  7. Kalo Gixxer 150 pake SR-VVT plus kapasitas mesin ditingkatin hampir pas 150cc (tinggal besarin diameter piston 0.5 mm dari yg sekarang 62 mm) dengan rasio kompresi tetap, kira2 brapa potensi kenaikan powernya Om Gokil? (dg catatan SR-VVTnya bisa menggeser lebih awal Timing sejauh katakanlah 15° lebih awal)

  8. buat apa pakai USD, Arm Banana, Slipper Clutch n VVA kalau engine masih SOHC? mending teleskopik, arm kotak n kopling std tp dah DOHC drpd pake SOHC dngan fitur diatas.

    Gak percaya? liat aja MS nya entar

    huehehehehehe

  9. Padahal paket new R15 ver 3.0 seperti USD Dan Asiisst slipper clutch bukan kosmetik loh tapi Fitur standar moge2 fairing. Terasa sangat saat diperuntukkan di lintasan sirkuit diberbagai Dunia kArena produk New R15 ver 3.0 Ini di jual global dan sebagai entry level bike buat beginner. Dinegara-gara lain konsumennya punya mindset motor fairing itu ya jiwanya di sirkuit dan dengan fitur2 R15 ver 3.0 jelas memanjakan konsumen yg doyan geber disirkuit dengan USD lebih anteng Melibas trek sirkuit yg bumpy apa lagi di tambah assist slipper clutch penggantian gigi Turun naik tidak terjadi lost power jadi buat beginner Bisa mempertajam feel yg akhir nya mempertajam lap time. Ingat power is nothing without control . dengan mesin sohc vva dan Dohc overbore yg sama main dikisaran 19ps saya jamin bila ditest dengan 1 pembalap yg sama hasilnya R15 Akan lebih cepat lap timenya dibanding GSX apakah itu karena beda mesin bukan tapi Karena kosmetiknya yg mumpuni membuat motor lebih cepet melibas tikungan. Itu lah identitas Motorsport fairing bukan hanya power tapi kosmetik yg tepat sangat membantu Melibas berbagai sirkuit yg bakal disukai konsumen sport fairing yg soul nya ya dilintasan.

    Bagaimana dengan hazzard apakah itu kosmetik?? berhubung konsumen di Indonesia doyan touring Hazzard adalah hanya sekedar fitur buat safety riding saat touring dan sepertinya Akan jadi standard dimotor2 Yamaha kedepannnya.

  10. Besok kalau R15 menang adu standard disirkuit sama Gsx pasti alasan ya R15 menang kosmetik punya USD Dan Assist slipper clutch wajar New R15 menang. Jadi yg ngomong kosmetik new R15 ngak berguna dasarnya tidak menguasai teknologi balap atau haters Yamaha. Assist slipper clutch lebih berguna disirkuit dibanding keyless entry atau riding mode. Jadi kesimpulannya kosmetik yg tepat bisa membawa motor menjadi juara.

    Jangan Salah kaprah semua balapan resmi Dunia jelas tidak ada itu balapan standard. Oprekan semua ada aturan regulasinya yg semua Tim telah menyetujuinya. Masih banyak yg aturannya memakai komponen standar nah dari situ terlihat kualitas mesinnya digeber terus menerus tanpa jebol atau drop power.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan