Wahai Pencinta Motor Sport, Pilih Motor yang Standard Kencang atau Kencang di Sirkuit ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Motor terkencang di kelasnya tapi kok nggak berani balapan di sentul ? He he he…ternyata banyak komentator yang memberi tanggapan dan komentar. Ada yang komentarnya realistis dan masuk akal, ada pula yang komentarnya hanya berisi cibiran. Yang pasti kejadian ini dialami oleh yamaha saat awal rilisnya r25 [artikel] dan juga honda baru-baru ini [artikel].

Banyak sekali komentator yang mengaitkan performa motor standar pabrik yang dibeli konsumen dengan motor full oprek di dunia balap. Seperti ingin menyimpulkan bahwa motor yang sering menang balapan adalah motor terbaik yang akan didapatkan konsumen. Menurut motogokil, kesimpulan tersebut paling tidak punya tiga kemungkinan, yaitu :

  • Benar, jika balapan dilakukan dengan kondisi motor standard
  • Bisa benar-bisa salah, jika dalam balapan ada part motor yang diganti dengan versi racing
  • Sama sekali salah, jika motor balap sudah full korek, dengan part-part eksotis yang menjadikan total harga motor balap menjadi berlipat-lipat (bisa 10x lipat atau lebih)

Belum lagi faktor lain yang menentukan kemenangan dalam balapan. Seperti skill pembalap, skill mekanik, kesesuaian setting-an, cuaca dan keberuntungan [untuk sementara faktor-faktor ini diabaikan dulu]. Fokus sama motornya saja.

Fenomena ini (motor balap vs motor standar), sudah umum terjadi di tanah air, bahkan (mungkin) juga di luar negeri. Karena pada kenyataannya, fenomena ini juga diamini oleh pabrikan. Yaitu pabrikan ikut acara balap, menginginkan juara, agar memberikan kesan ke calon konsumen bahwa motor yang dibuatnya (yang dibeli konsumen) adalah “juga” motor jawara.

Nah kebetulan sekarang ada motor sport yang sedang adu kuat, baik di kelas 150cc maupun 250 cc. Untuk kelas 150 cc, saat ini (sementara) yang sudah terbukti di jalan raya, gsx r150 lah yang terkuat, akan tetapi yang menjadi juara irs kemarin r15. Sedangkan untuk kelas 250cc, (sementara juga) cbr250rr sudah terbukti menjadi motor terkencang di jalan raya, tapi sayang nggak ikut balapan, sehingga yang memenangi balapan IRS kemarin adalah r25.

Sekarang motogokil ingin menggali informasi dari para komentator terhormat, seandainya punya uang untuk beli motor sport full fairing 150 cc atau 250 cc, pilih mana dan alasan terkuat-nya apa ? Monggo sharing pendapat, barangkali berguna untuk pemirsa yang sedang bingung pilih-pilih motor sport 150 cc dan 250 cc.

Jika ada salah dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

59 Komentar

  1. Yg bisa buat kita senyum pas riding dan menengok le arahnya sesaat setelah parkir dan ngomong nggak sabar buat mengendarainya lagi haha

  2. Aku pilih motor kencang bukan pas balapan yang diracik oleh tim2 balap.. ha piye dab.. partnya sudah banyak di ganti.. saya lebih pilih motor terkencang saat djtes standaran pabrik.. toh di racik balap pasti lebih kenceng..

  3. Klo saya lebih suka motor mentahan.. Tp potensi nya besar buat di upgrade, trus ada tetap fun di kendarai sehari-hari.
    Kebanyakan ada di produk suzuki

  4. emmm yng gue demenin motor buat harian yaaa yang 3snya ajib , mudah perawatan, bandel mesine dan murah tapi kalo motor buat mejeng ya moto eksotik, kualitet bagus, demen dipandang kya cwe cantik hawanya pengen nyetubuhi mulu hahaha dan motor buat kenceng” pastti ringan, power gede , boros dan asli kenceng dari pabrik. kebetulan ane punya ke 3nya di kandang Sufit 07, Satria FI, CBR250RR

    • DIWOCO SEK ARTIKELE! KOMENMU RA MUTU BLAS. “seandainya punya uang untuk beli motor sport full fairing 150 cc atau 250 cc, pilih mana dan alasan terkuat-nya apa ?” woo, pece

  5. Motor standard yg tersedia skrg bagi saya powernya 11 12 untuk jalanan di ibukota…macet…
    Yg dibutuhkan ramping dan ringan buat gesit2an di jalanan macet. Tapi sayangnya ga ada di pasaran skrg…
    Akhirnya mensyukuri apa yg sudah ada skrg. CBR 150 R karbu… paling bikin nyenengin hati kl bisa nyelip terus liat spion motor belakang ga bs ikutan…
    *edisimenghiburdiri
    Makasih pak dosen untuk artikelnya, ditunggu artikel selanjutnya.

  6. pilih kenceng standar pabrik. alasan pertama ane pecinta kecepatan tp bkn pembalqp. kedua motor kunikmati tiap hari dijalan umum dan ane gak mau nyebarin polusi suara yang bagi kebanyakan org suara knalpot racing mengganggu. ane suka suara knalpot racing. tp kepentingan umum hrs diutamakan

  7. Motor yg bisa dioprek maksimal dan juara logikanya punya material mesin dan sasis yg mumpuni. Toh nggak mungkin balap road race seluruh material mesinnya diganti part eksotis. Pasti tetep banyak yg standar.

    Jadi buat saya motor2 juara lah yang menarik buat dimiliki.

    • Setuju..klu kita liat IRS dan AARC…piston dan magnet standard…piston ibarat jantung motor…pasti motor kenceng,aslinya..cuma tdk di stting maksimal oleh pabrikan…dg alasan keamanan dan keawetan ..

  8. kencang disirkuit lah ,, semua balapan motor produksi masal kan ada peraturannya dan hampir semua hanya -+50% part yg boleh diganti dari standar …

    lagian motor kencang itu bukan hanya tentang power/torsi tapi ada yg namanya handling nah ini dia bisa diliat dari sasis …

    trus kalo motor kencang disirkuit itu efeknya woh , kalo potensi dibuka semua bisa seperti ini jadinya ternyata …

    oh iya ini balapan motor produksi masal , jgan di bandingkan dengan prototype ,, buat motor kencang itu tidak harus mahal yang mahal itu kalo material bawaan pabrik ala kadarnya jadi ganti part lebih bnyak dan butuh biaya lebih besar .. contoh kecilnya coba siapkan uang 5juta trus oprek R15 dan NCbr150 bisa dipastikan untuk mendapat performa yg setara Cbr harus keluar duit lebih lagi , kok bisa ? mungkin pak dosen bisa jelaskan .

    kalau kasus r25 sama cbr250 “cuma” buat narik disirkuit jelas pilih r25, hahah r25 modal 5juta aja lebih dari cukup untuk ngalahin Cbr250 apa lagi semua selisih harganya buat oprek itu r25 ampon dah

    • 5 jt buat kelas komunitas, dana segitu ngga cukup buat kelas irs, lagian pak dosen namanya balap bukan cuma lapak promosi unit motor saja, seringnya ajang jualan produk aftermarket & workshop, lagian balap beda kelas beda pula spek dan biaya, resiko turun balap

  9. 150cc = r15 v3.0 krn paling komplit dan pasti dipake buat ngantor

    250cc = cbr 250rr, paling komplit juga di kelaanya, minus assist and sliperry clutch cmiiw

  10. Kalau ane sh mlih kenceng stndar
    Tapi ane juga lihat dulu berapa kompresi mesinnya dan dpet brpa dk dr kompresi mesin sekian gt
    Imho kalau melihat sh kyanya di irs ttep di pegang yamaha baik 150cc maupun 250 cc.. Alasanya karna sasis yamaha pling enak , istilahnya gmpng di tekak tekuk…soalnya bkin mtr kencang tu gmpan tapi yg ssah adal dengan kencangnya trsebut.. Mudah ga di kendaliin..

  11. Gak ada yg salah.. yg salah yg gak punya di kedua motornya sibuk nyinyir2an…padahal yg punya sih lagi nikmatin aja….syukr2 upgrade cc lagi
    Xixixi
    Salam YROC.

  12. Kalo ane pilih motorsport yg kencang dari lahir, apalagi upshift dan downshift cukup tekan tombol. Capek om kalo macet nahan kopling, hehehe…
    Karena blom ada yg ane sebutkan, jadi ane sarankan beli aerox 155 aja sementara… hahaha…..

  13. Untuk motor pakai fairing 150cc saya pilih gsx, karena motor yg oriented balap ya harus melengking di rpm tinggi. Kalau yg 250cc pilih cbr rr, alasannya sama.
    lain lagi kalau motor naked saya pilih ncb150.. pengennya sih ktm 250 yg my2017.

  14. Klo di jalan alon2 dan berkendara dgn sopan aja bro, biar selamat sampai tujuan, klo di sirkuit baru gas pol karena memang disitulah habitatnya…… jangan dibalik (kecuali alay, no comment utk makhluk yg satu ini)…

  15. Ntah kenapa ane milih motor yang irit dan nyaman dikendarai aja lagi pgen nmax ini. kalau sport sudah makai cb150 ane mah slow gak suka kebut2.

  16. Saya pilih motor yg keren tampilan untuk berkendara harian..
    Untuk balapan saya pilih motor yg high durability dan ketahanan mesin ketika menahan rpm tinggi..

  17. kwkkw ane orang depok,ane pilih motor yang gesit bodi ramping,desain gak malu2in tenaga lumayan yaitu New jupitter mx merah 2011 hahaha,(maklum depok macet mulu mau tua di jalan apa)

  18. Klo saya pilih motor yg mudah didapat part racingnya….percuma klo motor standar kencang tp part racingnya sulit didapat ato bahkan g ada.

  19. saya pilih kenceng di sirkuit bos, tau sendiri kan motor standar itu sebenre sama aja.. kalo pengen kenceng ya yg kuat di oprek, sessuai habitat motor kenceng ya di sirkuit.. kalo sekedar kenceng dll tak perduli paket lengkap soal sasis dll..
    sini main ke nganjuk noh lihat honda kalong ngasepi cb 150 r .. saya suka paket komplit sasis dan kuat tidaknya bahan di oprek jd ya yg di sirkuit paling bagus

  20. Ya jelas pilih yang kencang dalam kondisi standar, kalau balapan hari ini menang bisa aja besok kalah,biasa aja. contoh di awal2 keluarnya sonic masih kalah dari mx king,skarang?gantian sonic yg mengalahkan mx king. Tapi kalau standart aja kenceng ya akan tetep menang.tidak perlu mikir2 lg rubah sana sini.

  21. New R15 prioritas no 1. U motor sport 150 cc. Dgn pertimbangan fitur ( sliper clucth, delta box, banana arm, usd dan jaringan service sparepartnya). Alternatif suzuki gsx r150 dengan pertimbangan body belakang mirip r15, budget, power, ramping).
    New cbr 250 r prioritas no1 U sport 250cc.pertimbangan fitur dan power. Alternatif r25 pertimbangan upgrade part racing banyak, power beti dg new cbr 250, harga paling murah.

  22. CBR150 Repsol Edition otr Rp.39,925,000 (dibulatkan 34jt) beda 500rb sama Yamaha New r15 udah dapat model design , power dan fitur jauh lebih unggul. Bayangkan kalau CBR150 disematkan segala fitur yang ada di New R15 dan menaikkan power 2 HP lebih bisa berapa harganya nanti.

    Kalau Harga OTR R25 sekitar 55,8jt non abs dibanding CBR2500RR 63,5jt non abs nah ini bedanya harganya cukup jauhh wajar CBR 250RR juga unggul power, model dan fitur.
    Masih ada gap yang jauh buat R25 facelit untuk menaikkan fitur,power dan design apabila ditaruh harga sama dengan CBR250RR.

    Jelas dari perbandingan diatas CBR150 produk paling overprise walau pake sticker Repsol ngak menambah Powert dan Fitur.

    Pilihan kelas 150cc yang paling Value for Money
    1. R15 19,3ps + fitur terkomplit + moge Look
    2. GSX 19,1ps + Keyless Key + slim look
    3. CBR150 17ps dengan tidak ada Fitur yang signifikan yang bisa dibandingkan dengan 2 kompetitornya diatas. Model juga ngak semewah New R15 yang moge look. CBR150 ini modelnya kalau dikasih nilai ditengah-tengah diantara New R15 dan GSX.

    Pilihan Kelas 250cc agak sulit karena harga OTR R25 dan CBR250 RR gapnya sangat jauh buat yang berduit jelas ambil yang komplit CBR250RR buat yang budget mepet tapi pengen naik kelas 250cc R25 bisa jadi pilihan . Sedang untuk Ninja250 laris karena Moge look dan First Mover walau harga non abs nya lebih mendekati harga otr CBR250RR non abs.
    Disini bisa dibilang kalau liihat dari harga, power dan fitur jelas Ninja 250 overprice tapi ngak signifikan seperti cbr150 karena Ninja250 punya kelebihan yang dianggap oleh konsumen setianya yaitu Moge Look dan First Mover.

  23. Menurut saya mesin sport fairing identik ngebut disirkuit berjuang mencapai podium dan kemudian berhasil juara. Mesin sport fairing itu tidak takut di ajak duel di balapan reami Dan tidak mewekan dengan berbagai Alasan padahal pas beli alasannya beli Karena DOHCnya lah atau Karena powernyalah bla bla bla tapi masih Saja ngebut nya dijalan umum pas diajak ke Sirkuit lawan motor fairing merely lain yg kata mereka lebih inferior tapi pas hari race lutut gemetar takut kalah Dan dipermalukan sama yg lebih inferior. Apakah seperti itu jiwa motor sport fairing takut kalah sebelum berjuang.
    Saya salut Malah sama yg sport fairing walau dikata penuh kosmetik atau inferior tapi selalu berjuang disirkuit untuk mbuktikan walau penuh kosmetik dan power lebih rendah berhasil juara Itulah soulnya sport fairing adu kecepatan ya disirkuit bukan dijalan.

    Besok kalau R15 menang adu standard disirkuit sama Gsx pasti alasannya R15 menang kosmetik punya USD Dan Assist slipper clutch wajar New R15 menang. Jadi yg ngomong kosmetik new R15 ngak berguna dasarnya tidak menguasai teknologi balap. Assist slipper clutch lebih berguna disirkuit dibanding keyless entry atau riding mode. Jadi kesimpulannya kosmetik yg tepat bisa membawa motor menjadi juara.

    Jangan Salah kaprah semua balapan resmi Dunia jelas tidak ada itu balapan standard. Oprekan semua ada aturan regulasinya yg semua Tim telah menyetujuinya. Masih banyak yg aturannya memakai komponen standar nah dari situ terlihat kualitas mesinnya digeber terus menerus tanpa jebol atau drop power.

  24. klo saya pilih standart nya sudah kencang, jd nggak perlu keluar duit lagi untuk upgrade perorma, dan juga klo motor kenceng bisa dipakai pelan, tapi motor pelan ngak bisa dipakai kencang..:D

    Piss

  25. Edisi urun rembug buat sesama pecinta motor, lama gk komen panjang di mari :
    ..
    ane sih factor kedua nya bukan nomor satu utk motor jaman sekarng..
    Buat ane yg utama durability nya..
    yg kedua compatibility sama kita sendiri, mulai dari postur, SKILL sm riding style,
    SKILL ane caps biar org” pada paham beli motor itu musti modal skill yg bener klo gak pengen dosa nyelakain org & diri sendiri, apalagi yg mau migrasi ke tipe sport tulen, tanggung jawab ente gede di jalan. (pengalaman ane pribadi nyenggol dikit korban masuk UGD. So please stop talking about speed if we still rookie about our NEW BIKE!). Beli motor tahap nya kenali, pelajari dan sayangi, pake vario pun ente bisa melesat di jalan tanpa celaka klo dah dapet soulmate nya.
    ..
    semua brand jepun dah pernah punya..
    dan titik perbedaan (menurut ane) terletak di durabilitas nya bukan performa.
    Dibilang merk-A lebih kenceng dari merk-B, ntar setahun dah keluar Facelift nya jd merk-B lebih kenceng dari merk-A, dan begitu seterusnya…
    (smpai kapan? padahal fakta di lapangan selisih keduanya itu gak jauh, iya klo di sirkuit selisih 2-3 detik itu fatal, klo di jalan ente mau ngapain sih selisih 10 detik pun jg ketemu lg ntar di lampu merah, masih yakin ada produk yg selisih performa nya beda jauh? Atau kita dah termakan hysteria masal marketing aja?)
    ..
    performa klo puas standar nya ya udah sipp to tinggal pakai, klo gak puas ya diupgrade, mulai dari jeroan sampe penampilan jg bisa.. gak usah dijadiin inferior ato superior.
    ..
    Lha kalo durabilty?
    mau diapain coba?
    ini mah gen dari lahir, hahahaaa 😀
    masa umur motor ky umr hp (buat yg demen geber motor pasti paham maksud ane, brp sih “Umur Performa” motor jaman skrng).
    ..
    3S penting, tp itu pun jg bukan factor utama skrng, lha wong mau ganti part jg sama” inden, sama” lama.. jangankan part nya.. motor nya aja lama euy! 😀
    ..
    so bagaimana menilai durability klo motor belum kebeli?
    ane tanya balik, emang motor yg mau kita beli udah lahir dan digeber 5thn yg lalu kena hujan & panas di jalan oleh pabrikan buat nentuin standar keawetan motor yg mau dijual?
    enggak kan?
    so sejak kapan menilai durability hrs dipakai dulu bertahun-tahun?
    ..
    Kalo blm dapet wangsit buat menilai durability ya sudah factor kedua yg dah ane sebutin di atas td yg mesti diperhatikan.. tuh motor cocok gak ma kita?!
    klo gak cocok jangan maksain,, misal pake motor sport spion dilipet, knp gak muka lo aj yg dilipet ke pantat?!
    Inget tanggung jawab di jalan gede!
    (bini ane jg ngotot migrasi ke kopling masih ane larang, krn blm cocok antara skill dan motor nya). Dah gitu aja.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan