[Modifikasi] Honda Rebel CMX500…..Bisa Dijadikan Acuan Modif Motor Tua

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin honda secara resmi merilis satu lagi mogenya yaitu cmx rebel dengan kubikasi 500 cc. Moge honda ini dibekali engine 500 cc two-inline, 8 valve. Engine-nya sejenis dengan engine cb500x dengan konstruksi bore x stroke, 67 mm x 66.8 mm dengan volume 471 cc dan rasio kompresi 10.7:1, sama persis. Jadi perbedaan yang sangat mencolok adalah penampilan, ergonomi dan kerangkanya.

Karena moge ini tipe cruiser, tentunya sangat nyaman untuk jalan jauh, terutama bagi rider berumur yang posturnya pas. Akan tetapi bagi kebanyakan rider Indonesia, barangkali harus ada beberapa penyesuaian, baik jangkauan stangnya, beratnya dan terutama harganya. Harga resmi otr jakarta adalah 147 juta-an, sangat mahal bagi rider biasa, pangsa pasarnya adalah rider mapan/pengusaha yang cukup tajir.

Lalu bagaimana jika ingin punya motor seperti honda rebel ini, tapi kemampuan terbatas ? Ya..jalan satu-satu nya adalah modifikasi, karena modifikasi tidak ada matinya. Tapi sebelumnya mari coba lihat honda rebel dengan volume engine yang lebih kecil yaitu rebel 300, mungkin lebih masuk akal untuk dijadikan acuan, karena enginenya menggunakan engine cbr250r (single cylinder).

Ternyata bentuknya sama, hanya saja di sektor engine terlihat agak kopong. Barangkali main frame nya sama dengan rebel 500, akan tetapi engine yang dipasang lebih kecil. Nah yang ini, keliahatannya lebih cocok untuk dijadikan acuan modif.

Beberapa persyaratan penting untuk membangun/modifikasi motor cruiser yang rebel-like, adalah :

  • Motor sport
  • Diamond frame (kalau bisa dengan konstruksi yang sudah mirip)
  • Dimensi engine cukup besar

Kemudian yang harus diubah diantaranya adalah :

  • Sub-frame
  • Roda ukurannya dijadikan gemuk
  • Sok depan diperpanjang
  • Tangki bensin

Berikut ini bentuk frame body rebel 300, jika ingin menirunya tinggal cocokkan dengan sketsa ini

Ada beberapa contoh modifikasi yang hasilnya mirip dengan style rebel ini

[sumber]

[sumber]

Menurut motogokil beberapa motor yang bisa dimodif seperti ini adalah thunder, scorpio, tiger, verza, pulsar, gl-series, binter merzy (k200). Yang terpinting penampakan engine harus gahar dan besar, serta frame berbentuk diamond. Sisanya tinggal diakali, dengan catatan tukang las-nya harus profesional.

Mau motor sport anda menjadi seperti honda rebel ? Silahkan kunjungi bengkel las yang sudah terbiasa membangun motor tril terdekat. Dan siapkan dana tambahan untuk part-part lainnya, pastinya jauh di bawah 147 juta. Tapi kalau punya duit dan nggak mau repot yang datang saja ke honda big wing, silahkan tebus rebel 500.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

7 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan