Aplikasi VVA pada Yamaha R15 V3, Laksana Power Booster yang Dipasang pada R15 V2

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Yamaha (yimm) membangun head dengan mengadopsi vva, tujuannya adalah agar power di rpm tinggi tidak drop/melemah. Dan dengan membagi dua pekerjaan untuk 2 lobe cam-in, menjadikan cam untuk rpm rendah tidak mempengaruhi cam rpm tinggi. Sehingga ketika cam rpm tinggi dinon-aktifkan, maka keunggulan power besar di rpm tinggi juga hilang.

Hal ini seperti yang ditunjukkan pada pengujian otomotifnet baru-baru ini. Kru otomotif sengaja menon-aktifkan cam rpm tinggi, dan ternyata kurva power yang dihasilkan sangat berbeda dibandingkan ketika diaktifkan. Berikut ini gambarnya…

Perbedaan power untuk cam rpm rendah dan rpm tinggi hampir 2 hp. Dari 16.33 hp di sekitar 10000 rpm, turun menjadi 14.53 di sekitar 9400 rpm. Limiternya juga turun dari 11200 rpm menjadi 11000 rpm (menurut motogokil, sepertinya ECU tahu jika vva off, dan hanya cam-in low yang beroperasi).

Nah sekarang bandingkan dengan hasil pengukuran r15 v2 beberapa tahun yang lalu yang juga dilakukan oleh otomotifnet.

 

Ternyata power yang dihasilkan engine r15 v2 (hijau) hampir sama dengan power r15 v3 versi vva-off. Artinya meskipun vva-off, r15 v3 masih mampu melaju cukup kencang sebagaimana r15 v2. Apalagi limiter pada r15 v3 lebih tinggi, sehingga nafasnya lebih panjang dibandingkan v2. Sehingga bisa disimpulkan bahwa aplikasi vva pada r15 v3, laksana pengaplikasian power booster yang dipasang pada r15 v2 di rpm tinggi.

Lalu bagaimana alisisnya beradasarkan tabel performa r15 ??? Nantikan artikel berikutnya

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat wassalamu’alaikum warochmatullohi wabarokatuh

 

23 Komentar

  1. r15 v3 low cam dan r15 v2 sama dari mana, om? liat di 4750 rpm saja r15 v2 torsinya cuma 10.45 Nm sedangkan r15 v3 udah dapet 12 Nm. kalau dihitung powernya dapet 6.97 hp dan 8 hp. udah beda lebih dari satu hp di rpm rendah.

    • coba fokus ke rpm di atas 7000
      karena memang pekerjaan utama low cam r15 v3 di rpm rendah, tapi rpm tingginya mirip r15 v2
      kalau r15 v3 lebih besar ya wajar bro, kan volume silindernya beda 6 cc

  2. Teknologi vva cocoklah dgn pakem tuning yamaha,klep kecil tp durasi panjang,bandul kruk as lbh berat dr kompetitor (h)..
    Dgn adanya vva bs mengoptimalkn power d putaran bawah smpai atas dgn pakem tuning tetap khas yamaha..
    Klo benar klep in r15 skrg 19,5mm durasi cam rpm atas 268,seharusnya mesin all new cb msh bs jabanin dgn klep in skrg 22mm durasi dnaikin dikit (skrg in 224), bandul nambah berat, rasio kompresi dbikin sama dgn an r15..
    Ehm ehm niat ga?? Jgn gimmick trs doooong haha

  3. Pak guru saya mau tanya.
    Terus r15,5 dengan cc dinakin 5cc lebih apa gunanya, kenapa cuma vva yg berkontribusi, secara kita tau 14,5hp itu sama dgn power cbr150r on dynotest. Otomatis klo yamaha r15,5 diadu power tanpa vva dgn honda cbr150r bakalan sama alias seimbang, jadi 5cc up ini buat apa, secara 5cc up klo pabrikan yg kasih, bisa2 power bengkak 1hp, mohon dijawab pak guru

    • Naik 5 cc bukan cuma sekedar buat upgade performa aja om, kalo menurut saya itu salah satu strategi marketing yamaha supaya bisa menekan cost produksi supaya bisa common part dengan mesin yg sebasis. Misalkan nanti vixion jg 155 cc, mxking, 155cc, mungkin juga nanti ada wr 155 cc. Nah yang sekarang sudah jelas kan nmax sama aerox. Tapi ttp jgn disamakan mesin matic yg selonjoran dengan mesin sport yg tegak meskipun ada common part. Mungkin bawah saya ada yg lebih tau

      • Ya tetap saja, seharusnya ada kenaikan, klo masalah kesamaan part, ya kan baru r15,5 yg pake 155 (motor sport ya) bukan matic, karena om jg yg bilang jgn disamain matic dgn selonjoran. Nah logikanya klo g sama, kenapa malah ngerubah cc, kenapa ga 150 ditambah vva z

  4. “Teknologi vva cocoklah dgn pakem tuning yamaha,klep kecil tp durasi panjang,bandul krukas lbh berat dr kompetitor (h)..Dgn adanya vva bs mengoptimalkn power d putaran bawah smpai atas dgn pakem tuning tetap khas yamaha..Klo benar klep in r15 skrg 19,5mm durasi cam rpm atas 268,seharusnya mesin all new cb msh bs jabanin dgn klep in skrg 22mm durasi dnaikin dikit (skrg in 224), bandul nambah berat, rasio kompresi dbikin sama dgn an r15..Ehm ehm niat ga?? Jgn gimmick trs doooong haha”

    Bro Zain, ane sangat tertarik dg komen anda diatas. sepertinya anda paham pakem2 tuning dari pabrikan jepang. bisa ane minta email gitu buat tanya2 lebih lanjut

  5. Saya seh lebih suka karakter motor seperti kurva yang dihasilkan new R15 buat sehari-hari, gantung rpm tinggi itu memang menyenangkan kalau jalan lengang tapi cukup mengganggu pengendara lain kalau padat.

  6. Dari grafik dengan vva dan tanpa vva juga ada hal menarik mengenai torsi
    1. Torsi tanpa vva ternyata lebih besar dan ada di 7500rpm
    2. Vva di set aktif di 7400 rpm ditandai dengan adanya lendutan pada grafik kurva.
    Dari hal ini bisa kita simpulkan kenapa Yamaha memasang vva aktif di rpm tersebut adalah karena sudah dekat dengan peak torque. Sehingga membuat lebih smooth.

  7. Yg jelas trrlihat..naik 5cc gk ngaruh..yg bilsng ngaruh bgt dr blog ini ma kby…harusnya malu tuh…modif motor 150 jd 175 aja cuma naik1,5hp..ini cuma 5c aja kok heboh bgt…malu ah..

    • udah gan, intinya soal tenaga bwh dan atas, r15 yg paling powerful di kelas 150an cc. tinggal pilih, mau yg grafik dynonya sempurna, atau kuat di atas saja. peduli amat sama haters. mudah2an harganya tidak terpaut jauh dari yg gen sekarang, maks 33an juta lah

  8. camshaft vixion 155 bisa jadi bahan buat modif mesin gen lama tuh. soal lift harusnya sih aman ya, soalnya piston yg lama kan cekung supaya kompresi cuma 10.4:1.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan