Suzuki Tumbuh Pesat di Bulan Februari 2017. Pabrikan Besar Penguasa Pasar Justru Menyusut

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Data distribusi motor anggota AISI untuk bulan februari 2017 sudah dirilis. Dari data tersebut terlihat kinerja dari pabrikan anggota aisi yaitu honda, yamaha, kawasaki, suzuki, tvs dan kanzen. Dan ternyata dari data tersebut, distribusi sepeda motor secara nasional mengalami pelemahan cukup besar, yaitu sekitar 4.2 %. Atau turun dari 473.879 unit di bulan januari menjadi 453.763 unit di bulan februari.

Pabrikan honda dan yamaha serta tvs mengalami penurunan, sementara kawasaki dan suzuki justru mengalami kenaikan jumlah unit yang didistribusikan. Yang mengalamai penurunan paling parah adalah pabrikan honda (ahm), yaitu turun 6.2 %. Dikatakan parah karena penurunnya jauh melebihi penurunan total distribusi aisi. Berarti yang memberikan kontribusi penurunan paling besar pada distribusi aisi bulan februari ini adalah pabrikan honda.

Berikut tabel distribusi pabrikan motor anggota aisi januari-februari 2017

Sementara yang tidak disangka-sangka, pabrikan suzuki mengalami kenaikan yang luar biasa besar. Suzuki mengalami kenaikan distribusi melebihi 50%, atau sekitar 68.2%. Distribusi suzuki yang pada bulan januari 2017 sekitar 3511 unit, pada bulan januari naik menjadi 5904 unit. Dan kenaikan ini dipastikan disumbangkan oleh varian gsx-r150 yang sangat laris, melebihi ekspektasi suzuki sendiri (over quota). Bahkan untuk warna biru harus inden sekitar 2 bulan, wiih laris banget, sudah seperti honda dan yamaha.

Apalagi suzuki juga sudah mulai mendistribusikan amunisi lainnya, yaitu gsx s150. Motor naked sport 150 cc, yang akan menjadi pesaing cb150r dan nva. Melihat spesifikasi yang diusung begitu menggoda, dengan power dan topspeed di atas rival-rivalnya, serta harga yang sangat kompetitif, sepertinya gempuran gsx-s150 akan lebih dahsyat lagi dibandingkan gsx-r150.

Dari data bulan februari 2017 ini, tampak bahwa musuh terberat gsx-s150 adalah all new cb150r, yang masih bercokol di 10 besar motor terlaris. Sedangkan nva sepertinya mengalami penurunan, sehingga posisinya tergeser dari 10 besar. Barangkali fby pencinta vixion (calon konsumen setia) masih menunggu kabar all new vixion dengan kapasitas 155 cc, seperti halnya r15 v.3 yang bocorannya telah memenuhi situs otomotif nasional beberapa waktu lalu.

Selanjutnya mari kita lihat, kiprah suzuki dalam merebut pangsa pasar nasional, khususnya sport 150 cc. Tidak mudah, karena para penguasa pasar (honda dan yamaha) tentunya tidak akan tinggal diam. Selain itu dengan adanya kelesuan ekonomi saat ini, sedikit banyak akan mempengaruhi daya beli calon konsumen. Dan dengan lahirnya gsx-r/s150 ini, semoga dapat dijadikan momentum oleh suzuki untuk kembali bergairah mewarnai per-motoran tanah air.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

16 Komentar

  1. kasian banget TVS..laku 129 unit..
    luas pulau jawa 128.297 km2,
    dengan kata lain sales TVS baru bisa jual 1 unit motor setelah keliling 1000 km nyebar brosur..

  2. Saya suka banget suzuki bangkit. Saya berharap juga yamaha bangkit. Persaingan makin ketat itu konsumen yg diuntungkan. Pabrikan dipaksa untuk melakukan inovasi. Konsumen makin bingung karena semua produk makin bagus

    • kalo ada ngeluarin sport fairing, stroke 54mm, single silinder, Real DOHC, 150-250CC. ane langsung inden sekarang…. xixixixi

      spek segitu mana boleh sembarangan keluar bro, mungkin suatu saat nanti. kalo keluar sekarang bisa2 ngak lolos uji emisi… biasalah banyak mafia disini.

  3. Kelesuan ekonomi?

    Pertumbuhan ekonomi 2016 adalah 5.18%
    Pertumbuhan ekonomi 2017 adalah 5.1%

    Parah nih pemerintahan skrg?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan