Perbedaan Karakter Power dan Torsi antara GSX R150 dan Satria Fu FI, Tidak Banyak.


satria-fi-vs-gsxr150

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Lahirnya suzuki gsx r150 menyemarakkan pasar motor sport full fairing 150 cc ternyata cukup menarik perhatian. Karenanya gsx r150 sering dikomparasikan dengan rival-rivalnya yang telah eksis lebih dahulu yaitu cbr150 dan r15 [1]. Bahkan karena didukung engine dengan basis yang sama dengan satria fu fi (k12), layak juga untuk dibandingkan untuk diketahui perbedaannya.

Dan motogokil berusaha melengkapi komparasi antara satria fu fi dan gsx r150 [2], yang pernah ditulis sebelumnya, dengan tampilan hasil pengukuran dyno. Hasil ini merupakan gabungan dari hasil pengukuran yang dilakukan oleh kru otomotif di atas mesin dyno sportisi. Jadi karena mesin dyno nya sama, maka kedua hasil ini masih memadai untuk dibandingkan.

Berikut gabungan hasil dyno antara satria fu fi dan gsx r150…

dyno-satria-fufi-vs-gsx-r1150[sumber 3,4]

Terlihat perbedaan yang tidak signifikan pada grafik di atas, antara performa satria fu fi dengan gsx r150. Bentuk profilnya hampir sama, akan tetapi capaian maksimumnya berbeda. Begitu pula dengan power band-nya. Jika di tabelkan, komparasi hasil pengukuran mesin dyno dan spesifikasi resmi, power dan torsi kedua motor tersebut, sebagai berikut

dyno-table-satria-fufi-vs-gsx-r1150

Ada yang menarik dalam hasil pengukuran dyno ini, yaitu selisih performa antara gsx r150 dan satria fu fi menjadi lebih besar. Kalau sebelumnya dalam spesifikasi resmi, power gsx r150 lebih besar dari satria fu fi sekitar 0.7 hp, maka hasil pengukuran dyno selisihnya menjadi 1.39 hp. Begitu pula dengan torsinya, yang tadinya torsi gsx r150 lebih besar sekitar 0.2 N.m, di atas mesin dyno selisihnya menjadi 1.6 N.m.

Perbedaan lainnya adalah power gsx r150 pada rpm tinggi tidak mengalami penurunan yang berarti saat mendekati limiter. Dan dari grafik tersebut juga dapat diketahui bahwa power band gsx r150 lebih lebar dibandingkan satria fu fi. Kombinasi power yang lebih besar dan bodi yang lebih aerodinamis gsx r150 dibandingkan satria fu fi, menjadikan top speed nya bisa lebih tinggi. Tetapi karena pwr satria fu fi masih lebih besar dibandingkan gsx r150, maka dalam urusan akselerasi setelah lampu merah, satria fu fi masih di atas gsx r150.

Jadi jika suka berkendara laju dikecepatan tinggi di jalan panjang membelah angin, maka gsx r150 lebih ok. Sedangkan jika ingin selap-selip di jalan padat merayap, satria fu fi lebih lincah dan menyenangkan. Mau lincah dan kencang, ya beli dua-duanya.

Sementara sampai di sini dulu bro-sis pemirsa motogokil yang tercinta. Jika ada kurang dan salahnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

29 responses to “Perbedaan Karakter Power dan Torsi antara GSX R150 dan Satria Fu FI, Tidak Banyak.

  1. aku pengen nyoba… 😳

  2. powerband luas, kudu pinter gantung rpm, tp lewat pantura maknyus ini… *ngeri

  3. Nih montor spesialis jalur pantura kelak…

  4. Ada indikasi kata kata terakhiir pak gokil , beli dua duanya.. wkwkwkwkw

  5. jadinya warna apa om, kalo ane sih pilih biru atau hitam metalic, kl hitam dofnya kurang begitu menarik om

  6. Menurut saya saja atau memang generasi mesin ini rugi geseknya banyak sekali ya ? Torsi dan powernya on crank jaauhhh diatas tetangga tapi ketika dibandingkan on the wheelnya (walau) masih lebih tinggi, tapi gapnya ngedrop banget dari gap on the crank. Jadi seakan bobotnya saja yg menyelamatkan data performanya sehingga terlihat masih jauhhh dari tetangga

  7. richardGN@ sepertinya setiap pabrikan memiliki cara sendiri2 dalam mengukur power on crank bro.. selama masih sma2 150 cc loss power normalnya ada dikisaran 2 HP an, seperti cbr fi cbu ada di 15,02 HP on whellnya sementara on crank 17 HP an, r15 current yg on crank 16,5 HP on whellnya 14,3 an HP.. jadi bisa dibilang sih loss powernya kalok masih 150 cc masih mirip2.. kalok lebih dikit atau lbh banyak kemungkinan pengukuran on cranknya yg punya cara yg beda.. sama kyk AHM yg beberapa bulan lalu telah mengakui kalok salah cara mengukur power on crank.. dan memang terbukti, di beberapa produk AHM loss powernya kecil2.. apakah mungkin dengan konstruksi mesin yg sma malah ada yg bobotnya lbh berat namus loss powernya lbh kecil ?? malah harusnya kan minimal sama loss powernya.. kalok ane bilang sih power realnya GSX ini masih 11 12 sm cbr 150 k45a.. soalnya k45a sendiri di sportisi nmbus 15.71 HP, bahkan “kemungkinan efek sudah di inreyen” saat di tes otomotifnet di sportisi juga untuk tes kenaikan power setelah ganti knlpot dibanding std, power k45a smpet nmbus 16 HP on whell.. dan memang bener kata sampean bro, motor suzuki unggul di bobot yg enteng sebagai senjata utamanya..

    • Klo diversi konsumen Fu Fi itu tembus 16-17dk. Ratmotorsport nyoba std versi konsumen di 17dk, pnp n gnt knalpot dah tembus 20dk.

      Beberapa test konsumen jg main di 16-17dk. Versi konsumen bukan tabloid atau sejenisnya.

  8. dah tau roy, tp lihat jenis mesin dynonya juga.. jgn asal bandingin.. jenis mesin dyno yg digunain RAT motorsport itu jenis sportdevice.. mirip2 yg digunain mototech jogja.. kalibrasinya udh jelas beda dibanding dynojet250i yg dipakai sportisi.. ngapain ambil data dyno lain kalok yg sama2 pake dynojet250i di sportisi ada.. dan terima aja hasilnya.. memang begitu adanya.. kalok memang masih blm terima main2 ke sportisi sana biar dijelasin sm pemilik sportisi.. org udh ada data sama2 dari sportsi gak perlu lah ambil data dari RAT, udh beda mesin dynonya.. bahkan jenisnya juga beda

    • @Vixioner007
      Lucu hasil test nya. Power beda 0.3dk n torsi beda 3nm tp top speed n akselerasi malah galakan FU Fi. Sonic cm menang 25m pertama, sisanya Fu yg mnguasai. Apalg torsi Fu cm 10nm, sharusnya lebih bolod lg tuh. Sebaran power n torsi sonic rata bgt tp kalah telak baik akselerasi n top speed.

      Klo cm 1 sumber doank mah bukan patokan. Sumber konsumen lain gak diperhitungkan. Ini data invalid.

      • roy@ aneh gak aneh emg hasilnya gitu.. jgn cm pertimbangan dari hasil dynonya doang, pertimbangkan bobotnya juga saat di jalan.. PWR Fu Fi lbh gede dibanding sonic 150.. itu ngaruh banget.. hitung aja powernya Fu Fi on whell tersebut dibagi sm bobotnya, begitu juga sonic.. apalagi top speed, rasio dan limiternya dah ngaruh banget.. Fu Fi cukup pake sampe gear 5 aja udh cukup buat ngabisin sonic, karna di gear 5 tsb speed bisa terkatrol smpe 150kpj.. dan kemenangan mutlak Fu Fi dijalan menurut ane itu wajar2 aja, PWRnya memang gede, blm lagi didukung limiter mesin yg tinggi dan rasio yg bener2 pas buat speed karna rasio berat.. sehingga kekurangan di torsi sudah kebantu sm bobot entengnya PWRnya, dan pWR yg gede itu juga membuat speed Fu lbh cepat naik dibanding sonic.. jadi wajar2 aja sih.. power real menang blm menjamin dijalan menang, ada faktor pendukung lain yg lbh penting untuk itu.. yaitu bobot motor itu sendiri..

      • @vixioner

        di 200m? gw sih ragu klo diliat dr powerband nya Sonic vs FU Fi. Klo lu ngomong diatas 200m gw percaya FU Fi bakal lebih kenceng. Klo 100-200m? dengan powerband n power yang rata begitu? Sonic harusnya lebih cepat, karena torsi nya gede dengan selisih 3NM. diatas itu sih gw gak bakal ngetik begini x

  9. Tp grafik dyno nya lebih tinggian satria ya om. Si gsx dimundurin mengejar mid yg lebih bgus CMIIW

  10. Secara spec GSX-R150 stroke 48,8mm diatas K45a stroke 47,2mm.

    Oot y bro….
    K45a durasi in close 35° abdc atau langkah kompresi 180°-35°=145°, padahal kompresi 10,7:1 itu yg bikin powernya tinggi & Akselerasinya cepat.
    Sedangkan K45G durasi in close baru 47°abdc, langkah kompresi 180°-47°=133° itu aja powernya sudah 11-12 sama k45a, mana kompresi 11,3:1.

    Menurut saya Ahm sengaja menyetting K45G inferior supaya tidak mencederai owner k45a, ada yg membuat wacana upgrade K45G itu strategi marketing saja untuk mendongkrak penjualan kedepannya.

    Di kelas DOHC mau power berapa? bisa diaturlah bro, cuma geser² gear camshaft beres. Masih sama² standar.
    potensi GSX-R150 belum dikeluarkan.
    apalagi kompresi 11,3:1, tb lbh besar 32mm nafas lbh panjang bro.
    Sayang GSX-R150 ngak pernah open durasi camshaftnya buat perbandingan kita.

    Secara spec GSX-R150, K45G, new R15 VVA sepadan.

  11. blm pernh coba k12 dan k45a..kl k15a sudah..

  12. roy@
    fu unggul di power bandnya yg luas.. powerband luas gak harus trek jauh fungsinya.. 100-200m power band luas itu tetep aja kepake.. pasti rpm kepelintir sampe 12k atau lbh di fu udh pasti.. memang torsi kalah.. tp powerband, bobot, PWR fu megang semua.. disaat sonic up shift rpm down, disaat itu fu
    masih ada di rentang power bandnya dimana power masih lumayan gede, sedangkan sonic karna up shift rpm down, power yg keluar gak akan segede sebelumnya.. otomatis disisi ini Fu unggul.. blm lagi Fu up shift, walau rpm down tp powerbandnya luas, turun pun masih di rentang powerbandnya yg powernya cukup gede.. bisa dibilang saat sama2 up shift dan rpm down.. yg paling diuntungkan si Fu, dia turun masih di rentang powerbandnya yg luas dengan power yg tetep ngisi (karena masih dlm area power bandnya) sedangkan sonic saat rpm down, karna powerband gak seluas Fu, power yg didapet pun gak akan sebesar Fu setelah up shift.. blm lagi limitnya.. fu punya nafas lbh panjang, saat sonic keabisan nafas minta upshift yg membuat rpm down, Fu masih asik2nya bermain di hi rpm di area powerbandnya..
    pada intinya, keunggulan mutlak Fu ada di powerband yg luas, setiap upshift rpm down gak akan kehilangan banyak power dibanding sonic yg punya powerband lbh sempit.. lalu sisi bobot, walau torsi kalah, tp bobotnya jauh lbh enteng, blm lagi PWRnya jugak lbh gede.. dan pada kontesk trek segitu, dengan keunggulan2nya Fu lbh jarang up shift karna limiternya lbh tinggin sehingga momen rpm down dan kehilangan power karna up shift akan lbh jarang/lbh sedikit frekuensinya dibanding sonic yg akan lbh cepat up shift dan memiliki frekuensi rpm down dan power down efek up shift yg lbh banyak

    • @vixioner007
      karena powerbandnya luas makanya FU Fi cocok main di hi rpm n long straight. 200m itu cenderung mengandalkan torsi, karena trek pendek. Sonic masih bisa main di 9000rpm,sedangkan FU harus main diatas 10rb rpm, main power di trek sependek ini jelas Sonic di untungkan tapi realitanya? menurut gw justru power dan torsi on wheel sonic itu masih dibawah FU (Torsi mungkin diatas sedikit tp gak sampai 3NM), Sonic cuma menang 25m pertama.

      Power beda 0.3dk… pfftt… si FU ngeden berat klo emang real nya cuma 14dk n 10NM. ngejar 100m aja belum tentu dapet tp realitanya 25m aja udah kekejar.

      hasil test nya aneh…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan