Motor-Motor Honda yang Menang dan Kalah di Bulan Januari 2017

aisi n member chart 2

Assalamu’alaikum wa rochamtullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Data aisi januari 2017 ternyata banyak memberikan informasi mengenai peta permotoran nasional. Meskipun honda mampu menguasai lebih dari 70% pangsa pasar sepeda motor nasional, akan tetapi tidak semua model motor honda sukses merajai kelasnya. Ada yang naik menjadi jawara dan dan ada juga yang terpuruk, begitu pula dengan kompetitor ada yang dikalahkan ada pula mengungguli honda.

Mari kita lihat beberapa komparasi angka distribusi dalam kelas yang sama. Kelas tersebut adalah sport 250cc, sport 150cc, bebek 150cc, matic dan lain-lain. 

motorbike-aisi-januari17-honda-win

Sedangkan pada bagian bebek sport honda dikalahkan yamaha

motorbike-aisi-januari17-honda-lose

Honda memenangkan hampir di semua model, kecuali bebek sport 150cc. Dan yang terlihat kritis adalah kelas sport 150 naked, karena selisihnya sedikit. Di model lain penguasaan market share sport full fairing 150 cc dan ayam jago yang masih lumayan besar, padahal basis engine-nya sama. Maka, sepertinya honda masih tenang-tenang saja (masih lama) untuk meng-upgrade engine k56 (basis engine dari sonic, gtr, cb dan cbr 150).

Tahun 2017 ini, menjadi tahun yang cukup berat bagi rival untuk melawan honda. Kecuali mereka mengeluarkan jagoan pilih tanding yang memiliki value yang sangat kuat, sehingga mampu mengalihkan perhatian calon konsumen. Kita tunggu saja kemunculan new ninja 250 fi, all new r15/vixion dan gsx r250, jalanan akan semakin ramai dengan motor baru nih tahun ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

16 Komentar

  1. Konsumen lebih diuntungkan dengan banyaknya atpm yang bersaing dengan mengeluarkan mesin mesin terbaru ,dan konsumen cerdas pasti memilih motor yang paling value,bukan cuma murah tapi technologi dan 3s nya juga mumpuni,,jangan kaya produk nehi nehi ,,produk bagus tapi mutung tidak istiqomah bentar bentar pergi ninggalin konsumen ,,ini yang buat konsumen kecewa,, pergi aja seterusnya sannaaa

  2. Hehehe, g semua motor performa tinggi laris to om gokil. Kalo liat artikele sampean motor harus kencang dan superior. Padahal kan yg bikin motor laris itu g cuma harus permorma tinggi.

  3. Yang susah itu marketnya ninja 250 yg harus bekerja keras. selain kalah gimmick segala sisi juga kalah jaringan 3s. apalagi atas nama besar honda klo udah dipegang susah buat mengembalikan keadaan. seperti kasus market matik mio series ?
    dan sekarang udah terbukti pak dosen kalo ninja 250 sudah terlihat menurun ? harus major facelift kah ?

    • sepertinya, motor sport full fairing 250 cc, selain mengandalkan power juga mengandalkan gengsi
      yang powernya kecil kalau bergensi masih bisa bertahan
      akan tetapi jika ada yg powernya besar dan gengsinya juga tinggi, maka siap-siap yang lain harus segera up-grade

      • nah itu. kwkwk bahkan klo honda mengeluarkan spek standart pun asal dua silinder tampang ga maluin. bisa aja mendominasi
        sekali lagi faktor image honda ..
        lah pasar juga susah ditebak kwkwk seperti kasus r25 kayak page terbaru pak dosen ..

        fix lama” pasar 250cc ramai seperti 150cc, mulai ada perebutan sengit. mulai ada banyak pilihan seperti cruiser naked hingga adventure macam crf dan versys

  4. Pak dosen request artikel dong untuk satria fu fi supaya power nya sama dengan gsx apa aja ubahanya.. Lalu untuk mekanisme swing arm jadi pakai link seperti gsx bisa gak kira kira? Terimakasih

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan