Komparasi Data AISI Vixion dan CB150 Tahun 2016 dan 2017

NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Data AISI bulan januari tahun 2017 ini menunjukkan dominasi motor honda dalam penguasaan market sepeda motor di Indoensia. Honda meraih pangsa pasar sekitar 77.81% atau 368.739 unit dari total distribusi bulan januari 2017 yaitu 473.879. Sisanya dibagi empat untuk yamaha, kawasaki, suzuki dan tvs.

Dan untuk pangsa motor sport, tidak seperti bulan januari rahun 2016 yang lalu. Pada januari 2016 komposisi cb150r : new vixion adalah 5037:13340 (new vixion menang telak dari cb150r). Sedangkan januari tahun ini justru sebaliknya cb150r yang menang dari new vixion, meskipun lumayan banyak, yaitu 9.906 : 9.259.

Jika dilihat dari jumlah total (cb150r + new vixion), terlihat kenaikan yang lumayan, yaitu dari 18377 (januari 2016) menjadi 19165, naik 788 unit. Dari data ini, bisa menggambarkan bahwa pasar sport 150cc “tumbuh”. Makanya yamaha berusaha keras meningkatkan value dari engine vixion (yang rencananya di pasang di all new r15). Begitu pula dengan suzuki yang langsung menggebrak pasar dengan gsx-s/r 150 nya. Ternyata pasar sport 150cc cukup gurih, ya..

Dan jika dibandingkan dengan distribusi bulan desember 2016, raihan yamaha terlihat jeblok. Distribusi bulan desember 2016 mencapai 15235 unit, sedangkan pada bulan januari 2017 ini turun menjadi 9259. Turunnya cukup banyak hampir mencapai 6000 unit.

Sebaliknya cb150r malah mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan desembel tahun lalu. Distribusi bulan desember 2016 mencapai 5695, dan bulan januari tahun 2017 ini naik menjadi 9906. Naik lumayan banyak, yaitu sekitar 4200-an unit [lihat artikel ini]

Jika dianggap isu lahirnya gsx-r/s150 dan all new r15 memberikan pengaruh, maka bisa ditarik minimal 2 kesimpulan sementara :

  1. Gsx-s150 dengan power yang  lebih tinggi, masih belum mampu menggoyahkan peminat cb150r. Sedangkan all new r15 masih belum bisa “meracuni” pikiran calon kunsumen (kemungkinan besar fbh) cb150r untuk tidak jadi meminang cb150r dan menunggu an r15. Bisa jadi karena barangnya belum ada, juga karena beda kelas-beda harga.
  2. Performa gsx-r/s kemungkinan mempengaruhi mina fby yang speed lover untuk “melirik” nya, meninggalkan nva. Bisa juga fby tingkat militan malah menunggu kelahiran all new r15 yang kemungkinan besar akan diikuti all new vixion, dengan basis engine dan rangka yang sama. Entahlah mana yang lebih banyak, yang membelot pilih produk lain atau yang menunggu up-grade total dari klan vixon ini.

Jika memang demikian, maka all new r15 dan juga all new vixion (155 vva) harus segera lahir. Karena mementum untuk tetap eksis pada market share optimum harus terus dijaga. Jangan sampai kelahiran motor ini terlambat, ketika  nva sudah jauh terpuruk, akan susah bangkitnya.

Sedangkan untuk fbh, bukan senang tetapi harusnya malah sedikit kecewa. Karena dengan membaiknya pasaran cb150r dibandingkan rival terkuatnya vixion, bisa-bisa honda men-stop sementara inovasi pada motor ini. Jika memang demikian, maka all new cb150r yang sekarang ini, akan tetap begitu-begitu saja di masa datang. Upgrade kecil-kecilan mesti ada, tapi tidak signifikan, malah barangkali hanya sekedar update striping.

Sementara inu dulu opini dan terawangan motogokil terhadap persaingan cb150r dan vixion. Jika ada kurang dan salahnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

14 Komentar

  1. Sama2 terjual 9000an, selisih nggak banyak. Justru saya menilai CB150R belum sepenuhnya berhasil menumbangkan Vixion yg secara umur sudah lumayan jadul.
    Kemudian bicara jumlah dealer Honda yg jauh lebih banyak drpd dealer Yamaha, maka logikanya rasio penjualan per dealer Vixion lebih banyak.
    Tapi apapun itu, update besar2an pada Vixion memang sudah waktunya. Sudah cukup lama beredar dengan spek sekarang ini.

  2. Kalo dilihat penjualan desember, yg kelihatan yimm gerojok dealer buat mempertahankan ms vixion. Dan dijanuari masih terjual 9000, ngimbangi cb. Nurutku vixion itu masih hebatz penggemarnya masih ada.
    Tak kirain bulan januari vixion terjun bebas.

    Justru ini warning buat cb karena sebentar lagi akan keluar all new vixion. Bisa kalah lagi nanti.

  3. Serba salah jg si cibi ini pak dosen, satu sisi produjk laku, satu sisi jd “stop” inovasi (bener palingn cm apdet striping atau prmainan warna saja). Andai saja minat turun, atau bahkan kalah telak dr nva atau gsxs, cb mau g mau diapdet jg mengikuti keinginan baru pasar. Soal upgrade bodi okelah ya, tp kalo soal mesin?Nah jd blunder kalo cb apdet dluan tp cbr belom ngapa2in, so fase akan “menunggu” upgrade cbr akan jd opsi ahm mnjadi lbh masuk akal (apalgi skrg secara data spek engine paling inferior dibanding rival S dan Y). Padahal soal itu keduanya msh cukup premature utk melakukan perombakn mesin (dibully lg sdh pasti, dipuji2 belum tentu). Tp ini hanyalah pengandaian saja secara subyektif dr saya. Mudah2an lgkah tepat dilakukan ahm utk menangani “masalah” diatas. Kalau menurut pak Dosen bgmana?

    • emang ahm ngaruh walau dibully orang se dunia maya. Selama produknya laku, ahm akan siap untuk update. Malah dewasa ini, produk ahm makin dibully, makin laku. Jgn bangga bisa ngebully di dunia maya, krn bagi pabrikan bully-an segelintir haters ga akan ngaruh buat penjualan mereka.

    • sebenernya kalau urursan tampang, all new cb150r sudah ok.
      maka untuk bersaing dengan rival-rival nya selisih terbesarnya adalah di performa
      oleh karena itu kalau ada upgrade, ya di performanya. kalau tidak maka paling sip ahm menyediakan upgrade performa resmi tanpa harus mingkatkan cc-nya, paketnya adalah :
      1. TB 32 mm atau lebih
      2. Header knalpot
      3. Box filter beserta fiter udaranya
      4. ECU
      Ane rasa sudah cukup untuk menyeimbangkan performnya dengan rival2nya

    • Honda pakai mesin dohc nearsquare aja sudah membuat rival naikin cc,apalagi dibuat dohc overbore.bagaimanapun juga honda lebih unggul.

    • @toejah: iya bener itu, malah jd masukan buat ahm utk lbh improve lg, sudah terbukti sejak klan k45g, sampai yg skrg k64. Mantappp

      @motogokil: iya itu, langkah yg tepat lebih ke upgrade performa saja ya brarti. Tp ntr dgn upgrade sektor itu saja akan ada pengaruh di harga jual tentunya (header, tb dan desain ulang filter terutama, kalau ecu hanya remapping sj sdh cukup sepertinya ya pak). Btw makasih feedback nya pak 😀

      @Emang: itulah hebatnya ahm dgn kelebihan jaringan yg luas dan MS yg gede. Kalo yg lain diam saja sama halnya kasih jalan ke ahm pak.

  4. januari
    2016—> cb150 vs vixion = 5037 : 13340
    januari
    2017—> cb150 vs vixion = 9906 : 9259

    fby mikir yg cerdas ya jg cm jas jes jos!!!

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan