Harga All New R15 Akan Tetap Kompetitif Dibandingkan All New CBR150R

r15-2017-red

Assalamu’alaiikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dari kemarin membicarakan style, performa dan fitur-fitur r15. Nah sekarang ayo kita diskusikan masalah harga all new r15 (r15 v.3). Apakah dengan banyaknya tambahan fitur serta naik performa secara drastis akan juga menaikan harga r15 secara signifikan ?

Tentunya kita masih ingat bahwa saat yamaha men-launching new vixion lightning (NVL) menggantikan old vixion. Dengan berbagai kelebihannya, mulai dari seluruh bodi (selain deltabox), roda, speedometer, kunci kontak, selisihnya sekitar 1.5 jutaan. Dan hal yang sama bisa jadi akan dilakukan saat upgrade dari r15 v.2 ke r15 v.3.

Saat ini r15 harganya sekitar 31.05 juta sedangkan all new cbr 32.55 juta, ada span untuk upgrade part. Dengan selisih 1.5 juta dapat digunakan untuk upgrade beberapa part berikut :

  1. Ukuran roda belakang (naik dari 130 ke 140)
  2. Silinder, piston+ring piston (boreup)
  3. Head VVA (baru, mengadopsi milik nmax)
  4. Performance (power dan torsi naik)
  5. Radiator (lihat perbedaannya dengan NVL/R15 di sini)
  6. Disk brake bagian depan tambah lebar
  7. Suspensi depan USD (baru)
  8. Speedoemeter full digital (baru)
  9. Assist and slipper clutch (baru)
  10. Lampu full led (baru)
  11. Fairing tambah keren
  12. Ada upgrade kelistrikan lampu hazard

Wuiih banyak banget upgradenya, apa yakin harganya bisa mepet all cbr150r, yang hanya selisih 1.5 juta ?

Ada kemungkinan, untuk mengkompensasi harga part-part upgrade di atas, maka  harga part lain di tekan. Ingat lho bro, harganya yang ditekan/diturunkan, bukan kualitasnya yang diturunkan. Bebrapa part yang tampak nyata, yang harganya bisa lebih murah dibandingkan kompetitor adalah :

Sistem pengereman

komparasi-rem-depan

Apa bedanya ? Bedanya cuma sedikit, kalau di cb150r/cbr150r ada embos nissin, di master rem satria fu (mungkin juga gsx r150-belum lihat langsung) ada tulisan bybre (by brembo). Sedangkan pada kaliper r15 polosan, nggak ada mereknya. Inget lagi bro,  cuma masalah “tulisan” merek di part-part tersebut, bukan masalah fungsi dan kualitasnya. Karena sesuai pengalaman motogokil punya nvl dan nmax, pengereman motor-motor yamaha lebih mantab dibandingkan motor honda.

Velg

komparasi-velg

Tidak perlu dijelaskan, gambar di atas bisa langsung bercerita. Inget lagi bro, ini cuma masalah embos merek, bukan masalah fungsi dan kualitas. Karena kenyataannya banyak handphoe/smart phone/motor buatan china, tapi mereknya eropa atau jepang atau korea, ternyata kualitasnya juga bagus. Hal seperti ini biasa dalam sebuah pabrik pembuatan/perakitan motor/mobil. Seperti yang diceritakan seorang teman di nissan, bagian penyerapan local content (komponen lokal), tujuannya jelas supaya lebih murah.

Sementara itu dulu pemirsa motogokil, mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

30 Komentar

  1. Sip, betul banget… Memang untuk rem, jauh lebih enak daripada punya honda yg akan terasa keras ketika pemakaian diatas 3 tahun, ditambah dengan tangki bensin yang gampang banget bocornya 😀

  2. intinya dengan part tanpa merk akan menjadikan sparepart itu berharga murah walopun belum tentu mengurangi kualitas sparepart itu……… tp knp ngondah sm sijuki msh menempelkan merk??? klo memang dg tanpa merk bisa lbh murah n tak mengurangi kualitasnya????????? bingung!!!!??????????

  3. kok ga pd bilang ya….. itu velg jg nyontek punya ngondah… sijuki….biasanya fby klo ada part yg mirip lsg dibilang. nyontek… copas lah….follower lah…..fotokopian lah…. heran guwe……!!!??????????

    • Gak bro gak nyontek yamaha pioneer dalam hal ini bahkan honda megapro fi sama cbr250rr tu yg nyontek model passbeam new r15 yg menyatu. gak percaya tanya fby. ekekekkekekekekek.

  4. nambahin dikit om. biasanya untuk menekan harga pabrikan melakukan improve di proses produksinya contoh mengurangi alir proses yg ternyata tidak perlu atau bisa juga meningkatkan life cycle tool mesin2 nya kalo di dunia industri sering disebut costdown

  5. Pak motogokil kayanya anda kurang wawasan deh .. Rem yamaha r15 new tu buatan pt akebono brake astra indonesia kebetulan sodara syaa krja di dstu.. Dr kualitas masih bagus rem pt akebono .. Kalau nissin buatan pt chemco harapan nusantara.. Soal kualitas bagusan pt akebono.. Dan buat kalangan buruh pabrik kawasan industri kaya saya..saya tau kesejahteran perusahaan trsebut.. Akebono lbih besar gajinya tiga kali lipat ketimbang pt chemco…. Dan perlu di ingat.. Semua rta2 rem mobil toyota,hnda, suzuki ,truk hino pke akebono…

  6. profitnya juga di tipisin ini ,, masi ingatkan vixion pertama keluar harganya gmane di bandingkan tigor dan megapro ?
    ini r15 harga pasti mepet Cbr tipe tertinggi ,, yah perkiraan 33.5 – 34 juta otr jakarta sambil nunggu cbr ganti kaki kaki , nanti cbr setelah ganti kaki kaki harga naik 1-2 juta trus r15 juga naik harga tapi posisi tetap di bawah cbr tipe tertinggi …

    kebiasaan yamaha itu harganya di bawah honda, tapi total angsuran lebih mahal dari honda makanya katanya sih susah beli motor yamaha cas di daerah jawa !! (daerah sulawesi cas credit aman)

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Yamaha All New R15, Keseimbangan Antara Harga-Performa-Fitur | motorgoodness
  2. Satu Lagi yang Menarik dari Suzuki GSX-R150…Spare Part-nya Murah Tapi Sangat Kuat | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan