Tampil Nyaris Sempurna, Yamaha Berhasil Menutupi Kelemahan All New R15

all-new-r15-black

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di peralanan sampai ke tujuan

Lahirnya all new r15 versi tahun 2017 memberikan nuansa baru persaingan motor sport full fairing kelas 150 cc di Indonesia. Bagaimana tidak, pada all new r15 menawarkan banyak fitur baru, baik yang terkait dengan style maupun performa. Tentunya hal ini sangat terkait dengan peningkatan daya saing terhadap lawan-lawannya, yang sementara ini terus menyerang juga dengan fitur yang mengesankan.

Beberapa fitur yang cukup menjadi perbincangan sampai saat ini adalah :

  1. Fitur yang terkait dengan performa, fitur ini termasuk yang paling baru dalam jajaran motor 150cc lokal. Di mana penyematan fitur ini erat hubungannya dengan peningkatan performa dari engine r15. Fitur-fitur tersebut adalah :
    • Peningkatan kapasitas silinder menjadi 155 cc
    • Aplikasi VVA
    • Aplikasi assist & slipper clutch
  2. Fitur yang terkait dengan style, fitur ini juga hanya ada di all new r15, tidak tersedia pada riva;-rivalnya. Penyematan fitur-fitur ini berhasil memberikan peningkatan penampakan all new r15 menjadi lebih sporty dan racy. Fitur-fitur ini adalah :
    • Penggunaan model velg baru
    • Cover body baru mirip r6
    • Bentuk headlamp baru
    • Tetap mengaplikasi banana swing arm
    • Aplikasi usd pada suspensi depan.

Dengan adanya perubahan yang hampir menyeluruh ini, wajar jika r15 menyadang predikat “all new” bukan sekedar facelift. Dengan fitur-fitur tersebut, bisa dikatakan r15 berada di level yang lebih tinggi dalam hal teknologi engine dan suspensi dibandingkan all nw cbr150r dan gsx r150. Dan yang paling penting yamaha berhasil menutupi kekurangannya di sektor yang paling kruisial untuk sebuah motor sport, yaitu sektor engine.

Perhatika penampakan bagian engine dari pendahulu r15 sebelum hadir di Indonesia, yaitu nvl.

NVL merah putih

Kekurangan di sektor engine dari nvl (dibandingkan rivalnya) adalah :

  1. Bentuk engine nya imut (kecil), tidak sebanding dengan bentuk bodi-nya
  2. Powernya paling rendah dengan limiter yang paling rendah pula. Kadang dua variabel performa ini menjadi acuan dalam menilai performa motor secara keseluruhan.

Nah pada all new r15 ini, meskipun bagian silinder dan head-nya sudah diganti dengan milik nmax, penampakannya masih tetap imut tapi kompak. Hampir tidak berbeda dimensinya dengan siliner dan head nvl/nva/r15 versi sebelimnya. Lihat penampakannya

cylinder-n-head-vva-155-cc

Akan tetapi keberadaan fairing yang secara penuh menutupi body dan engine, menghapuskan kelemahan penampilan ini. Apalagi ditambah penampakan delta box, banana swing arm dan usd, akan lebih mengalihkan perhatian dan pandangan orang yang melihatnya. Dan penampakan engine all new r15 menjadi tidak terlalu penting (kecuali ditelanjangi/dijadikan naked).

Sedangkan disisi performa engine, kelemahan dari generasi sebelumnya juga tertutupi dengan baik. Sebelumnya power r15 hanya sekitar 16.59 ps, dan dengan diaplikasikan diameter/bore yang lebih lebar menjadikan all new r15 memiliki kapasitas engine terbesar di kelasnya. Otomatis (seharusnya) performanya naik, baik power maupun torsinya (belum ada info resmi berapa power/torsi all new r15).

Selain itu aplikasi vva menjadikan all new r15 memiliki 2 karakter kurva power/torsi yang berbeda. Lobe yang bekerja pada rpm rendah menjadikan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Sedangkan lobe yang bekerja pada putaran tinggi, menghasilkan performa yang lebih powerfull saat meraih topspeed optimal.

vva-nmax-2

Tapi ada sesuatu yang mengganjal bagi motogokil, jika memang spesifikasi engine-nya mirip nmax, maka bisa jadi limiternya nggak jauh dari 10000 rpm. Nah untuk menutupi ini agak susah, harus banyak ubahan, mulai dari menurunkan panjang stroke, memperbesar diameter klep, memperbesar diameter silinder dan piston serta part terkait lainnya. Dan bagi calon pembelin all new r15, nggak usah khawatir, nggak banyak kok orang yang faham masalah ini. Sehingga tidak perlu merisaukan masalah power, limiter, kurva torsi dan lainnya.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

9 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan