Apa Saja yang Harus Diubah Agar All New R15 155CC Powernya Mencapai 19.3 PS ?

 

all new r15 performance

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bocoran yang cukup menggembirakan bagi pencinta yamaha (fby), bahwa power maksimum all new r15 v3 mencapai 14.2 kw, atau sekitar 19.3 ps. Jika bocoran ini benar, maka all new r15 ini benar-benar mantab, alias mak nyos tenan. Bagaimana tidak, selain style paling ganteng dan gagah, performanya juga di atas semua kompetitornya, termasuk si garang gsx r150. Benar-benar komplit, tampilan dapat, performan juga dapat.

Nah terkait dengan besarnya performa r15 terbaru ini, kira-kira apa yang dilakukan yamaha ? Apakah dengan menancapkan silinder+head vva kemudian performa langsung melonjak menjadi 19.3 ps ? Atau ada beberapa rombakan lainnya, sehingga powernya begitu menggoda. Mari kita diskusikan bersama…

Menurut perhitungan motogokil, jika hanya merubah kapasitas dari 149.85 cc menjadi 155.15 cc, tanpa merubah variabel lainnya powernya hanya naik menjadi 17.18 ps, sedikit lebih tinggi dibandingkan all nw cbr150r. Tapi capaian tersebut masih jauh dari bocoran 19.3 ps, lalu apa lagi yang harus dirubah ?

Lihat tabel performa berikut, menurut perkiraan motogokil yamaha medisain variabel-variabel engine r15 mendekati konfigurasi ini

performa-r15-vva-155-cc

Untuk mencapai power sebesar 19.31 ps ubahan yang bisa dilakukan adalah :

  1. Power maksimum diletakan pada putaran engine 10000 rpm, lebih tinggi dari sebelumnya yang hanya 8500 rpm. Tidak masalah walaupun mendekati batas piston speed maksimalnya, karena sudah ada beberapa upgrade (mengambil spek balap) sehingga lebih aman. Jika putaran engine 12000 rpm saja bisa, apalagi cuma 10000 rpm.
  2. Penerapan rasio kompresi yang lebih tinggi (maklum sekarang bensin terjelek sudah r0n 90). CR-nya mencapai sekitar 11 (atau mungkin juga lebih, ternyata 11.6) lebih tinggi dari sebelumnya 10.4
  3. Tentunya konsumsi bensin harus lebih boros, pada power puncak tersebut. Naik 0.457 kg/jam. Maklumlah volume lebih besar, dan rpm lebih tinggi, wajar jika naik.
  4. Dan yang terahir adalah, aplikasi asimetrik piston/engine akan memberikan penurunan rugi-rugi gesek pada piston, sehingga power yang keluar sampai crankshaft naik.

Dan motogokil tidak heran dengan kenaikan performa dari all new r15 ini. Karena teknologinya bisa mengadopsi dari hasil upgrade performance yang dilakukan oleh tim-tim balap yamaha. Jika oprekan engine nvl/mx king bisa mencapai 30 ps dengan velome 150 cc, maka untuk mencapai 19.3 ps dengan velume 155 cc tentunya lebih mudah. Nah selanjutnya tinggal kompetitor, apakah juga akan melakukannya, untuk mengimbangi performa r15 ini ?

Dan jika engine SOHC 155 cc saja sudah mampu menghasilkan 19.3 ps (kalau bocorannya benar lho) maka kedepannya “belum perlu” membangun engine DOHC untuk vixion, mx maupun r15. Dengan menambah volume 5 cc saja sudah sanggup menjadi yang terkuat di antara rival-rivalnya, buat apa harus keluar biaya besar, untuk membangun konstruksi dohc. Apalagi fby sudah terlanjur cinta dengan mesin sohc, maka ubahan ini akan tetap memberikan perhatian yang besar dan minat yang tinggi bagi konsumen terutama pencinta motor yamaha.

Sementara itu dulu bro n sis, lebih kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

33 Komentar

  1. tenang pak riset mesin dohc vva yamaha msh jln terus…klo ahm ngeluarin mesin br buat cbr150r jd yamaha udh punya tandinganx…hehe

  2. Honda Jazz 1.5, BRV 1.5, Mobilio 1.5, semuanya pake SOHC juga Om Gokil, namun SOHCnya lebih canggih daripada SOHC Nee R15 ini, kalo yg R15 dikatakan VVA mirip2 VTEC, maka di Honda Jazz 1.5 dkk sudah pake i-VTEC, tolong jelaskan perbedaan i-VTEC dan VTEC biasa om Gokil!

  3. Pak dosen, ditunggu analisa part2 dari r15 v3 yang bisa dibawa ke R15 v2 dan NVA, seperti blok + head silinder komplit sama isinya, dan juga slipper clutch nya.

  4. paling ntar pas test dyno keok ama All New CBR150RR, tau sendiri kan CBR itu RAJA nya test dyno… FU Fi yg 18.5ps aja cm 11dk on wheel pas test dyno.

    apalg R15… SOHC biar kata VVA paling ntar cm 10dk on wheel

    wkwkwkwkwkwk

    • Lha berarti yg ngibul bukan cbr dong?ente harusnya protes sama kompetitornya cbr.bagaimanapun juga honda lebih unggul.mau bukti?mx king aja kalah sama sonic skarang di motoprix.bukti lain?MS berbicara,fakta

      • Tp test konsumen Fu Fi itu nyentuh 16-17dk.

        Kok pas test dyno nyang ntu cm 11dk. Logika aja, klo power n torsi sonic gede harusnya top speed lbih tinggi tp engga malah lbih rendah dr supra gtr yg tembus 122kph sdangkan sonic cm 119kph.

        Wkwkwkwkwk

  5. Penasaran sama kurva power nya. Semoga powerband nya lebar jadi kalau adu di jalan ga mengecewakan. Kalau powerband lumayan lebar harga 35 jt itu benar-benar worth saya kira, mengingat fitur-fitur nya juga banyak. IMHO.

  6. Mau tnya.. Apakah gen vixion atau old r15 bisa di ubah performanya dg part2 all new r15 ini… Scra kn basic mesin sama.. Tlong pak motogokil di buat artikelnya

  7. jangan lupa R15 memakai ban tapak velg dan ban paling lebar dikelasnya ukuran 100 dpn dan blakang 140. VVA bukti teknologi agar torsi melimpah buat narik ban gambot

1 Trackback / Pingback

  1. Mempertanyakan Sistem Pendingin All New R15 2017 | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan