[CBR250RR] Mudahnya Meng-Upgrade dari 36.8PS Menjadi 38.7 PS

cbr250rr-performa-dinamis2

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Lumayan heboh ketika power yang dirilis di awal (36.8 ps) kemudian lebih kecil dibandingkan dari rilis terahir yang katanya confirmed yaitu 38.7 ps. Banyak yang menyamakannya dengan kondisi saat rilisnya cb150r street fire, yang tadinya 16.5 ps menjadi 17 ps. Banyak yang mempertanyakan secepat itukah power sebuah motor bisa diubah oleh pabrikan ?

Jawabannya secara singkat memang sangat mudah bagi pabrikan besar sekelas ahm, apalagi hanya meningkatkan power 2 ps.  Jika dilihat besarnya (2 ps) memang tampak lumayan besar, akan tetapi jika dilihat persentasenya dari kondisi awal, sesungguhnya 2 ps tersebut cukup kecil, hanya sekitar 5.16%. Mari kita lihat bagaimana mudahnya menaikkan power cbr250rr sebesar 5%…

cbr250rr-official

Jadi untuk meng-upgrade power dari 36.8 ps menjadi 38.7 ps tidak perlu melakukan perubahan dalam konfigurasi fisiknya. Cukup dengan mengaubah AFR dari 13.2 menjadi 12.5, untuk mendapatkan ini bisa dilakukan dengan sangat cepat, dengan merubah mapping durasi injector di ECU-nya.

OK, mungkin cukup itu dulu penjelasan sederhana bagaimana dengan mudahnya ahm mengubah besarnya power cbr250rr. Lebih dan kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

66 Komentar

  1. Baru beberapa hari power cbr250rr udah naik dr 36,8 menjadi 38,7ps.. Keren ini mah.. dg kata lain bg yg ingin beli cbr250rr sebaiknya tunggu beberapa tahun kedepan krn sapa tau saat itu powernya telah mencapai 50 ps, jd g perlu upgrade parts racing segala, salut buat AHM wkwkwk

    • Spec power awal cbr250rr ini 36,8ps setelah di gandakan kanjeng dimas taat pribadi jdi berlipat 38,7ps Pantesan aja power berlipat ganda wkwkwkwk

  2. ada yg komen ktnya pabrikan panik, sebenrnya sih bagi calon konsumen bersyukur bgt ternyata powernya sesuai isu di awal bhwa cbr 250 rr powernya bakal mendekti 39 ps.

    • Yang komen pabrikan panik tadi kan FBY akut masss.kayak gak tau record dia saja.hehehe. padahal sesembahannya sunatan masal 36 ps jadi 34 ps.pura pura gatau

  3. Yang komen pabrikan panik tadi kan FBY akut.kayak gak tau saja.hehehe. padahal sesembahannya sunatan masal 36 ps jadi 34 ps.pura pura gatau

  4. Soal ubah mengubah power mah saya sakin pabrikan sangat gampang, tapi poinnya bukan itu. Pembiaran informasi yg (anggap saja) salah lalu tanpa konfirmasi resmi “dibenarkan” itulah yg bikin keki. Parahnya lagi, ada yang menganggap itu biasa, wajar, lumrah dan tidak apa-apa. Apakah karena merknya HONDA jadi pasti ada permisivitas atau memang (sebagian) kita sangat tinggi toleransi terhadap sebuah kesalahan publik?

    • satu pertanyaan buat @rideralam, dengan menaikkan power produk ahm, ada pihak yang dirugikan kagak? siapa?

      a. konsumen/calon konsumen cbr250rr (ngapain rugi malah dikasih power lebih kok?)
      b. masyarakat umum
      c. sales r25 yang dagangannya makin menumpuk karena semakin inferior dibanding cbr250rr

      pabrikan pasti berhitung bos,

      dianggap tidak profesional dalam mengumumkan spec produk

      atau

      memenuhi/memuaskan hasrat calon konsumen akan spec yang lebih baik.

        • dijawab aja pertanyaan di atas bos! justru ente yang keliatan salesnya, ane gak pake motor, tiap hari ane pake suv bikinan nissan tahun 2006, yuk ketemuan kalo gak percaya, aku di bekasi bos! atau ente dimana biar aku samperin?

          jelaslah aku cuma jongos, tapi bukan sales!

          • dari namanya,
            ngakunya dia mah rider,
            dikasi power yg lebih dari yg awal, dikala seorang rider yg bner2 rider seneng,
            dia malah nyebut2 permisiv merasa ada ganjalan.
            sungguh aneh

            jangan2 apa yg ditulis blogger pada kesempatan sebelumnya adalah power on wheel (diduga on crank) shg on wheelnya dianggep < 36,8
            padahal bisa jadi maksudnya on crank 38,7
            dan on wheel yg 36,8.

            atau 38,7 nya keluar ketika sport + dan digeber bukan ketika di measure di dyno, dimana manfaat Ram air yg dibanggakan menunjukkan kontribusinya thd performa ketika dapet terpaan udara di kecepatan sekian sekian,

            dan ulasan2 sbelumnya ditulisan para blogger sifatnya masih dugaan sementara.

        • “smapeyan sales honda ya?”

          kok rasanya pernyataan ini agak gimana gt.
          emg knp sih kalau ada orang yg kerjanya jadi sales honda?

      • biasanya sih kalo di brosur2 produk motor ada tanda bintang alias catatan…”spek bisa berubah sewaktu2″

        nah jadi masalahnya dimana?
        bagus dong kalo nambah, kalo kurang boleh protes..kecuali kalo emang sampeyan dah kadung benci banget sama honda….

        mau gimana honda tetep aja jelek menurut situ…ngatain org sales honda lagi, emang kenapa kalo sales honda?

        ekkekek, hidup koq penuh prasangka, cuma motor doang….dah kayak politik aja..

    • Pembiaran informasi yang salah tanpa konfirmasi resmi?
      Mirip kasus ngebul di 8000 rpm yah? Sampe sekarang masih tanpa konfirmasi tu
      Ekekekekek

  5. jadi milih mana, power n torsi di sunat atau nambah, mustinya yang sakit hati itu yang kesunat power ma torsinya 😀 😀

  6. buat Honda mah gak aneh bro, lha wong verza 150 aja pas test dyno bisa tembus 15.2dk lebih besar dr Fu Fi yg cuma tembus 11.xx dk dan All New CBR 150 RR yg ‘cuma’ tembus 14.77dk. Paling gede malah OCBSF yg tembus 17.8dk.

    Gimana gak hebat enjin SOHC Verza lha wong std aja bisa 15.2dk lebih gede dr on Crank nya yg cuma tembus 12.5dk. Dan bener kata MbekHa, itulah beda nya Insinyur H dan Y.

    :v

    • ya memang sudah seharusnya roy,

      artikel cbr250rr dihantam pake klaim power verza

      artikel cb150 dan cbr150 dihantam pake klaim power verza

      artikel vario dihantam pake klaim power verza

      artikel vultuz dihantam pake klaim power verza

      artikel cbr1000 dihantam pake klaim power verza

      dan seperti biasa….

      artikel verza dihantam pake klaim power verza

      one for all, all for one….

      hidup roy, ayo semua kasih standing ovation untuk profesor roy, fby belagak fbs yang paling pintar di dunia dan akhirat blogsphere (bahkan kemampuan otak momok+ngabidin+maskur+dionysius sekalipun, disinyalir ga ada apa apanya dibanding satu otak roy)…

      hanya artikel nikita mirzani, satu satunya artikel di dunia yang gak mempan dihantam klaim power verza.

      lanjutken roy….

      • Sbetulnya gak perlu verza, ocbsf, sonic n supra gtr. Pas rilis power n torsi on wheel bisa lebih gede dr claim pabrikan. Dan ente pun gak bisa jawab. Top speed sonic naik dr 119kph jd 124kph setelah dibully ama komengtator sport sonic kok keok ama supra gtr yv tembus 122kph.

        Klo otak ente dah koclak gw sih maklum, klo blm cb kritis dikit. Ato ente sales ahm?

        Bisa jawab gak knp verza bisa naik jd 15.2dk?

        :v

        • loh, gua kritik salah, gua puji dengan tulus, juga salah, jadi yang bener apa dong?

          kan di atas gua udah bilang, profesor roy yang paling pinter di dunia blogsphere, jadi kalo sampe profesor roy a.k.a orang paleng pinter di blogsphere dunia akhirat aja gak bisa jawab pertanyaan:

          kenapa verza bisa naik jadi 15.2 dk?

          ya, otomatis gak ada satupun orang di dunia yang bisa jawab (if he cant then nobody can), apalagi gua, siapalah gua ini….. betoel?

          lanjutken pak profesor……

          • @Esdeath

            halah,kek gak tau om roy aja, yang dibahas kan dr dlu ya cuman verja, dohc tetangga, erji, sama RX kong 7 milyar.

          • ya wis, kita ikut cara mainnya si profesor roy, walaupun udah di luar topik bahasan artikel nih…

            pertanyaan:
            mana yang lebih menyakitkan kepada konsumen? Apakah sunatan masal dan recall masalnya r25? Ataukah tipuan ahm naikkan power verza mengalahkan cb, cbr, sonice atau apalah……?

            clue:
            – sejak sunatan massal dan recall massal penjualan r25 telah terjun bebas (jauh) di bawah 500 unit perbulan
            – verza cenderung stabil 4000-5000 unit per bulan, walaupun kata roy ada penipuan publik tentang power verza, why? karena konsumen verza pada dasarnya tidak performa oriented, asal (menurut dia) sudah lebih kuat/kenceng drpd bebek dan lebih murah dari nva/cb class, bungkus.

            lho, kok bawa bawa ms? satu satunya ukuran untuk bisa menilai tepat atau tidaknya managemen marketing dan manageman konflik dari/pada sebuah produk bermasalah (dlm hal ihi penipuan performa verza oleh ahm dan recall r25), hanya bisa dilihat dari performa ms, tidak ada cara lain.

            kalo di luar negeri recall berarti bentuk pelayanan produsen kepada konsumen, lho jangan disamain, budaya, tingkat pendidikan, latar belakang sosial ekonomi, mindset konsumen di sana dan dimari jelas berbeda. makanya penanganan managemen konfliknya juga berbeda.

            saran:
            profesor roy, anda tidak bisa menggunakan satu kesalahan/kelemahan pabrik dalam hal ini verza, untuk justifikasi melebar ke aspek aspek produk lain yang tidak berkaitan dengan verza, why? karena apabila pake jurus asal ada kesalahan ala verza, kemudian diblow up (untuk artikel apapun), maka pabrikan sesembahan roy juga punya segudang kesalahan yang sama, bahkan lebih besar, sebagai contoh kasus r25 di atas. stick to the article topic! you have to try to be smarter!

            kesimpulan:
            bisa dipastikan kehidupan saya jauh lebih baik daripada profesor roy, jadi salah alamat kalo roy kasihan sama saya, apakah perlu dibuktikan? sebaiknya jangan, udah deh, pokoknya jangan aja, ok? kalo ditanya 1 juta kali, apakah saya mau bertukar hidup dengan kehidupan roy (yang menurut roy lebih baik sehingga dia kasihan sama saya) maka 1 juta kali saya jawab tidak, terima kasih.

          • @baggong

            RX King 7 milyar? sejak kapan gw bilang RX King 7 Milyar? lu mau melakukan fitnah ya? kayaknya yg gw bilang RX King 70jt bukan 7 milyar.

            mending ente belajar baca lagi sana jangan kebanyakan main blog. kasian emak n bapak lu nyekolahin lu cuma nyampah n gak pandai baca.

            :v

            govlok kok dipiara… 70JUTA BUKAN 7 MILYAR…

            GOVLOK…

  7. udh ditunggu tuh sma r25 di irs thn depan…r25 dr tim yamaha bahtera racing yg digeber oleh syahrul amin juara nasional sport 150cc n sport 250cc 2016 itu powernya udh 46 hp…hehe

  8. @koclak
    Gw gak pernah membahas masalah penjualan. Diliat dr komentarnya jelas ente adalah sales dealer honda yg main2 di blog a.k.a tim swat. Jika sunatan massal menjadi masalah ente bagaimana dengan upgrade power pas test tp pas dijalanan malah melempem? Kenapa gk jd concern ente? Krn ente adl sales dealer. Sebusuk apapun pabrikan yg ente sembah pst iya2 aja krn mental dasar org indonesia adalah budak bg negara lain.

    Haram hukumnya mengkritik pabrikan buat ente, cb klo ini R25 dah pst ente bully.

    Bagaimana bisa power dan torsi on wheel lebih besar dr on crank?

    Ngelawak. Typical marketing yg spt itu adalah menghalalkan sgala cara yg penting MS no 1. Sunatan massal ramai di blog2 tp pas power on wheel sonice, cbsf lbih gede drpd on crank sepi2 aja tuh. Berita klotok2 cbsf jg hilang entah kemana.

    MS? Bayar aja blogger pst jd no 1 kok.
    Jd klo mnurut lu itu lah marketing mnurut gw ya gak gt kcuali tujuan utamanya adalah monopoli.

    Bisa ente jelaskan knp power on wheel verza, OCBSF n Sonic lbih gede drpd on Crank?

    • Trus “ngebul di 8000 rpm itu normal” adalah cara marketing yang benar?

      Kasus nya juga nguap tuh tanpa solusi, klotok2 jelas tinggal bawa ke beres di tangani dan diganti gratis. Kalau yang ngebul, apakah “normal”adalah sebuah solusi?
      Please dont be a hater

  9. Kadang saya bingung dengan mindset komentator,Ketika Konsumen dikasih “Lebih” dari ekspektasi awal Seolah-olah salah dan satu kesalahan besar ,Sedangkan di lain pihak merk lain Melakukan pengurangan power ketidak sesuaian Antara versi prototipenya dan versi massal Malah di benarkan,terkesan biasa tidak ada unsur penipuan dan kerugian dari konsumen,Sedang kalo dari produk “H” Dikasih lebih katanya tipu”,Dikasih agak mahal ovetpret,Dikasih harga terjangkau katanya downgrade ,hadeh Mikir atuh’ Suka punya uang beli,Suka blom ada uang gak usah beli,ada uang gak suka gak usah beli Gitu aja ko repot!

  10. ga usah bawa bawa tuduhan personal sales atau bukan, kau gak akan pernah tahu apakah kau lebih mulia atau lebih rendah daripada orang yang kau tuduhkan. kalo ane ngebanggain ini itu ntar dibilang sombong, huft. fokus aja sama materi artikel, dan masalah roy adalah gak bisa bedain mana artikel verza dan mana yang bukan, betoel?

    pertanyaan sederhana, pernah survey konsumen verza? apakah dia beli verza karena:

    a. termakan isu power on wheel yang lebih besar drpd on crank
    b. karena motorsport budget

    mayoritas rider verza yang ane tanya unofficial, malah gak tahu ada isu power yang lu ributin, mereka beli karena murah. jadi tuduhan ente pabrikan mark up power dengan tujuan konsumen lebih banyak, enggak terbukti roy, orang beli verza simply karena murah, thats it

    ane malah gak tahu ada klaim official verza, sonice dan cbsf yang dimark up power on wheel lebih besar daripada on crank, bisa kasih link official pabrikan?

    MS? Bayar aja blogger pst jd no 1 kok.

    bisa dibuktikan? jangan cm main tuduh, yakin bahwa semua orang yang beli motor karena pengaruh brainwashed di blogsphere? link resmi pls? orang beli skutik (volume maker ms) karena pengaruh brainwashed blogsphere? link resmi nya pls!

    katanya sih, konsumen sport orang berpendidikan dengan status ekonomi tinggi sehingga tidak gampang dipengaruhi, ketika memutuskan membeli mereka cari tahu informasi di dunia nyata dan dunia maya, ente yakin konsumen seperti ini bisa/dengan mudah di brainwashed? faktanya raja sport udah tumbang! konsumennya yang salah? atau produknya yang unggul/kalah? ada link resmi/kredibel yang memvalidasi ada shifting konsumen sport dari brand a ke brand b, diakibatkan pengaruh blogger?

    tenang roy, ane konsumen netral kok, 2012-2014 ane pake byson kok, seluw zaza, jangan maen tuduh yak! ane bukan sales kok!

    • ane kasih advice om buat ngadepin orang macem roy : diemin aja.
      “Never argue with an idiot. They will drag you down to their level and beat you with experience.” – Mark Twain
      ngoahahahahaha

      • wkwkwk, sipp om, anggep aj becanda, ane mana pernah seriusin om roy, kalo om roy nya sendiri sih anw gak tau ya, keknya dia sering banget marah2 di dunmay, entahlah, hahahahaha

  11. pada gak bisa jawab ya kenapa Verza, Sonic, dan OCB power on wheel bisa lebih tinggi dari On Crank?

    cuma segitu doank kapasitas otak kalian?

    swasanazegger | 08/11/2016 pukul 11:07 am
    ane kasih advice om buat ngadepin orang macem roy : diemin aja.
    “Never argue with an idiot. They will drag you down to their level and beat you with experience.” – Mark Twain

    ngoahahahahaha

    pada dasarnya on wheel selalu lebih kecil drpd on crank tp para mbek seperti kalian seakan2 mengakui kalau on wheel bisa lebih besar drpd on crank.

    yg idiot yg mempertanyakan atau yg mengiyakan informasi seperti itu?

    @Cah Ndeso

    yg kita bicarakan adalah spek yg tiba2 berubah. kalau benar demikian itu bagus. tp kalau tidak? contohnya yg sudah lalu ya verza, ocb n sonic. apakah ssuai dengan Dyno War yg dulu di gaungkan Honda? Apakah realita dilapangan demikian?

    sepertinya TIDAK tapi pas test dyno selalu lebih besar drpd pabrikan lainnya.

    Yang gw pertanyakan adalah kenapa Verza, OCBSF dan Sonic power dan torsi on wheel jauh lebih besar drpd on crank? kalau kalian para mbek bisa jawab ya silahkan paparkan dengan jelas seperti pak Dosen dengan teori nya jangan ngetik ngalor ngidul beli verza maen bungkus terus ngetik MS. itu bukan urusan gw. urusan gw cuma


    kenapa Verza, OCBSF dan Sonic power dan torsi on wheel jauh lebih besar drpd on crank?

    :v

  12. Pertanyaan gw simple dan kalian para mbek gak bisa jawab

    “kenapa Verza, OCBSF dan Sonic power dan torsi on wheel jauh lebih besar drpd on crank?”

    dah itu doank. klo bisa jawab dengan paparan yg jelas dengan teori2 dan itung2an matematika silahkan, kalau bicara MS silahkan kalian ke AISI dan blog2 yg bahas MS.

    Terima Kasih

    • Rifz | 08/11/2016 pukul 6:41 pm
      Jawaban yang simple
      Karena mesin dyno yang dipakai berbeda

      Please dont be a stupid peope

      Mesin dyno yg dipakai Verza vs NVL adalah SAMA dan TIDAK ada perbedaan.

      Dimesin itu pula power verza meningkat dr klaim pabrikan 12.5dk menjadi 15.2dk termasuk juga OCBSF dan Sonic.

      jika mesin yg dipakai berbeda pun seharusnya on wheel lebih kecil drpd on crank dan selisihnya tergantung mesin dyno nya.

      ini selalu lebih besar.

      jika konsumen sport yg disasar bukan power kenapa pula ada test dyno war segala?

      wkwkwkwkwkk

      gak bisa jawab tong? dah cuci kaki n tidur sana. urusi mbit 125kph nya dolo

  13. tinggal bukitiin cbr250RR di kejurnas apa bakal keok seperti cbr150 yg ngak kuat ngejarr sohc.

    Btw disini kok jadi sepi berita hasil race ngak kayak dahulu

    • Ada kok isinya, intinya konsumen sport adalah orang berpendidikan tidak seperti konsumen tornado gs yang mudah termakan isu power on wheel

      Konsumen sport tidak akan mengiyakan maupun mempertanyakan power on wheel yang gak mungkin lebih besar daeipada on crank
      Why? Because those who believe and those who doubt about it are stupid people

    • @Rifz

      klo konsumen sport tidak terpengaruh power kenapa penjualan byson jeblok? padahal dari tampang dah kliatan klo Byson jauh lebih keren drpd ANCBSF. Wkwkwkwkwk

      Ngapain pula koar2 DOHC Kencang dan Irit klo bukan yg di tonjolkan power?

      Kenapa pula test dyno nya Honda selalu diatas kompetitor klo power itu gak penting?


      Because those who believe and those who doubt about it are stupid people

      Terus maksud lu test itu maksudnya apaan? Bisa jawab gak?

      —> Klo R25 yg dibahas pasti yg dibahas sunatan massal -> iki power cak

      wkwkwkwkwkwk

      :v

  14. Baca komen dari atas ngekek liat para sales ahm mempertahankan info sesembahan ny walau itu bohong, tragis ya on wheel lebih bsar dari on crank pas dyno. Dimana2 on wheel bakalan lebih kecil dari on crank..
    Wkkwkwkwkw
    Semangat yo kerjanya, nyari duit itu emang susah…

  15. Tinggal gimana saja kualitas dan after salesnya.
    Secara teori mudah, namun banyak variabelnya.

    Power,power dan power, memang sberapa besar sih yg kepakai di jalan raya/umum. 🙂

    Klo “SEKELAS AHM”, hahahahahahahahahahahaha,

  16. Manusia Yg berfikir Marjinal macem @roy gag usah ditanggapin Mas-Bero,,
    Biarkan zaza’ dia bahagia dengan pola-pikir nd dunia’nya,,

    Ciri2 Manusia Marjinal itu tidak mau menerima sesuatu yg bisa mengubah arti hidupnya agar lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain *dalam hal kebaikan pastinya,,
    Orang Marjinal itu bukan visioner’_
    Setiap hari hanya melampiaskan nafsu KonyoL’nya dan tidak berfikir untuk masa-depan,,

    • Berlaku juga untuk Kaum FBY,
      Yg kebanyakan mereka’ mempunyai pola-fikir nd mindset macem @roy,_

      Jaman sekarang itu yg penting values for money’ jika ingin membeli sebuah barang’ dan tetap memikirkan hal2 setelah memilikinya,,
      Jangan ngikuti nafsu sesaat’, disesuaikan dengan kemampuan’__

    • @ALEX
      berpikiran aneh2 gimana?
      gw kan mempertanyakan gimana ceritanya power on wheel bisa lebih besar drpd on crank seperti kasus Verza, OCB dan Sonic. Pertanyaan gw simple gak aneh, kcuali gw minta fitur aneh2 nah itu baru aneh2 namanya.

      klo gak bisa jawab jangan menunjuk orang marjinal. mending ente koreksi diri ente sendiri, atau ente karyawan dealer Honda ya itu beda lagi.

      bisa jawab gak, kenapa power on wheel motor honda selalu lebih besar drpd on crank?

      😉

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan