Tantangan Berat Yamaha Setelah Tahta Motor Sport Direbut Honda

NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pada bulan september 2016 kemarin, tahta raja motor sport yang sejak 2008 diduduki yamaha akhirnya tumbang. Tahta raja motor sport sekarang dikuasai honda, dengan panglima perangnya new cb150r. Panglima perang yamaha nva, bukan tidak bagus, bahkan dari build kualitinya masih terlihat lebih bagus. Akan tetapi secara keseluruhan masih kalah sakti dibandingkan new cb150r. Mulai dari penampakannya, lampunya, bannya, enginenya dan performanya.

Tentunya yamaha tidak tinggal diam, pasar sport 150cc diambil alih oleh honda. Karena pangsa pasar di sektor ini sangat seksi dan menggiurkan. Ke-keukeuhan yamaha membangun motor dengan basis engine yang sama, jangan dianggap sebagai ke-jumud-an (kemandekan) inovasi di sektor ini. Menurut motogokil yamaha mencoba bertahan dengan sisa-sisa kekuatannya (generasi mx-vixion-r15), sambil menyalurkan sebagian besar power pada bagian rnd nya. Untuk membangun “generasi baru” motor sport 150cc.

Dan pastinya motor generasi baru yang dibangun harus lebih powerfull dibandingkan new cb150r, dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur yang lebih lengkap. Salah satu yang akan dijadikan “icon” adalah engine dohc, karena terbukti meskipun dengan tampilan yang ciamik bin bagus, keberadaan engine sohc yang diusung nva semakin terlihat inverior. Nah pada sektor ini timbul dilema, yaitu :

  1. Mau membangun engine dohc yang irit, sementara ini sudah diduduki oleh new cb150r
  2. Mau membangun engien dohc yang terkuat/powerfull, sementara ini sudah duduki satria fu 150fi, yang sebentar lagi akan melahirkan gsx r150. Di lain sisi honda masih memilki engine generasi k15 yang siap dioptimasi jika memang diperlukan.

Kemudian aspek lain yang akan digunakan yamaha untuk merebut pasar sport 150 cc, adalah harga. Dulu saat vixion merebut tahta motor sport dari megapro adalah karena performa, fitur dan harga. Nah sekarang melebihkan fitur dan performa dari rival-rivalnya akan berkorelasi dengan tingginya harga. Jika fitur dan performa sebanding, maka yamaha akan mencoba meletakkan harga motor terbarunya sedikit dibawah rival. Sayangnya (mungkin) saat itu honda sudah terlanjur kuat dan untung banyak dari penjualan motor-motornya. Sehingga jika terjadi adu kuat di harga, bisa jadi malah tambah kalah.

Kalau menurut motogokil, yamaha akan membenamkan teknologi yang lebih unggul dari kompetitor. Tidak masalah jika harga sedikit lebih tinggi, asalkan :

  1. Engine lebih canggih ; dohc, 6-speed, vva, sedikit overbore (misalnya bore 58 mm stroke 57 mm)
  2. Sistem pengereman semi abs,
  3. Ecu mendukung mode riding minimal normal dan sport dan lain-lain.

Karena memang untuk mengalahkan honda yang sekarang lebih dinamis, perlu tenaga dan biaya besar. Peningkatan fitur-fitur di atas harus dibarengi dengan penggunaan material terbaik sehingga minim keluhan dan mampu mengangkat citranya sebagai pembuat motor sport terbaik di tanah air. Kalau memang mau meningkat perlawanannya, ya harus begitu dan yamaha harus mau jual dengan untung “sedikit”.

Artikel ini sebagai sebuah pengharapan motogokil, agar yamaha kembali bersemangat untuk bersaing. Jangan membiarkan honda merajalela sendirian, karena bisa mendikte konsumen, sehingga konsumen kehilangan pilihan (merek lain) saat ingin membelim motor. Dulu yamaha bisa, maka sekarang pun bisa.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

17 Komentar

  1. Memang sudah waktunya mesin vixi diubah..yamaha trlalu dibuai dgn kesuksesan vixion..mesin vixion itu kalo ga salah dr taun 2007 (upgrade dr mx 135cc tahun 2005), sdangkan cb itu dr mesin cbr150 karbu tahun 2005..usia hampir sama, tp mesin cb skarang lbih radikal berubahnya…yamaha skarang mirip honda jaman mesin gl..lambat update

  2. Motor kenceng ya harus dohc dan sudah saat nya vixi ber engine dohc 6 speed, saya yakin urusan body yamaha tak di ragukan,, ayo YIMM bangkit potensi mu masih terbuka lebar. 😀

    • @ndhhuuttt
      Jgn kebanyakan
      ngimpi siang bolong tong…!!!
      Yimm bikin engine dohc overbore…???
      TIDAK AKAN MAMPU…!!!!
      Bakalan dibabat suzuki dg engine klan fxr yg dah sempurna yg sekarang nemplok di fu fi & sebentar lg nemplok di gsx r 150…!!!
      Yimm idolamu itu pabrikan pecundang sama seperti petinggi2nya org japan bagero CHINGAO…!!!!

  3. Sejak berubah jadi YIMM kenapa yamaha terpuruk banget yak, beda pas masih YMKI yang saat itu masih ada campur tangan pak dyon. Manufaktur otomotif gitu cocoknya dipimpin orang keturunan tionghoa yah sepertinya..

    • @kartelisasi
      setuju, produk YMKI memang fenomenal.
      vixion, jupiter z burhan, vega r, mio karbu series, scorpio, motor2 YMKI terbaik di masanya.
      kehancuran yamaha indonesia dimulai sejak YMKI berubah jd YIMM.
      produk2nya gak jelas & materialnya lemah, kualitas meragukan..
      jupiter robot, vega zr, vixion ngebul, scorpio wagu, mio j.

    • kalau menurut ane belum
      diganti dengan k56, karena ngga cocok untuk mengalahkan nvl di indonesia yang jalannya banyak yang pendek2 dan macet
      tapi bagi negara2 yang jalannya bagus dan panjang serta tidak macet, k15 justru lebih worth

  4. Kl untuk sikon sekarang sih agak berat ya pak dosen. Jujur fitur cb150 kebanyakan, melompat jauh dr cb150 gen 1 yg kabel speedonya aja masih di ban depan kayak gl pro.

    Tp kl untuk sekedar bertahan ga tlalu sulit rasanya. Masih banyak konsumen penggila model dan ini lumayan banyak. Tinggal facelift lampu dan kasih usd dah cukup menggoda. Resikonya harga mst bersaing, mungkin nurunkan kualitas cat salah satu opsinya. Meski bt saya pribadi, cat yamaha tu sesuatu bgt.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan