Mengapa Memilih KTM RC200, Daripada CBR150R atau R15 ???

rc200 vs cbr150 vs r15 small

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kepastian masuknya ktm rc200 dalam persaingan pasar motor sport full fairing “kecil” di Indonesia, memberikan hawa aneh. Keanehanannya adalah, baru tumben motor eropa dijual murah, bahkan mau bikin pabrik di sini pula. Dan harga yang dirilis secara resmi kemarin adalah 37 juta, seakan ingin menyatakan bahwa ktm siap perang di pasar motor sport full fairing kecil, dengan mengandalkan style, fiture, kualitas dan harga.

Ada rider yang pasti/tetap hatinya untuk meminang ktm rc200 ini, dibandingkan melirik cbr150r atau r15 (rival yang lebih dulu eksis). Tapi banyak pula yang ragu dengan berbagai pertimbangan yang “Indonesia” banget, seperti :

  • selisih harga,
  • harga jual kembali,
  • kalau rusak bengkelnya dimana
  • spare part nya susah apa nggak
  • dan lain-lain.

Nah berikut ini, motogokil akan mencoba memposisikan sebagai seorang rider yang memiliki ketetapan hati untuk meminang rc200, meskipun kenyataannya belum tentu demikian. Hal ini sekedar menjadi panduan bagi yang ingin meminang rc200 agar memahami, mengapa harus memilihnya dan harus menanggung konsekuensinya. Motogokil akan meminang rc200 karena hal-hal berikut

KTM-Duke-RC-200-India-Left

 

Dengan harga 37 juta rc200 memberikan performa yang paling besar dibandingkan motor full fairing lainnya (cbr150 dan r15). Jika harga r15 32.8 juta dan cbr150 33.3 juta, maka selisihnya antara 3.7 sampai dengan 4.2 juta. Dan pada rc200 terdapat banyak keunggulan yang tidak dapat ditandingi meskipun menghabiskan dana sebesar selisih harga tersebut (ambil maks nya 4.2 juta). Berikut beberapa keunggulan rc200 dibandingkan rival-rivalnya :

  1. Powernya mencapai 25.34 ps dan torsinya mencapai 19.22 N.m [1]. Untuk mencapai peforma ini, baik cbr150r maupun r15 dengan power sekitar 17 ps, harus meningkatkan performanya hingga 50%. Menurut seorang pengguna r15, untuk meningkatkan power 3.4 hp saja membutuhkan dana Rp. 4.627.000,00, dengan mengganti muffler, ecu, air filter, racing coil, racing plug) [2]. Jadi untuk mendekati power 25 ps akan dibutuhkan biaya jauh lebih banyak lagi.
  2. Ada fitur yang sangat eye catching, yang jika r15 atau cbr150r ingin mengikutinya harus mengelurakan biaya sangat mahal. Fitur tersebut adalah sok depan usd, rem brembo (bybre) radial 4 pots, die cast swing arm (r15 sudah mengaplikasinya). USd yang paling murah saja harga sekitar 3 jutaan, belum lagi rem dan swing arm, wih banyak bro, berjuta-juta.
  3. Style yang out of box dibandingkan motor-motor jepang yang sudah sering terlihat di jalan.

Jadi dengan 3 poin ini saja, motogokil pastikan rc200 sangat layak untuk dipinang, dibandingkan r15 atau cbr150r. Bagaimana dengan aspek-aspek yang meragukannya ? Ya jangan ragu, yakin saja, karena ini motor eropa merek terkenal, dipastikan kualitasnya tob banget.

Tertarik meminang rc200 ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

50 Komentar

  1. Kalo ane pribadi sih secara model, performa n fitur udah joss.
    Tapi bagian headlamp nya ane kurang suka.
    Antimainstream sih tapi aneh aja diliatnya.
    Mungkin mesti liat langsung ya biar ga kliatan aneh.

    • Pernah liat lampu depan suzuki RGR ? Ya kurang lebih mirip jadi ga aneh bahkan honda tiger mata pece atau bmw HP4 pun beda dari yang lain so gak aneh sih…

  2. tetep milih yg 150 cc tp yg superkips, power lebih gede, bobot lebih enteng, kompresi rendah dan harga bekasnya lebih terjangkau. Sparepartnya pasti ttp ada.

  3. Kualitas eropa meyakinkan? Blm tentu lho, masbro. KTM digunjingkan di bbrp forum bikers eropa gegara sering bermasalah mesin n kelistrikannya. Bahkan ada yg mengaku motor KTMnya lebih sering di bengkel drpd di jalan.
    Bukan bc ya, ini real. Tapi emang ga menyangkal sih, pesona orange KTM susah ditolak.

  4. Karna ini motor ngeropa merek terkenal . .
    Lah dingeropah justru yg mendominasi merek jepang !!

    Value ktm ada , cuma kalo mau beli mending tggu pabriknya dibuka saja dlu . .

    Beli sesuai kebutuhan (motor keren ,power gede , 3snya aman dan harga jual kembali gak drop)
    kalo sesuai keinginan itu khusus mereka yg sudah lebih dri kata mampu !!

  5. apa bener kualitas materialnya bener2 bagus ya? merk shock USD Endurance & bank MRF (sama yang kayak di Pulsar), bukannya jelek tapi ya standar aja sih menurut ane

    Motor ane pulsar 180 & 220. Kalo di pulsar shock endurance terlalu empuk, dikerasin bertahap awalnya keras tp g lama jd empuk lagi, ban MRF licin, kalo awetnya sih awet

    • Price rangenya bro salah siapa matok harga mahal jadi kena komparasi yang tidak apple to apple… Ini jadi pembelajaran buat motor jepun agar ga seenaknya mainin harga padahal spek cuma gitu2 aja kebanyakan ganti tato sama ganti baju macam ceboker atau sienchan… Saiki barang ditandem karo sing gede tapi rego miring podo bengok2 overkill… Overkill vs overpret… Gua pribadi miris sama motor garputala sama sayap kepak yang ga logic bikin motor harga 33 juta spek cuma 16 17dk, harga segitu terlalu mahal beud bredha tapi kenapa rante berisik gampang kendor, ban ga center, kompstir oblak ga kunjung sembuh wkwkwkwk salam demit aspal

1 Trackback / Pingback

  1. Alasan Tidak Memilih KTM RC200, Mending Pilih Lainnya | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan