Unjuk Kekuatan CBR 250RR Melalui Penampakan Part Bagian Dalam

cbr250rr engine2

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Penampakan cbr250rr secara keseluruhan sudah gamblang, jelas dan membuat penasaran. Hampir semua blogger roda dua merilis artikel yang berisi penampakan cbr250rr ini, yang memang bisa membuat hati lumer. Nah sekarang motogokil akan menyajikan yang sedikit lain, yaitu penampakan bagian dalam, dibalik cover yang menutupinya.

Baik marilah kita lihat bersama-sama, mulai dari penampakan framenya. Lihat penampakan frame cbr250rr di bawah ini

cbr250rr frame cbr250rr frame3

Frame model truss double tube, layaknya frame ducati, menjadikannya tampak kokoh. Lebih kuat dan tampak lebih kekar dibandingkan frame r25 dan ninja250fi.

ninja250fi n r25 frame

Swing arm cbr50rr dibangun dari aluminium die cast layaknya moge. Swing arm ini seperti akan menjadi part standar motor sport 250rr, seperti yang sudah diaplikasikan pada yzf r25 (ninja 250fi belum).

cbr250rr die cast swing arm cbr250rr die cast swing arm3

Dua part di atas (frame dan swing arm) sangat besar kontribusinya dalam menentukan kualitas handling motor. Apalagi ditunjang dengan aplikasi suspensi upside down dan monosock yang bisa diatur tingkat kekerasannya, menjadikan handling cbr250rr semakin menjanjikan. Sangat cocok untuk aplikasi street performance, tidak usah terlalu banyak tambahan biaya untuk upgrade part-part tersebut.

Dan yang paling membuat penasaran adalah performa engine-nya. Memang ahm belum merilis secara resmi berapa power dan torsi dari cbr250rr ini. Akan tetapi melihat dari konfigurasi sudut intake yang downdraft, menggambarkan performa cbr250rr cukup mumpuni, minimal menyimpan potensi yang lebih besar dibandingkan rival-rivalnya. Perhatikan penampakannya…

cbr250rr intake port

Gambar di atas memberikan penampakan, bahwa ketika head berdiri tegak, intake port kurang dari 45 derajat dari garis vertikal. Maka ketika mesin dipasang pada frame dengan membentuk sudut tertentu (seperti biasa pada motor sport 250cc), menjadikan intake port hampir tegak lurus. Bandingkan dengan intake port r25 dan ninja250fi yang lebih landai

ninja250fi n r25 engine

Dari sudutnya (antara poros silinder dan poros intake port) pada cbr250rr, terlihat lebih sempit, menunjukkan bahwa cbr250rr berpotensi untuk mendapatkan efisiensi volumetrik yang lebih besar. Apalagi dengan bore yang besar yaitu 62 mm, memungkinkan cbr250rr dipasangi klep in (in valve) dengan diameter yang paling besar. Sehingga dengan spesifikasi tersebut di atas, cbr250rr memiliki kemampuan mengail power paling besar di rpm tinggi,……benar-benar motor yang dipersiapkan untuk balapan.

Itulah beberapa kelebihan cbr250rr dibandingkan rival-rivalnya, jika dilihat dari part-part tersebut. Semoga dengan penampakan part-part tersbut bisa menggambarkan performa, atau minimal potensi yang dimiliki oleh cbr250rr baik ditinjau dari handling maupun performanya. Tentunya apa yang motogokil ulas dan gambarkan, hanyalah berdasarkan penampakan sekilas. Kondisi yang sesungguhnya, akan tanpak dengan lebih jelas ketika ahm merilis secara resmi berapa power dan torsi dari cbr250rr, dan ketika di-oprek dipersiapkan untuk balapan.

Labih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

21 Komentar

  1. Note
    Bagian mesin Yang dibuat di AHM plant 4 (mini line) hanya Crank case, liner,head
    Untuk piston dan crankshaft masih didatengkan dr thailand

  2. Ngiler om liat rangka sama swing arm.
    Btw itu bener2 downdraft sampai2 batang klep panjang banget, berarti dohc tanpa rocker roller model cbr500 yah. murni shim bucket aja yah om, jd penasaran pgn liat detail valve train dan head silindernya. Ada foto tambahan lagi khusus kepala silindernya om?

  3. AARC 2016 R25 menguasai
    IRS250 2015 & 2016 R25 menguasai
    Drag Race Jalanan R25 menguasai
    ITS 2015 & 2016 R25 menguasai

    NinjaFI cuma menang penjualan dan komunitas yang sudah berdiri lebih lama, motor belok berat + tenaga ngemposs

    CBR250RR menunggu peningkatan taraf hidup FBH

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan