[MotoGP] Kontroversi Bike Swap Ala Marquez di Sachsenring

sachsenring 2016 mm93 bike swap

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seperti biasa, jika terjadi flag to flag saat wet race, marc marquez dapat melakukan perpindahan motor (bike swap) dengan sangat cepat. Kebetulan, kali ini terekspos video yang menunjukkan bahwa kru marquez menekan clutch lever (hendel kopling). Terjadi kontroversi karena banyak pengamat mengartikannya hal itu akibat motor rc213v marquez telah masuk gigi-1. Dan ini adalah pelanggaran.

Akan tetapi race direction tidak mendapatkan bukti bahwa itu adalah pelanggaran, berdasarkan data telemetri. Artinya penekanan handel kopling belum tentu telah masuk gigi-1. Sehingga kemenangan marquez di sachsenring tetap sah. Berikut pernyataan resmi race direction mengenai kondisi flag to flag, agar transmisi tetap dalam kondisi netral.

flag to flag

Dan keputusan ini sangat cepat diambil, karena memang data telemetri menyediakan tampilan pada gigi (gear) ke berapa transmisi motor tersebut berada. Memudahkan race direction untuk menginspeksi kondisi tersebut. Seperti halnya ketika kita melihat tampilan display posisi gigi di tv. Gambarannya seperti itulah data yang dimilki oleh race direction, bahkan jauh lebih komplit.

telemetry data display

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

18 Komentar

  1. Yang geger cari wedus cemeng siapa ya???
    Misal jk finish selisih 1dtk bisa lah kmungkinan kkalahan krn itu,.klu selisihnya 10-26dtk??
    Brrti kalah strategi ataupun skill, atau emang motornya yg lemot, tp honda tahun ini performa dibwh yanaha, cuma ngandalin skill Marcuet untuk mnutupi kkurangan motornya

  2. menekan kopling itu SOPnya bunny hop ala mm93. ketika dia lompat pemegang motor tidak terjepit tuas kopling dan yg kedua dg kopling ditarik duluan menjadi lebih aman dan mesin motor tidak mati, kali aja pas lompat kakinya mendarat di tuas persneling.
    cmiiw mm93 yg mempopulerkan swap bike dg melompat, banyak detil pelaksanaannya yg luput diadopsi pebalap lain

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan