Kecelakaan R25 VS Ayla, Siapa yang Salah ?

kecelakaan r25 vs ayla

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Baik pengendara yang taat ataupun yang melanggar aturan lalulitas. Kadang meskipun dalam kondisi benar pun pengendara bisa juga mengalami kecelakaan.

Pagi tadi baru saja terjadi kecelakaan antara yamaha r25 dan daihatsu ayla. Jika dilihat cuplikan gambar yang beredar di internet, sepertinya ayla yang salah. Akan tetapi jika dilihat dalam video penuhnya, malah sebaliknya. Mari kita simak beberapa frame videonya…

Seperti rider r25 no.3 terlalu ke kanan (mepet garis marka) dan kaget ketika ayla ingin menyalip elf di depan dengan mengambil jalur lawan.

kecelakaan r25 vs ayla 1

Kemudia rider no.3 melakukan hard braking (terlihat dari bekas di aspal) dan kehilangan keseimbangan

kecelakaan r25 vs ayla 2

Akhirnya rider no.3 terjatuh, sementara rider no.1 dan no.2 dengan tenang berhasil menepi.

kecelakaan r25 vs ayla 3

Sayangnya motor r25 tergelincir dan mengarah ke tengah jalan yang akan dilalui ayla

kecelakaan r25 vs ayla 4

Meskipun elf sudah minggir dan ayla juga sudah berusaha menghindar (terlihat dari besarnya ruang yang bisa dilewati rider no.1 dan 2). Akan tetapi motor r25 yang terjatuh justru mengarah ke ayla

kecelakaan r25 vs ayla 5

Akhirnya tabrakan tidak bisa dihindarkan, sepertinya tepat di tengah jalan. Yamaha r25 tertebrak sedikit oleh bemper depan dan terlindas ban belakang ayla.

kecelakaan r25 vs ayla 6

Karena posisi ayla sedang menghindar ke kiri, ganjalan r25 di ban kanan membuatnya oleng ke kiri dan terguling (terbalik).

kecelakaan r25 vs ayla 7

Kedua kendaraan sama-sama rusak parah. Yamaha r25 pecah ban-velg nya dan patah sok depannya, sedangkan ayla terbalik di sisi kiri jalan.

kecelakaan r25 vs ayla 8 kecelakaan r25 vs ayla 9

Alhamdulilla rider r25 selamat dan mudah-mudahan begitu pula dengan supir dan penumpang ayla.

Menurut motogokil, pada kejadian di atas, situasi (ayla menyalip) bisa dikendalikan oleh rider r25 no.1 dan no.2 padahal posisinya lebih dekat dengan ayla. Terbukti rider tersebut dapat dengan mudah mengerem dan sedikit minggir. Sementara rider r25 no.3 yang lebih jauh justru gagal mengantisipasinya, mungkin ia sedikit ngelamun dan kaget, atau sedang berakselerasi ingin mendekati rider di depannya.

Semoga hal ini bisa menjadi peringatan bagi kita semua, untuk selalu berhati-hati di jalan. Jangan terlena dengan aspal yang mulus dan jalan yang lengang. Karena hal itu bisa membuat kita kehilangan fokus dan menurunnya reflek yang baik dalam situasi tertentu.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wR wB.

75 Komentar

    • Stuju. Setiap kendaraan yamaha apapun itu mesti didahulukan di jalan raya. Krn produk yamaha adalah produk dr pabrikan cerdas yg dibeli konsumen cerdas. Salam blogger idealis cap garpu baper.

  1. Klo misal aylanya yg memang sedikit nekat nyalip, krn dianggapnya klo rombongan motor r25 gak masalah di lawan arah…

    • kalau mau selamat ya harus saling memahami
      kalau nggak percaya, tanya sama rider yang pengalaman vs bis sugeng rahayu
      kalau ada rider nekad, mungkin yang disalahkan ridernya…sr dilawan, memangnya baru naik motor ?

      • itulah rancunya berkendara disini…. banyak hukum rimbanya…. sdh tahu posisi menang, tp mengalah demi selamat. Kalau bicara benar salah ya ikuti aturan berkendara, yg melanggar yg salah…… dr konteks aturan, jelas ayla yg salah…. silahkan ubeg2 aturan menyalip….

        • bos kudo, tapi itu marka putus2 lho. diperbolehkan nyalip kalo ada ruang cukup. dan pendukungnya itu 2 motor di depan berhasil. berarti posisi awal ayla udah tau dong ada dan bisa chance untuk overtaking?

          • ruang cukup itu berarti menyalip tanpa menggangu pengendara lainnya. pengendara berlawanan sampai ngerem atau harus merubah arah, berarti sebenarnya tdk cukup ruang. dan jk ada faktor tak terduga bs terjadi kecelakaan…. contohnya ya ksus ini

        • kalo mengganggu kenapa 2 rider di depan lolos bos? disini ane fair aja. sama sama salah, bukannya menyudutkan 1 pihak. lah wong itu sama sama blindspot kok. R25 juga high speed. thinking wisely aja sih.

          • ini bicara benar salah sesuai konteks artikel…. jelas ayla posisi salah krn di jalur lawan….marka putus berarti boleh menyalip jika memungkinkan/ safety….. baca lg aturan berkendra bro…. ini soal safety

          • uu nomor 22 tahun 2009

            Pasal 108
            (1) Dalam berlalu lintas Pengguna Jalan harus
            menggunakan jalur Jalan sebelah kiri.
            (2) Penggunaan jalur Jalan sebelah kanan hanya dapat
            dilakukan jika:
            a. Pengemudi bermaksud akan melewati Kendaraan didepannya; atau
            b. diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri.

            Pasal 109
            (1) Pengemudi Kendaraan Bermotor yang akan melewati Kendaraan lain harus menggunakan lajur atau jalur Jalan sebelah kanan dari Kendaraan yang akan dilewati, mempunyai jarak pandang yang bebas, dan tersedia ruang yang cukup.
            (2) Dalam keadaan tertentu, Pengemudi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menggunakan lajur Jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

            Pasal 110
            (1) Pengemudi yang berpapasan dengan Kendaraan lain dari arah berlawanan pada jalan dua arah yang tidak dipisahkan secara jelas wajib memberikan ruang gerak yang cukup di sebelah kanan Kendaraan.
            (2) Pengemudi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) jika terhalang oleh suatu rintangan atau Pengguna Jalan lain di depannya wajib mendahulukan Kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

            Pasal 111
            Pada jalan yang menanjak atau menurun yang tidak memungkinkan bagi Kendaraan untuk saling berpapasan, Pengemudi Kendaraan yang arahnya menurun wajib memberi kesempatan jalan kepada Kendaraan yang mendaki.

        • loh itu blindspot bos, si r25 juga ada blindspot tanjakan baru nurun.. R25 kaget sedangkan 2 depannya berhasil.
          ane sih bilang ini kesalahan teknis. dan 2 pengemudi salah.
          kalo menyalahkan 1 pihak, ga wise. coba mengendarai mobil lah bro. jangan kaya ane yg naik jupiter doang.

    • Betul bro, kadang banyak pengendara mobil yg menyepelekan pengendara motor karna dimensi yg lebih kecil sehingga berasumsi ” masih cukup ruang “

    • Ketauan pake SIM tembakan…
      Kalau garis putus2 itu boleh mendahului
      Kalau garis lurus tanpa putus itu baru tandanya tidak boleh mandahului
      Namanya jalan umum ya harus saling mengalah
      Makanya jangan laju2 kalau belum handal…
      Berani laju berani terima resiko

      • Posisi rider1 dan 2 itu dipinggir bro .sedangkan yg 3 ditengah makanya no 1 dan 2 aman.

        Mesipun rider 3 agak ketengah tpi dia masih menggunakan jalur yg bener loh…

        Coba perhatiin videonya.. ayla tiba2 nongol ya kagetlah….

        Jngan jdikan alasan marka putus utk membenarkan prilaku pengemudi ayla…

        Lihat sikon dlu dong kalau mau nyalip meskipun marka putus…

  2. Menurut saya yg salah pengemudi ayla. Dalam kondisi tersebut tidak dibenarkan pengemudi mobil ambil jalur pengendara r25 yg berlawanan arah. Kalo pengemudinya ayla tau kondisi pasti mengurungkan niat utk nyalip elf. Menurut anda gimana?

    • sama sih, secara teori ayla salah
      tapi secara praktek kebiasaan di Indonesia aturan itu tidak berlaku

      kalau menurut ane, silahkan menyalip asalkan tidak mengganggu pengendara yang berlawanan. dalam artian pengendara lawan arah masih bisa jalan/maju dengan leluasa (space cukup).

  3. Menurutku ga ada yg saling menyalahi. Rider celaka krn kesalahannya sendiri. Alya juga celaka dg posisi berada bukan di jalurnya.

  4. Pada sotoy..
    Ini lah resiko touring, kecepatan cukup tinggi, kurang konsentrasi, saat ayla nyalip kanan si elf, 2 motor r25 di depan cepat reaksiny ngerem ambil badan jalan ke kiri, r25 yg belakang kaget karena kurang konsentrasi bawa motor, kaget motor di depanny ngerem tiba2 plus kaget liat mobil depan nyalip kanan, ban depan hilang traksi lalu dlosor..
    Tetep ayla yg bersalah disini..

  5. kalo menurut ane, driver Ayla yg lebih salah gan…
    driver Ayla nekat mau nyalip padahal lawan arahnya lagi rame.
    rider R25 keliatannya kaget banget, entah rada ngelamun atau sebelumnya ketutupan motor depannya.

  6. dr situasi 2 mtor d depan bs menghindar pdhal lebih deket dr mobil.
    udah jelas rider k3 ini lg ga konsen.

    mobil kaleng biasa punya otak kyk pengendara roda 2, yg suka nyalip se enaknya. lupa kali dia klo lg bwa mobil

  7. kalo ada rambu dilarang nyalip dan atau marka jalan tidak putus putus, 100 persen mobil salah.

    tetapi kalo tidak ada rambu dilarang nyalip dan marka putus-putus artinya boleh menyalip bila kondisi dianggap memungkinkan, maka ane condong motor r25 yang salah karena lost konsentrasi berakibat single accident dengan dampak susulan menabrak properti orang lain. argumennya:
    -masih ada space ke sebelah kiri yang lebih dari cukup. 2 bikers terdahulu fine fine aja tuh. argumen: emang selebar apa sih motor, sehingga dia mau ngotot untuk tetap berada di lajurnya, dan konyol untuk lebih memilih tabrakan?
    -siapapun yang terbiasa bawa mobil (aku gak bilang yang komen mobil salah di atas tidak terbiasa bawa mobil ya) apalagi konteks nya jarak jauh, dengan cruising speed cenderung tidak mau berada di belakang elf, why? gak usah ane jelasin.

    intinya: siapapun yang membawa mobilnya pasti akan mempunyai kecenderungan seperti driver di artikel ini. dan siapapun biker waras akan cenderung memilih untuk tindakan 2 biker yang memberi ruang, dengan asumsi suatu ketika dia (dua bikers yang terhindar tabrakan ini) bertindak menjadi driver dia “ingin” diperlakukan serupa.

    biker and driver eye’s of beholder.

      • tetap lebih salah ayla.. biarpun garis putus-putus menyalip kendaraan lain dengan kondisi mengarah ke tanjakan sangatlah berbahaya!

  8. kalo mobil gak nyalip, r25 gak kaget trus gak terjadi kecelakaan.
    garis putus putus tidak bisa jadi pembenaran boleh masuk jalur lawan dengan asumsi ada space. anggaplah rider 1,2 jago, lha kalo abis itu misalnya emak emak naik matic, bisa jadi adu banteng toh??

  9. Salah dua-duanya om. Ayla kurang perhitungan. Tenaga segitu2 aja salip dkt bgt jedanya serasa pakai mobil 2000cc
    Kalau motor panic brakingnya terlalu dalan ngerem dan ga liat kondisi jalanan kalau lg kondisi hujan licin. Masalah kecepatan krg tau itu kecepatab brp plus perhitungan kalau bobot berat rem mendadak dan mengunci sulit di atur ga seperi macam bebek/matic turun kaki udah bisa stabilin sedikit. IMHO

  10. R25 yg jatuh brarti ada salahnya jg om krn kurang konsentrasi. Mengendarai butuh konsentrasi jg. Kalau sudah mulai ga konsen seharusnya istirahat atau berjalan sesuai kecepatan peraturan 60kmj atau kurang dr itu om krn bukan jalan tol yg minimun 60kmj dan maks 80kmj rata2

  11. Ini jelas lose control atau sedikit ngelamun, pernah ngalamin saat ngantuk “hilang” tiba2 ana rasa inilah yg terjadi pada rider ketiga, terbukti dr posisinya yg terlalu ketengah, ana juga biasa sunmori disana, tp ga berani terlalu ketengah karna banyak tanjakan turunan tikungan blind spot dr kedua arah

  12. Sebenernya sebelum kejadian itu kan kondisi jalanan menanjak (untuk rombongan R25) lalu langsung menurun. Jadi termasuk tanjakan buta. Kalau melihat dari perspektif pengendara R25 yang terjatuh ada kemungkinan dia kaget karena setelah melewati tanjakan dan akan menurun ternyata ada Ayla yang menyalip.
    Kenapa 2 rider di depannya bisa tanggap? Karena kedua rider punya wakyu lebih banyak untuk melihat dan merespon keberadaan Ayla yang masih jauh dari tanjakan. Sedangkan rider yang jatuh hanya sempat melihat Ayla setelah tanjakan namun posisi Ayla sudah lebih dekat.

    Permasalahannya kenapa marka garis lurus putus-putus? enggak dibikin lurus saja dari tikungan (arah Ayla) sampai tanjakan dimana rombongan R25 berada. Jaraknya dekat padahal antara tikungan dengan tanjakan. Belum lagi posisinya tikungan buta.
    Terus road captain’nya atau rider terdepan kenapa tidak memberi aba-aba? Kalau melihat dari perspektif mereka karena kejadian berlangsung cepat.
    Kenapa Ayla nekat yalip? Karena marka garis putus-putus jadi boleh saja. Tetapi tidak etis dan nekat karena di tanjakan.
    Kenapa rider yang jatuh enggak tanggap dan siaga? Karena tikungan buta.

    Intinya satu, pembuatan marka’nya kurang perhitungan. Penting membuat marka yang benar, apalagi mematuhinya.

  13. Lha ya jelas ayla yg salah to?
    knp pd bingung ya?
    tikungan menurun lepas 50m sdh dipastikan masih marka putih dilarang mendahului..
    r25 ada agak di sblh kanan emg salah?
    salah nya apa coba?
    itu garis putus” om!
    touring emg harus gitu, gak sejajar kaya laron bru putus sayap nya!
    r25 yg di depan bisa hindar krn momentum doang. SEKARANG COBA AJA BERTIGA PAPASAN SAMA BIS, YG DEPAN UDAH BISA AMBIL JALUR YG BELAKANG UDH KEBURU KETUTUP!!.. Yg blkng udh gk kabagian, si okb ayla ngebut kaya mau beranak!
    ..
    dilihat bolak balik jg ayla yg nyolot gk pake rem berasa bawa maserati yg dapat melibas elf secepat kilat, biasa okb kaya gitu mah!
    ..
    r25 kurang fokus aja.. Tp gak salah! Org ada di jalur yg bener kok bisa salah. Hahahaaaaaa,,,

    • Klo r25 maksa menepi kiri pilihannya masuk gravel ato nabrak temen di depan!
      deselerasi motor sport rpm tinggi gk semudah ngamati screenshot video!!
      paham gak?!

    • tapi ayla overtaking juga di garis putus-putus pak dan seandainya rider ke 3 lost grip dan motornya ga ketengah pun itu ayla ada chance lolos.
      disini bukan salah siapa-siapa.. tapi teknisnya antara kondisi jalan dan marka dan blindspot. gitu lho.

  14. menurut ane si , dari kejadian ini emang lagi sama2 apes karena emang kedua kejadian ini tidak bisa di duga , ane yakin dari sisi pengendara mobil pasti kalau ada di posisi ayla pasti akan menyalip , begitupun dengan rider nya , kalau konvoi pasti gamau sampai ketinggalan barisan , untuk para korban semoga menemukan penyelesaikan yg terbaik dan untuk kita semua jadikan pelajaran saja tidak usah didebatkan toh sudah kejadian juga apalagi sudah mau mudik , lebih hati2 di jalan .

  15. nih video full version : https://www.youtube.com/watch?v=mU_WrCeU3lI
    rider r25 tolol abis, udah tahu jalan licin abis hujan tapi masih aja ngebut diatas 90kpj .. ketika ada mobil nyalip & kecepatan diatas 90kpj + motor agak mepet marga jalan + rem dadak jelas kagak sigap ..

    klo liat motovlog di lembang kebanyakan kebut-kebutan sambil miring2 ala motogp di sirkuit ..

    • Mau ngebut atau ngga jelas berada pada jalur yang benar.

      Pakai logika dasar lah bro, yg salah ya yang ngambil jalur berlawanan. Mau marka putus putus kek atau ga ada marka sama sekali. Mikir…

  16. bisa dikatakan 22nya sial sih.
    kalo kata admin yroi bandung, si ayla itu nyalip beberapa kendaraan sekaligus dari bawah dengan kecepatan tinggi, motor yg paling depan udah ngasih dim, tapi ayla mungkin udah nanggung.
    nah motor yg celaka itu kaget dan ngerem kuat2, (kayanya r25nya yg gapake abs) jadi motor malah ngunci dan sliding.
    Tapi baru kali ini liat mobil nabrak motor bisa terbang.

    • itu bisa terbang karna ada hambatan/ganjalan secara mendadak di sebelah sisi (titik berat mobil gan). liat aja kalo stuntmant2 di film make mobil yg muter. pasti juga spin.

  17. entah rider R25 terhalang rider didepannya/blind spot trus kaget kecelakaan tunggal, ane sendiri menyimpulkan jaraknya masih cukup jauh saat R25 jatuh, sepertinya driver ayla melihat tapi masih nekat meneruskan menyalip bukannya berhenti. disitu letak salahnya. drivernya egois mau menang sendiri ngambil jalan berlawanan apalagi lawannya cuma R2 kalo udah kejadian mau seolah berdalih lepas tanggung jawab…. ckckckckc

    saya bawa mobil juga ngak nekad seperti itu boz, menghargai lawan arah meskipun seekor R2. mencegah hal2 yang tidak diinginkan itu lebih baik.

  18. Coba deh liat klo anak motor lg konvoi pasti dianggap jalan milik sendiri atau jalan ketengah (ada byk bukti dan saksi)

    Katanya SESAMA BIKERS HARUS DAN WAJIB BROTHERHOOD TP ADA KECELAKAAN SPT INI DIMANA LETAK BROTHERHOOD NYA SESAMA BIKERS??? Yg ada cuma bisa bantu kasih komen lah, bantu tenaga lah, bantu pikiran lah, bantu sebar berita lah, dll tp liat aja dgn mata kepala sendiri gmn kelakuan bikers klo lg konvoi dgn sesama bikers, apa ada letak BROTHERHOOD NYA??? Yg ada pengendara lain apapaun tanpa kecuali disuruh minggir, spt itu letak BROTHERHOOD, HEBAT BIN GENIUS DEHH POLA PIKIR BIKERS DGN SLOGAN NYA, wuahahahahaaaaa

  19. inti nya

    fbh menyalahkan R25 karena itu buatan yamaha yang bukan bagian dari astra

    fby menyalahkan daihatsu, karena itu lgcc buatan astra yg 1 payung sama AHM

    :v

  20. si rider itu dpt blind spot (ketutupan rider depannya) jd gak liat ada ayla mau nyalip, tp si ayla kurang baik jg nyalip di tanjakan, karena dalam berkendara kita semua harus sigap, karena kita gak tau kapan org lain lengah.. kenapa 22nya salah? si rider kurang awas, mungkin meleng, krn keliatan itu dia kaget ngeremnya, si ayla juga salah, karena dia terlalu percaya sama kendaraan yg ada di lawannya bakal ngasih jalan. kita musti paham jalur masing2, istilah kata mau nyalip itu harus permisi sama kendaraan sisi lawan krn kita posisinya minta dikasih lewat yg punya jalan, kalo yg punya jalan gak mau ngasih (sengaja atau memang lagi gak bisa) kita juga ga boleh memaksakan diri. jadi kalo ditarik kesimpulan kesalahan rider 35%, ayla 75%. Perlu diketahui, posisi nyalip itu kita minta jalan, kalo depan kita kasih lewat baru kita lewat, dalam kasus ini biker 1-2 kasih lewat, berarti biker 3 gak kasih lewat (mungkin krn blind spot td), nah makanya gak bisa disalahain 100% krn memang jalurnya si biker, entah dia mau ketengah atau gak, selama masih dalam jalurnya, lain hal dia lambat di tengah, itu namanya bukan biker, tapi ibu2

    • DISINI NDAK ADA ISTILAH BLIND SPOT SOALNYA PAS NYALIP JELAS2 KELIATAN KOK ITU MOBIL NYALIP, (KECUALI SI BIKER BENGONG DLM KECEPATAN 80 KPH) UNTUNG2 CUMAK NABRAK AYLA BUKAN NABRAK BIS AKAP APALAGI NABRAK STUT JACK, SDH PASTI DITINGGAL LARI, SOALNYA NGEJAR WAKTU,….

  21. Ini sih, Driver ayla yang bodo, maklum sama sama astra, jadi thinking capacity nya rendah sekelas FBH, wkwkwkwk

    Kasian rider R25, udah jalan di lajur kiri, kepleset, motor ancur, masih di bully di dunia maya,.. :mrgreen:

    • PAS NYALIP KELIATAN KOK ITU MOBIL NYALIP, UNTUNG2 CUMAK NABRAK AYLA BUKAN NABRAK BIS AKAP APALAGI NABRAK STUT JACK, SDH PASTI DITINGGAL LARI, SOALNYA NGEJAR WAKTU, UDALAH KALOK NDAK HIDUP DIATAS RODA, NDAK USAH NGASIK JUDGE..!!!

  22. Broo…ane anggap ayla sesuatu rintangan/hambatan/kecerobohan yg harus direspons bikers sepanjang perjalanan yg seringkali muncul hal tsb…rider depan kemungkinan besar satu klub telah kasih tanda kaki kanan diturunkan…agar direspon rider belakangnya utk menghindar kekiri..dan bukan harus hard braking…tp apes entah kaget ato kurang bisa kontrol keadaan/kendaraannya. Keep safety riding…wassalaam

  23. Pendapat saya sebagai rider r25
    ban sudah pake michelin…
    Kemungkinan skill ridernya atau kecapekan kehilangan konsentrasi…
    Faktanya.. dia ga ngerem.. terlihat dari lampu rem belakang ga nyala..
    Untuk motor 250 cc… walaupun handling R25 dahsyat.. dalam kecepatan diatas 80 km/jam.. menghindari sesuatu kudu pas merebahkan badan.. bukan stirnya saja..
    Karena posisi ditengah deket marka jalan kelihatan ridernya panik .. belokin stir tanpa diimbangi gerakan badan.. akibatnya kehilangan grip.. dan dlosor deh…
    Secara fakta.. kesalahan pada driver R25.. harus diakui..

  24. menurut ane no offense jg, menurut ane pengendara r25 no 3 tidak siaga saking enaknya ngebut, sedangkan no 1 dan 2 waspada. ingat priorotas didahulukan kendaraan menanjak bukan menurun, jadi menurut ane ayla sudah benar dia nyalip yg lelet karena garis putus2 dan menanjak. rider r25 aja yg keenakan lupa diri, ngelamun, kaget dan tidak menguasai kendaraannya.

  25. dan ingat lagi posisi bukan ditabrak, rider r25 yang jatuh duluan karena kaget dan rem mendadak tanpa ABS pula dan jalanan habis hujan licin, dan ketengah menghantam mobil. logikanya jika pengendara r25 no 3 waspada, tidak akan terjadi hal seperti itu.

  26. kondisi yang ada di video:
    1. jalan licin
    2. jalan melengkung (kedua arah menanjak sampai titik tabrakan)
    3. blindspot dari dua arah
    4. 2 pengemudi r25 di depan sudah di posisi puncak (dengan begiu mereka bisa melihat kendaraan lawan arah)
    5. posisi r25 yang jatuh tidak bisa melihat kendaraan lawan arah karena masih berada di jalan menanjak
    6. posisi r25 yang agak geser ke kanan itu disebabkan karena habis membelok ke kiri (motor sport beda dengan motor bebek yang bisa lincah saat belok apalagi jalan licin harus hati hati, gak boleh paksa nikung)

    hipotesis kesalahan:
    1. jalan menanjak dari dua arah harusnya tidak diperbolehkan menyalip, apalagi jalan tersebut di pegunungan yang jalannya sempit (ayla salah)
    2. jalan basah menyebabkan r25 jatuh karena hard braking, mungkin kalo nggak ngerem r25 nya bisa kesenggol ayla meskipun sudah menghindar (r25 salah)
    3. jalan arah datang mobil cukup lebar di bagian kiri mobil, seharusnya si ELF kalau mau memberi jalan lebih awal hal ini gak akan terjadi, si ayla bisa nyalip tanpa nabrak. (elf salah)
    4. elf jalannya pelan, kalau jalan agak ngebut mungkin ayla gak akan nyalip saat itu. (elf salah, atau ayla yang salah nggak nyalip sejak awal)
    5. kemungkinan si pengemudi ayla itu suka ngebut. terlihat dari sticker yang ada di kendaraan. dia gak sabaran dan nyalip pas jalan nanjak, apalagi jalan nanjak itu kalau nyalip kan butuh tenaga besar, sedangkan ayla aja tenaganya gak seberapa buat nanjak. dilihat dari kondisi jalan juga kurang memadai untuk sebuah mobil menyalip karena arah lawan arus masih banyak motor berjejer. (ayla salah lagi)

    kesimpulannya jalan nanjak itu gak boleh nyalip karena blindspot, apalagi tenaga kendaraan tidak cukup untuk menanjak kecuali kendaraan “mahal” seperti fortuner, namun fortuner sendiri juga tetep gak boleh nyalip di jalan itu karena bodynya bongsor dan lebar. kalau ada kendaraan yang mau nyalip harusnya dikasih jalan, minggir ke kiri bukannya malah anteng di tengah. pengendara motor memang kecil dan sulit terlihat oleh pengendara mobil, namun mereka bukan serangga yang bisa diabaikan begitu saja. hormati pengendara lain yang lewat, jangan memaksakan kehendak jika kondisi tidak memungkinkan. dan saya sendiri menyalahkan pengendara ayla karena menyalip tanpa melihat kondisi lawan arus, membahayakan pengendara lain dan menyebabkan kecelakaan.

    ini hanya opini saya karena saya hanya melihat kejadian melalui video, bukan secara langsung di tempat kejadian. jika di antara kalian ada yang lebih “pintar” membaca video saya akan “menerima” jawaban anda.
    saya sendiri adalah pengendara motor yang juga sering melihat kejadian berbahaya di jalan, namun saya tidak anarkis. saya selalu “takut” saat menyebrang dan cenderung memberi jalan orang lain dulu. saya tidak seperti pengendara motor kebanyakan yang ugal ugalan di jalan, atau seperti “orang tua” yang takut terhadap kondisi jalan raya dan cenderung berjalan pelan. saya hanya memaksakan kehendak saya untuk ngebut jika memang waktu sudah mepet dan jalan yang cukup mendukung untuk ngebut. memaksa menyali sama saja mengurangi kesempatan orang lain untuk berjalan karena mereka akan mengerem. ini semua adalah opini saya, dan saya tidak dibayar atau terafiliasi oleh produk yang bersangkutan. jika kejadian itu terbalik (ayla ditabrak oleh r25 yang menyalip) maka dengan jujur saya akan menyalahkan si pengendara motor.

  27. AAHH…. BIASA ITU ROMBONGAN MOTOR KALOK SDH TOURING RAME2 LAGAKNYA KAYAK RAJA JALANAN MAKAN JALUR TENGAH… UNTUNG ITU CUMAK AYLA, COBAK KALOK LAWANNYA BIS AKAP (TRUTAMA YG MURIAAN ATO SUMBER SELAMAT) YG SOPIRNYA SUKAK NGEBLONG & MAEN TIPIS & AGAK PREMAN, MAKA BS LAEN CRITANYA ITU…..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan