Recall Gir Pompa Oli R25 Memang Bagus Untuk Meningkatkan Pelayanan, Tapi…

r25 recall oil pump gears

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin ramai dibicarakan mengenai recall yang dilakukan yamaha jepang, yang kemudian dilanjutkan yimm. Motor yang di-recall adalah motor yang berbasis engine milik r25. Dimana salah satu yang paling penting/urgen adalah recall atas kasus ketidak sesuaian spesifikasi gir pompa oli.

Mengapa motogokil katakan paling penting, karena seperti yang pernah motogokil tulis, dapat berdampak pada kerusakan mesin tanpa gejala apapun sebelumnya. Sehingga sulit untuk diantisipasi saat terjadi kerusakan diawal sebelum merembet ke komponen lainnya. Baru diketahui ketika piston ceket (jam) dan mesin ambrol, karena oli tidak naik sama sekali untuk melumasi head dan piston.

Dan yamaha dan yimm sudah sangat bagus sekali, mengumumkan secara terbuka pe-recall-an atas kasus di atas. Hanya saja apa yang dilakukan yamaha dan yimm kesannya terlambat. Karena seperti yang ane tulis di artikel sebelumnya, kejadian tersebut telah terjadi di awal bulan februari 2016. Dan ternyata (katanya) sudah ada beberapa kejadian di malaysia. Pada artikel tersebut saja, tergambar 2 motor yang gir pompa oli nya bermasalah.

Sebelum yamaha jepang mengumumkan recall (kemudian disusul yimm), telah terjadi kegaduhan dunia maya otomotif Indonesia, akan rusaknya gir pompa oli r25. Meskipun motogokil sudah mengabarkan 4 bulan sebelumnya. Artinya kejadian seperti ini terus berlanjut, menimpa beberapa owner r25 lainnya sampai dilakukannya recall.

Masih mending jika sempat ketahuan, kalau gir pompa oli hanya aus atau sedikit rompal. Artinya pompa masih bisa berputar meskipun tidak sempurna. Oli masih sempat bersirkulasi meskipun tidak lancar, sehingga bagian head, piston dan silinder terhidar dari kerusakan.

00 gir pompa oli pecah 4

Tapi kalau sampai pecah, dan owner tidak menyadarinya, ya sudah wassalam dengan engine-nya, terutama bagian atas.

00 gir pompa oli pecah 5

Tentunya akan timbul pertanyaan, mengapa analisis yang dilakukan yamaha jepang memakan waktu yang lama ? Jawabannya ada beberapa kemungkinan :

  1. Yamaha jepang masih ragu akan penyebab terjadinya mechanical failure tersebut.
  2. Dan juga yimm masih menganggap belum perlu recall, karena dianggap “insidentil”.
  3. Atau pabrikan menganggap sebagai kesalahan user dalam memperlakukan motornya
  4. Kejadian dianggap kurang dari 1% dari barang/motor yang jual ke konsumen

Kalau menurut motogokil, poin ke-4 yang biasanya dijadikan alasan untuk recall. Mengacu pada kasus penggantian sok depan satria fu fi, barangkali untuk yamaha persentasinya berbeda. Permasalahannya adalah, pompa bisa aus, rompal bahkan pecah, dikarenakan motor digunakan untuk kecepatan tinggi yang lama (balapan). Sedang jika digunakan normal untuk harian hampir tidak terjadi masalah. Dan biasanya mekanik balap banyak meng-oprek bagian head, silinder, tb, ecu dan radiator, sedangkan bagian ini jarang disentuh.

Dan kemungkinan owner r25 yang hobi balapan juga tidak banyak, sehingga kejadiannya relatif sedikit, dan tidak begitu terlihat (muncul ke permukaan media masa). Ketika banyak blogger membahas kejadian ini (mulai di akhir mei sampai awal juni 2016), barulah gaduh. Dan barangkali baru menarik perhatian yamaha jepang dan juga yimm, untuk menganalisi dan mengambil keputusan recall.

Jadi menurut motogokil, recall yang dilakukan yamaha adalah suatu tidakan yang terpuji. Sangat bagus sebagai pelayanan terhadap konsumen. Akan tetapi seharusnya tidak terlalu lama dari kasus-kasus yang mengindikasikan kejadian tersebut. Kasihan juga owner r25 yang harus turun mesin total, harus mengeluarkan dana yang sangat banyak jika dibandingkan harga gir pompa oli.

00 gir pompa oli pecah 6

Saran motogokil buat yamaha, juga pabrikan lainnya seperti honda, kawasaki dan suzuki, jangan abaikan suatu kejadian (error) yang “out of box”, yang tidak biasa terjadi. Harus diinvestigasi, ditindaklanjuti dengan pengujian yang serupa dengan kondisi sebelum error terjadi (simulasi dengan produk yang sama). Kemudian jika benar hal tersebut bisa terjadi, maka segera mengumumkan ke semua jariangan dealer dan bengkelnya. Jangan takut dinilai “minor” oleh orang awam, karena ini demi pelayanan konsumen, kasihan konsumen kalau sampai kenapa-napa, apalagi di jalan luar kota yang jauh dari bengkel, pas puasa lagi…bisa nangis darah (lebay mode on).

Ditunggu juga nih recall dari honda dengan kasus tensioner kampratnya (LAT) new cb150r. Yamaha dengan ring piston nvl-nya, juga dari suzuki dengan sok depan satria fu 150 fi. Serta yamaha dengan per sok belakang nmax yang sangat keras, dan yang lain sebagainya (yang belum motogokil ketahui).

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

37 Komentar

    • motor sekarang semua gir pompa oli dari plastik pak, mo motor semahal apa dari plastik sebagai preventif jika terjadi kemacetan pompa oli, maka gir plastik yg diharapkan hancur duluan, dan pecahannya tidak berbahaya bagi mesin.
      coba bayangkan jika gir pompa terbuat dari metal, jika pompa oli macet maka girnya. akan hancur yg serpihannya bisa masuk ke dalam ruang gearbox, jika motor sedang melaju kencang, alamat wasalam

  1. yamaha dengan per sok belakang nmax yang sangat keras –> seperti kagak ada recall dah karena nmax produk global berarti onderdil yang dipake di dalam negeri ato luar negeri sama semua ..

    semisal, nmax dlm negeri sok empuk & luar negeri sok keras –> bukan produk global lagi

    wkkkk

  2. parah sembrono bgt tuh yimmpret, kirain tankinya doang yg pake plastik ember, eh taunya dibagian vital kaya gear juga pake plastik ember…

    😀

    motor dewa???
    prett!!!
    motor bantar gebang iya

  3. seharusnya klo mau preventif mending pake material yg lebih kuat sekalian, jangan cuma alasan minimalisir cost malah jadi blunder

    😀

    selamat buat para konsumen r25, anda telah menjadi kelinci percobaan yamaho… ati ati rayuan sales gombal aja deh

  4. buat owner r25; jika mesin demam berlebihan, salah satu tanda gagalnya mekanisme pompa oli, segera dirujuk ke bengkel resmi untuk mendapat penanganan segera

  5. sebelumnya selamat puasa buat semua…
    om gokil, apa aja pengaruhnya jika gear pompa oli rusak?
    apakah mesin jadi tambah panas? atau langsung macet?

    ane punya r25 alhamdulilah rasanya masih normal…
    mohon penjelasan ya om gokil… trims

    • Yang pertama kali harus diketahui adalah penyebab kerusakannya
      Menurut informasi, salah satu penyebabnya adalah kerja yang terlalau berat (over limit). Yaitu rpm terlalau tinggi atau yg lainnya, karena digunakan untuk balap (mungkin juga bisa terjadi jika melahap jalanan panjang puluhan/ratusan km dengan kondisi gas penuh/full throttle). Jadi kemungkinan besar kalau untuk penggunaan biasa/harian, insya Allah tidak ada masalah.

      Kalau gir pompa oli sampai pecah, maka pompa oli tidak akan berputar. Tidak ada tekanan untuk menaikkan oli ke poros crankshaft, piston-dinding silinder, camshaft/nokenas dll. Bagian-bagian tersebut akan mengalami panas berlebih, selanjutnya memuai dan aus. Khusus untuk piston, ia akan terjepit di dalam bore (ceket). Kalau sudah demikian maka stang piston bisa patah, menghantam dinding crankcase sampai jebol. Crankshaft dipastikan oleng dan harus di balance lagi.

      Artinya harus turun mesin total

  6. Kalau baca Recall yg dilakukan Jepang itu gear pompa oli Dari bahan Resin/polyoxymethylene / Delrin bahan tsb terlihat seperti plastik tapi lebih kuat dari plastik tentunya. Motor2 modern termasuk moge memaikainya keuntungannya suara lebih lembut plus minus gesekan. Dimana oil pump tidak bekerja sekeras gear yg lainnya didalam Mesin Dan kelebihan lainnya apabila motor mengalami kerusakan dibagian ini serpihan tidak merusak bagian lainnya didalam mesin saat harus terbawa sirkulasi oli didalam mesin. Material logam seolah tampak kuat tapi tidak juga dipastikan lebih kuat kok, contoh gear starter yg jarang pake saja bisa rompal. Balik lagi ke cara pemakaian , frekuensi penggantian oli Dan jenis oli yg Sudah sesuai spesifikasi mesin.
    Kalau pun tetap terjadi kegagalan entah Dari Vendornya yg buruk QCnya atau hal teknis seperti bentuknya Dan kekuatannya yg tidak sesuai standard Yamaha atau karena lagi sial dapat material yg kurang bagus udah seharusnya melakukan Recall. Justru Di Indonesia permasalahan yg paling bantam bukan oil pump tapi bearing kopling.
    Alhamdulliah sbg owner R25 pemilik 250 orang pertama lewat pembelian online 2014 sampai saat ini R25 ane aman2 saja parts mesin masih 100& ori, pemakaian 15++ Cara bawa sering gas poll dan touring berkala..Seandainya R25 ane dipanggil ane mah senang saja ada penggantian gratis bikin tambah sehat. Sebelumnya banyak owner yg bermasalah bearing mengganti dengan aftermarket yg lebih baik . Last Recall itu hal biasa didunia otimotif, yang penting pabrikan bertanggungjawab melakukan perbaikan secara gratis untuk kendaraan yg terdapat masalah.

    Oh ya dengan ajang Sunday Race dan ITS banyak banget loh Owner R25 hobi balap yang ikutan dan diajang resmi seperti Kejurnas 250 juga lebih banyak pemakai Yamaha begitu juga ARRC. Tapi banyak juga yang ngak kenapa-kenap tuh pompa olinya kalau bearing memang banyak yang udah ganti aftermarket biasanya merek SKF

  7. Yamaha r25 setahu saya indikator Spidonya cukup komplet kalau Oli tidak naik akibat gir oil rompal kemungkinan besar Spido bisa mendektesi lampu OIL kelap-kelip (Suka terjadi kalau lama ngak diservis mungkin sudah tinggal sedikit) juga temperatur biasanya akan naik.
    Dan Biasanya mungkin ecu yang biasa membaca kesalahan biasanya angka kesalahan muncul di spido R25 seperti contoh kalau kelistrikan bermasalah muncul angka 46.
    Tapi tetap Recall sangat menguntungkan pemakai agar motor tetap sehat dengan adanya biaya pengecakan dan perbaikan secara gratis. Semoga Recall menjadikan biker dewasa karena yang diuntungkan konsumen.

  8. Maksudnya bearing kopling banyak yang ganti aftermarket walau yang orisinil tidak ada masalah dan bisa jadi awet bertahun-tahun seperti R25 saya tapi untuk menjaga-jaga atau ikutan karena memang terdengar salah satu penyakit R25 ya bearing kopling yang kebetulan kena Recall juga.

  9. Kiprok R15 jg katanya bermasalah ya? Ada 2 org tmn yg ngeluh kiproknya rusak (NO HID) dan skrg susah bgt nyari gantinya.
    Sy sendiri ngetes nanya ke bbrp dealer YIMM terdekat (R-shop) katanya parts R series sedang ditarik dan diinspeksi lg. Posisi sy di Depok, silakan sambangi dealer2nya klo penasaran.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan