Bahasa Pemrograman Matlab Sangat Menyenagkan untuk Simulasi dan Analisis

MATLAB language of technical computing

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Mungkin bagi bro n sis yang kebetulan kuliah di fakultas teknik, mipa dan yang lainnya, tidak asing dengan bahasa pemrograman matlab ini. Karena matlab banyak memberikan kemudahan, baik proses komputasi maupun penggambaran grafik. Untuk beberapa spesifikasi tertentu, matlab sangat mensupport analisis yang biasa dikerjakan, terutama untuk tennik elektro, karena tersedia banyak sekali toolbox yang bisa digunakan.

Artikel ini ane angkat karena kembali menghangat dalam kegiatan ane beberapa minggu ini. Setelah mencoba membantu seorang teman (saat s1 dulu) untuk menyelesaikan desertasi s3 nya (mumpung masih hangat/belum lupa), sepertinya matlab juga sangat cocok digunakan untuk analisis lainnya, selain teknik/engineering. Bisa juga untuk akuntasi, kedokteran dan banyak bidang lainnya, pokoknya seru dech.

Motogokil juga sempat beberapa kali menggunakan matlab, untuk mendukung analisis yang kemudian grafiknya menjadi figure dalam artikel mengenai engine/mesin bakar di motogokil.com, diantara adalah :

Memprediksi posisi pengapian yang optimum

optimum ignition timing

Menghitung akselerasi berdasarkan rpm dan posisi gear (gigi)

torque speed per gear

Menghitung panjang manifold berdasarkan rpm power maksimum

manifold length

Menghitung efisiensi volumetrik mesin 4-tak 125 cc

volumetric efficiency calculator

Juga untuk menghitung power dari sebuah engine

power calculator

Sesungguhnya kegunaan matlab hampir sama denga excell. Hanya saja matlab memiliki kemampunan yang jauh lebih kuat, lebih mudah dan lebih bagus gambarnya. Sehingga banyak analis yang menyukainya.

Nah untuk analisis lain (sudah sangat lama ane kerjakan/file lawas), juga sangat mendukung. Beberapa pekerjaan analisis yang terkait dengan analsis bidang khusus di teknik elektro yang pernah ane kerjakan adalah sebagai berikut

Memprediksi trafik dengan menggunakan artificial neural network (ann)

pridictor by ann

Penggambaran pola radiasi/penguatan smart antenna

smart antenna gain

Simulasi routing sistem komunkasi wireless cellular adhoc

routing smart

Gimana bro n sis, keren kan ? Juga banyak kegunaannya dan menyenangkan. Belajar sendiri juga tidak sulit, karena bahasa pemrograman matlab menyediakan “help” yang cukup lengkap. File help nya sendiri, kalau dicetak/print mungkin bisa sampai satu lemari. matlab juga menyediakan file simulasi berbentuk demo, sehingga akan sangat mudah mempelajarinya.

Bagi bro n sis yang kebetulan kuliah di teknik, mipa, kedokteran, akuntansi dan lain-lain, mungkin bisa melirik matlab untuk “alat bantu” menyelesaikan tugas-tugas kuliah, bahkan skripsinya. Bagi mahasiswa s2 dan s3 (pada fakultas dan jurusan di atas) sepertinya matlab akan “sangat” membantu dalam menyelesaikan analisis dalam tesis maupun desertasi. Bagi yang tidak mau repot, mungkin bisa menghubungi pakar-pakar matlab terdekat, mudah-mudahan mereka bisa membantu

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

14 Komentar

  1. Wew tringat masih jadul cman otak atik pascal,, if write: “bakal sepi komen pak dos” (•̃-̮•̃) ♒ђåª•ђåª•ђåª♒ (•̃-̮•̃).

    • sudah nggak ada waktu pelajari program lain
      sudah cukup enjoy dengan matlab, kalau urusan grafik biasanya sudah cukup
      karena hanya untuk menampilkan hasil analisis

  2. Aku gak tau utak-atik matlab, cuma bisa world, excell, power point, pothosop, auto cad. Tapi saiki wes gak kanggo blas program diatas soale kerjoe wes gak mbutuhno program iku maeng.

  3. anak Teknik Informatika paling parah
    lulusannya banyak masuk rumah sakit jiwa
    gara2 semua bahasa pemrograman di embat
    ngoahahahaha

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan