[Kreatif] Alat Stel Velg Manual Tapi Praktis dan Handal

stel velg pres dan ruji

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Hampir semua rider pernah mengalami masalah dengan velg motornya. Baik velg jari-jari (ruji) atau velg cw (casting wheel). Biasanya masalah velg terjadi karena motor pada kecepatan tinggi, atau kecepatan sedang tapi mengangkut beban yang berat, kemudian kejeglong/ kejeblos/ masuk lubang di jalan. Sehingga mengakibatkan velg oleng, peyang ataupun sedikit speleng.

Dan jika kita reparasikan ke ahli stel velg, maka kita akan melihat penanganan velg tersebut, biasanya manual. Untuk velg jari-jari, stel velg biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan memutar rim, untuk mengetahui keolengannya, kemudian mengendurkan dan mengencangkan jari-jari. Atau dengan cara yang lebih modern dengan menggunakan mesin pres kemudian jari-jari di-stel ulang, sampai center.

Untuk velg cw maka alat yang paling pas adalah dengan menggunakan mesin press. Akan tetapi ada ahli stel velg yang bisa menanganinya dengan cara manual, diberi tatakan kemudian di pukul dengan palu kayu. Hasil stel velg tergantung tingkat keahlian si tukang reparasi. Kadang meskipun tradisional hasilnya bisa lebih bagus dibandingkan dengan yang menggunakan mesin press.

Masing-masing teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk teknik tradisional dengan menggunakan alat ini

stel velg ruji2

Penanganan dengan alat seperti ini biasanya agak lama. Tetapi jika tukangnya telaten hasilnya akan bagus. Untuk melakukan stel velg dengan teknik ini, biaya yang diperlukan sangat murah, karena alatnya sederhana seperti alat di atas dan pemutar ruji. Tentu saja karena alat-alatnya murah, teknisi dengan modal kecil bisa membuat bengkel stel velg seperti ini. Asalkan kerjanya memuaskan konsumen, insya Allah konsumen akan semakin banyak, rezeki lancar.

Teknik stel velg secara manual dengan alat sederhana, bisa dilihat di video ini

Sedangkan penanganan dengan alat pres bisa berlangsung cepat, tapi jika tidak cermat menggunakan alatnya hasilnya justru kurang bagus. Apalagi jika setelah penanganan tidak diperiksa ulang, maka hasilnya kurang memuaskan. Alat pres semacam ini tentunya harganya jauh lebih mahal, bisa mencapai jutaan rupiah, yang hanya bisa dilakukan oleh bengkel dengan modal yang cukup besar.

stel velg pres2

Kebetulan sempat menemukan bentuk alat stel velg yang lumayan praktis, murah dan handal. Mengaplikasikan mesin pres sederhana, sehingga penanganannya bisa lebih cepat. Berikut ini bentuk alatnya

stel velg press3

Kemudian ngeceknya dengan pengamatan dan pembandingan dengan kalibrator

stel velg press check

Jika masih belum sama dengan kalibrator, maka dilakukan press lagi. Baik untuk kelengkungan, maupun untuk kelurusan bibir velg. Baiklah, mending langsung tonton saja videonya

Barangkali ada bro-bro yang mau memproduksi alat di atas, dengan harga murah. Mungkin ahli stel velg bengkel kecil bisa memilikinya. Sehingga penanganan velg yang peang tidak perlu digetok/dipukul palu lagi.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

 

 

16 Komentar

    • tergantung, jika sudah retak sebaiknya diganti
      kalau kepepet bisa juga dipakai lagi dengan cara dilas diral terlebih dahulu, kemudian diratakan dengan gerinda
      atau tidak usah dilas, tapi harus menggunakan ban dalam

      dengan catatan penting : harus lebih waspada dan mawas diri jika di jalan, apalagi jalan rusak

  1. Sam, di malang yang bisa setel pelg racing/cw dimana ya yang ajib, mio ane ban depannya peyang dikit habis hajar lubang. Trus harganya berkisar berapa untuk per pelgnya? Rencana sekalian depan belakang mau ane setel sekalian.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan