Beberapa Penyebab Penjualan Suzuki Satria Fu 150 Fi Anjlog di Bulan Maret 2016

Satria fu 150 fi vs sonic150r - Mx King

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bulan maret kemarin penjualan suzuki satria fu 150 fi anjlog, setelah bulan sebelumnya menjadi yang tertinggi di antara bebek-bebek super yang ada. Bulan februari 2016 distribusi satria fu 150 fi mencapai 12075 unit, dan banyak yang menganggapnya sebagai euforia motor baru. Dan diharapkan euforia tersebut masih akan terus berlanjut sampai beberapa bulan ke depan, seperti motor-motor baru pada umumnya.

Ternyata harapannya tidak sesuai dengan kenyataan. Pada bulan maret penjualan satria fu 150 fi anjlog drastis, anjlog 70% dengan hanya mampu mendistribusikan 3612 unit. Banyak yang mempertanyakan pencapaian ini dengan membandingkannya dengan performa engine yang diusung satria fu 150 fi, yang jauh di atas rival-rivalnya.

Berikut ini tabel dan grafik distribusi satria fu 150 fi dan saingan terdekatnya sonic150r, selama januari sampai maret 2016.

satria injeksi vs sonic jan-mar 2016 aisi chart

Beberapa aspek (menurut motogokil) yang bisa menjadi penyebab rendahnya distribusi satria fu 150 fi, yaitu :

  1. Dealer kurang banyak. Seperti halnya motogokil ketika ingin melihat, mencoba dan membeli satria fu 150 fi ini harus menempuh jarak 10 km lebih. Sedangkan untuk mendapatkan sonic150r cukup mudah. Hanya cukup menempuh 3 km, sudah bertemu dua dealer, dan dalam jarak yang tidak terlalu jauh ada dealer lagi.
  2. Tim marketing suzuki kurang gigih dalam memasarkan satria fu 150 fi, sedangkan honda punya tim swat.
  3. Dari banyaknya dealer dan bengkel yang tampak, bagi “orang awam” tentunya mereka akan beranggapan akan mudah untuk servis dan beli sparepart (after sales).
  4. Masih terpatri di kebanyakan benak orang awam, bahwa sparepart suzuki mahal, karena asli dari jepang, tidak ada yang kw. Sehingga jika mereka akan melakukan penggantian, “khawatir” akan mengeluarkan biaya lebih mahal dibandingkan kompetitor. Meskipun kenyataannya tidak demikian, kenyataannya harga spare part sama saja, bahkan ada yng lebih murah dari kompetitor dengan kualitas yang sedikit lebih bagus.
  5. Performa suzuki satria fu 150 fi sangat bagus, jauh lebih tinggi dibandingkan kompetitor. Katanya fbs, yang membeli satria fu 150 fi adalah “konsumen cerdas”. Mungkin benar, akan tetapi “konsumen cerdas” tidaklah banyak,  dan konsumen yang tidak terlalu memperhatikan performa jauh lebih banyak.
  6. Harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan rival-rivalnya. Jika konsumen menganggap performa di jalan akan sama saja, maka yang dijadikan pertimbangan terpenting adalah style dan harga.
  7. Penampilan satria fu 150 fi relatif kurang “memukau” jika dibandingkan satria karbu. Apalagi jika dibandingkan dengan rival-rivalnya, membuatnya semakin berat untuk bersaing memperebutkan hati konsumen.
  8. Kebanyakan konsumen tentunya ingin irit dalam hal bahan bakar. Satria fu 150 fi dengan cr 11.5:1 tidak memungkinkan diisi premium. Yang ideal pertamax+, kalau terpaksa minimal pertamax.
  9. Kita semua faham bahwa sebahagian besar penikmat motor bebek ayam jago adalah abg. Tentunya abg tidak punya uang, dan harus minta orang tua untuk membeli motor. Maka keputusan ada di orang tua, dan orang tua (mungkin) akan menjadikan hal ini sebagai pertimbangan :
    • Harus honda, karena sebahagian besar generasi tua adalah fbh
    • Katika melihat brosur, biasa jadi orang tua merasa satria fu 150 fi terlalu kencang untuk anaknya
    • Harga jual kembali juga menjadi perhatian, akan dijual kembali saat orang tua membutuhkan uang

Itulah yang bisa motogokil rasakan dan sampaikan. Semoga saja bisa menjadi bahan pemikiran fihak suzuki dan fihak-fihak yang terkait dengan kesuksesan suzuki di pentas permotoran nasional. Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

66 Komentar

  1. TAHUN 2008 2009 dimana penjualan yamaha imbang dan menyalip penjualan honda..itu era sudah tidak ada lagi istilah ngikut orang tua.
    sehingga mindset karena membelikan adalah bapak bapak sudah tidak berlaku.
    kemudian sekrang tahun 2016 dimana remaja era tahun 2008 sudah mapan dan membeli motor sendiri…
    jadi pertanyaannya apakah masaih relevan klo selalu memakai alibi honda laku karena minsed ngikut orang tua.
    lalu kenapa skr ms honda malah makin tinggi..padahal banyak yang mengatakan motor bosok cat kiwir kiwir…tetapi tetap laku terjual.
    apakah masih karenaa dibelikan orng tua.
    dalam bisnis tentu tak terlepas dari marketing..
    strategi ini yang menurut saya unggul honda.tau apa yaang dimau. bikin motor yang bisa tahan hingga 5 tahun. bukan cumaa enak 2 tahun pertama. bukn cuma tampilan saja.
    itulah konsumen cerdas.
    1. mikir purna jual
    2. ketersediaan suku cadang

    • Curhat.
      Ga nyesel punya cs1 meski di beliin ortu.
      Desain yg tahan lama cuma ubahan kaki sm shock biar proposional.
      Kl sama” terawat, di jejerin sm motor 2008 msh fresh di domba banci kok.
      Mesin ga rewel juga. Meski susah kl servis di ahass
      Bpkb honda jg mahal kl di sekolahin.
      Udah gt aja sekian terima kasih

  2. tetep pilih hondah lah…
    aftersalesnya oke punya bengkel..sparepart dmn2!!
    ngapain beli motor dealer byk tutup..bengkel jg tutup..sparepart susah..!!

    nyusahin…!! beli yg pasti2 aja…enak to!!!???????

    gitu aja kok revot!!!

    plg2 dlm hitungan beberapa tahun kedepan sijuki musnah hilang tak berbekas dibumi nusantara..dunia..!!
    makin ga laku..makin bangkrut sepertinya!!!
    (kecuali roda 4)!!!

    bye bye sijuki!!! kacian….!!

  3. Yg jelas karena dealer dekat Pak, di tempat saya aja dealer honda sama yamaha jaraknya cuma 1 Km lha si suzuki 30 kilo 😀

  4. Dari kesembilan poin tdk ada satupun yg bisa menjelaskan kenapa Suzuki Satria fufi sempat “laris manis” di awal penjualan sebelum akhirnya anjlog 70%. Jika 9 poin itu alasannya maka Satria fufi tdk akan pernah sempat laku semenjak diluncurkan.
    Khusus poin ke 5, jujur saja dan mohon maaf motorgoodness jadi ketularan pola pikir politisi kita yg suka otak atik logika dibolak balik yg premisnya tdk klop dengan kesimpulan.
    Alasan yg paling logis adalah konsumen kecewa terhadap produk Suzuki ini. Alurnya adalah konsumen sempat suka dengan Satria fufi dari banyaknya pemberitaan positif. Wal hasil Satria fufi laris manis bak kacang goreng. Namun apa dikata pemberitaan tdk selalu identik dengan kenyataan, maka turun 70% tak terelakkan akibat kecewa entah terhadap produknya atau pelayanannya. Ini alasan yg bisa menjelaskan kenapa Satria fufi sempat laku lalu tiba2 drop.
    Alasan lain yg bisa menjelaskan yakni lahirnya produk pesaing yg lebih baik. Sejauh ini kayaknya tdk ada.
    Terakhir menurunnya daya beli secara keseluruhan. Kalo ini harus berlaku ke seluruh produk. Tinggal dicek apa ada fenomena demikian.

  5. Saya gagal paham dengan istilah konsumen cerdas di point nomer 5…”performa satria fufi sangat bagus ….. yang beli satria fu fi 150 adalah konsumen cerdas”.sempit sekali pemikiranya kalau konsumen cerdas diruncingkan dengan hanya melakukan pemilihan dari sisi performa mesin…
    Spertinya si mimin berusaha menyelip2kan sesuatu yg bukan pada porsinya..hasilnya ya gak nyambung

  6. orang awam tetangga ane ada yang berkesimpulan kalau motor yang noken as nya dua itu lebih rumit di urusnya jikalau ada kerusakan di kemudian hari,dan membutuhkan rante keteng yang lebih panjang dan cenderung mahal,mungkin itu salah satu penyebab mesin sohc masih jadi raja penjualan.

  7. Sales/marketing Suzuki harus ‘Fight’ .. Produk bagus kalo gak di perkenalkan ke masyarakat indonesia bisa tau dari mana.. Suruh Turun sales tu ke jalan dan continue.. Iklankan di TV saat peak time.. Dampingkan dengan produk suzuki lainnya.. Jaga Service bengkel agar memuaskan.. Mudah2an konsumen puas dan harga jual tidak turun drastis.. #PissAh

  8. Padahal loyalis suzuki tu masih banyak di luar sana. Kl smua diaktifin niscaya pangsa pasar 50% akan sangat mudah dikuasai suzuki.

    • Loyalis sijuki masih ada ya…?
      Gue kira udah g ada…

      loyalis itu udah pasti ada & g peduli pabrikan lagi g becus/lagi on fire..

      #tuh sijuki masih becus jualan motor..? 😆

      • loyalis suzuki rata2 udah beranjak gede, jadi ga cocok pake motor anak muda begini.
        yg mereka mau itu motor batangan, entah itu yg cakep (full fairing) atau yg nyaman (naked).
        atau semacem bebek super penerus Shogun SP pake mesin Fu Fi boleh lah.

        ane FBS dan sekarang lagi miara new thunder.
        kagak ada minat2nya tuh sama Fu Fi, wkwkwk
        mending nungguin naked 150 nya tahun depan.. LOL

  9. suzuki kan bisa display barangnya di mall, beli motornya via online, masukin kode sales atau promo bisa dapat diskon. spare part jual online.
    tinggal bikin mekanik certified by suzuki (beda sama castrol bike point) di bengkel umum saja………

  10. nambah lg,karena satria untuk pembalap jadi yg mayoritas konsumen indo terbesar bukan dari pembalap otomatis gk akan pilih satria,
    entar kalo dah jd pembalap semua baru..

  11. sy yg 15 tahun jd pecinta suzuki aja ogah kl d suruh beli suzuki lg. modelnya makin kesini makin aneh. honda waelah, pas dihati.

  12. Alasan ke 10
    10. Hanya ada beberapa bahkan sedikit “bloger yang cerdas” (g tau dilihat dri sudut pandang apa) mengulas perrfoma si safufi selama sebulan full tp nyatanya penjualan tetep NGAK NGEK NGOK…
    so…jngan salahkan salesnya n konsumen “yg katanya ga cerdas” saja….
    Tapi blogernya jg yg NGAB NGOB….
    Think again

    • nyindir ane nih ? he he he
      kalau ente ngga faham mesin, mending ente banyak belajar sebelum nyindir orang lain
      atau kalau ente awam, mending ente cobain saja langsung dan bandingkan dengan yang lain
      dan performa motor yang bagus belum tentu identik dengan penjualan yang tinggi, banyak faktor yang mempengaruhinya

      think again ? nggak salah nih ?
      ane buat artikel selalu didahului dengan berpikir, karena tidak gampang membuat artike apalagi mengarah ke spek teknis
      tapi kalau ente bikin komen kan gampang, nggak usah mikir langsung ketik

      jadi siapa yang harusnya mikir lagi ?

      • he he he
        rupanya ente mencoba tampil pinter tapi tidak cermat dalam membaca. coba baca baik2 artikelnya….
        yang mengklaim konsumen cerdas bukan ane, tapi fbs. Kalau ente nggak percaya silahkan berkunjung ke forum satria fi

        masalah mereview satria dalam artikel itu mah kebetulan saja karena banyak bahan, agar para pembaca tercerahkan. lagian ente bebas kok, melihat atau tidak artikel di motogokil.com, kalau suka silahkan kalau tidak ya ditinggalkan. mereview masalah keteknikan tidaklah sesederhana yang ente pikirkan, sekarang coba minta si owner zeus mereview motornya secara teknis.

        kalau ente merasa pinter coba review motor yang ente miliki, secara teknis. kalau ente nggak punya blog, monggo di kolom komen ini.

        he he he sekali lagi, ente perlu introspeksi siapa sesungguhnya yang pemahamannya sempit.

        • Yang tidak cermat saya pa situ?
          Fbs mengeklaim n anda membenarkan….walaupun situ meyisipkan kata “mungkin”,, bearti ………..(jawab sendiri)
          Hehehe NGOK….
          THINK AGAIN
          Reviewannya ” zeus” si loper koran bagi pembaca seperti saya udah cukup,ga perlu terlalu over detail yg ada kesannya LEBAY kayak situ iya situ tu tu…
          Any question??

          • He he he
            Nafsu banget komennya
            Meskipun justru komentar ente yg terlihat lebay, tetep ane ucapkan terima kasih dah mau mampir ke blog kecil ini.
            Kayanya cukup diskusi kita, karena tampaknya nggak bisa nyambung dgn baik.
            Salam ngok

      • LOH LOH KO DIHAPUS
        takut yah karena nuduh orang yg engga engga !!!
        Sdah jelas siapa yg GA CERMAT,HARUS BELAJAR LAGI dan KEMINTER ????
        kalo mau hapus hapus semuanya …jangan setengah setengah…
        THINK SMART lah
        katanya orang berpendidikan n mendidik?
        THINK AGAIN

        • mungkin komen nya double dan kurang bermanfaat
          sepertinya ente benci banget dengan suzuki semenjak datang ke motogokil.com, ada pa ya ?

          dan walaupun dari komen2 ente, sering nulis “think”, tapi coba lihat lagi komen2 ente dari awal
          apakah ente juga melakukan think smart dan think again ? kayaknya nggak tuh, coba lihat lagi

          he he he
          komentarlah yang lebih bermanfaat dan berbobot

  13. Situ terasa pa merasa?
    Situ keminter pa terpinter?
    Situ ru naik safufi aja girang pisan…apa lagi naik moge semacam zeusnya si tukang loper koran…kayaknya ngeriviewnya SETAHUN FULL..
    Hahaha
    Asumsi situ : konsumen cerdas adalah yg mengutamakan performa….so konsumen (non) cerdas adalah…..???
    Cerdas versi situ pa??
    Y y y y…saya dh paham sempitnya pemikiran situ
    THINK AGAIN

  14. Kuro : HARAP MAKLUM om…mungkin sensitif orangnya….
    Gokiler : LUAR BINASA situ yah…
    Udah nuduh saya untuk “cermat membaca” ternyata anda yang “tidak cermat menulis” sekarang nuduh saya benci suzuki….ORA LEMPER….
    mungkin situ sensitif dengan kata “THINK” yah….
    salut untu pemikiran anda yg sempit itu…
    Oh ya jangan baper denger nama “zeus si loper koran” yah kil gokil…

    • nggak juga
      semoga apa ente komentar kan dan cerita tentang zeus tidak berpengaruh apa2, karena :
      1. ane nggak kenal ente, dan komentar ente juga biasa2 saja, bahkan menurut ane tidak berbobot dan tidak mencerdaskan
      2. ane juga nggak faham siap si “zeus” ini. karena menurut ane, dia nggak terkenal dan juga nggak penting bagi ane.

      ane cuma kasihan saja sama ente,
      karena menyuruh orang untuk berpikir, tapi dalam kometar ente tidak terlihat kalau ente berpikir dengan baik
      karena isi komentar hanya berputar-putar disitu saja, sambil menyerang blogger dan menjunjung tinggi blogger lain (“zeus si loper koran” : siapa dia ?)

  15. Kenyataannya begitu. Mampir dealer suzuki beberapa tempat mengeluhkan merosotnya sales fufi. Terasa sekali keprihatinan mereka.

    Dugaan artikel bisa jadi titik awal perbaikan diri walau mungkin tidak pernah bisa disimpulkan penyebab pasti-nya, mengingat pasar punya alasan dan logikanya sendiri.

    Yang jelas sekarang akan bulan puasa, sebentar lagi lebaran. Banyak butuh duit dan repot. Belum lagi biaya pendidikan anak ke jenjang lebih tinggi.

  16. #10 Sebener nya banyak yang naksir FU FI, tetapi rumor tentang sport batangan Suzuki dengan engine FU FI (GSX150R) merontokkan niat untuk beli FU FI 100%( Termasuk saya). Suzuki tau ini faktor ke-3 (setelah faktor utama dealer yang sedikit dan memang harga premium) yang paling dominan menurunkan jualan FU FI, karena itu rumor ini di bantah paling keras oleh suzuki akhir2 ini..

  17. Ane pgn nanya klo soal keyamanan enak mana yak sonic/satria fi?? Terutama untuk jalanan yg sering kena macet?? Ane pgn beli tpi labil ngambil sonic/satria fi.. soalnya masing2 punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.. hehehe

  18. sialnya ane mau beli satria terbaru malah stylenya kaya bangke . mau beli yg type 2014 di diler sudah tak lg bisa di pesan. beli seken khawatir kualitasnya …… melayang sudah motor impian.

  19. Wahai fbs tahukah kalian bahwa suzuki motor Indonesia sedang krisis penjualan? Karena saat ini motor yg laku hanya satria fi dan bahkan satria fi pun sudah mulai menurun penjualannya,
    Alasannya: ini kenyataannya.
    1. Motor suzuki cc kecil bebek atau matik, mesinnya ga semantap Yamaha dan Honda,
    2. Segmen motor sport fairing belum tersedia, masih di kuasai Kawasaki, Yamaha dan Honda aja belum sanggup nyalip, apakah suzuki mampu?
    3. Bengkel resmi jauh
    4. Di ajang race satria fi diasapi sonic, orang2 mulai berpikir sonic lebih baik
    5. Faktanya satria f karbu klo keujanan mogok, yg lagi di parkirin dan keujanan jg pasti susah nyala, ngelewatin banjir juga pasti mogok. Image satria f sudah agak tercoreng karena hal sperti itu Dan itu membuat orang2 berfikir sonic lebih baik,
    Karena takut satria fi penyakitnya sama ky satria karbu

  20. Maaf mas. Dari alasan no 5, kelihatan kalo blognya mihak ke suuki. Mungkin alasan no 5 ditiadakan saja. Jujur itu menyinggung. Soalnya mayoritas orang milih bodi ketimbang power. Kayak nina 250 lebih laris ketimbang *25, dan orang orang cuma bilang satu alasan bodine seng penting. Wajarlah ABG suka caper sama perempuan :v

    • mohon maaf, karena bagi motogokil penampilan body (style) bukan no.1, tapi no sekian di bawah performa, ergonomi, handling dan value of money serta efisiensi.
      karena upgrade style mudah dilakukan bahkan bisa diy di rumah.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan