Senasib Dengan Saudaranya (NVA), Distribusi MX King Ikut Anjlog di Bulan Maret 2016

NVL n MX King

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bulan maret, benar-benar menjadi bulan yang menyesakkan buat yamaha. Padahal bulan sebelumnya yamaha berhasil mendominasi baik di motogp, road race maupun penjualan/distribusi bebek super (mx king/mx 150) dan juga nva. Pada bulan maret seolah-olah keadaan berbalik, dominasinya diambil alih oleh rival abadinya, yaitu honda.

Mari kita bahas yang dekat saja dengan kita, yaitu persaingan motor-motor yamaha/vixion yang ber-engine sohc dan klan cbr yang ber-engine dohc. Pada bulan februari klan vixion naik drastis dan bisa dikatakan menang mutlak dibandingkan klan cbr. Tapi bulan berikutnya malah anjlog drastis, tidak seperti klan cbr yang terkesan biasa-biasa saja pergerakaannya. Mari kita lihat pergerakan angka distribusi masing-masing klan ini

mxking jan-mar 2016 aisi

Jika distribusi nva turun 61 % di bulan maret, maka mx king lebih parah lagi turun 69%. Jika melihat kondisi bulan januari, sesungguhnya distribusi sebesar ini termasuk baik, karena naik dari 2976 menjadi 3100 unit. Jika distribusi bulan januari dan maret dikatakan normal, maka distribusi februari dapat dikatakan tidak normal, karena naik 238% dari januari kemudian turun 69% di maret.

mxking jan-mar 2016 aisi chart

Sementara rival terberatnya yaitu sonic150r justru bertahan, naik sedikit secara normal dan lumayan lebih tinggi dari mx king.

mxking vs sonic jan-mar 2016 aisi chart

Menurut motogokil turunnya distribusi mx king karena beberapa sebab :

  1. Tim swot honda mulai menemukan arah “apa” yang harus dikerjakannya
  2. Sesungguhnya kondisi distribusi mx king bulan maret normal (trend naik), tapi karena februari naik tidak normal (penumpukan distribusi ke dealer) maka seakan-akan maret terlihat turun.
  3. Trend penjualan bebek memang menurun jika dibandingkan dengan skutic dan sport
  4. Kesalahan fby, karena sekian juta fby enggan melirik mx king untuk dibeli. Walaupun mx king sudah berhasil menjadi jawara road race nasional. Aneh juga, ada apa dengan fby ?
  5. Dan lain-lain

Bagaimana dengan satria fu 150 fi ? Nanti kita lanjutkan obrolannya…

Lebih kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat wassalamu’alikum wR wB

17 Komentar

  1. Makin sumpek di jalan, motor n mbil nambah smentaun jalan panjang kali lebar stuk,, ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ

  2. kesalahan ada di yimm, cz anak alay sebagian besar badan nya cungkring.. makin pensil kaki nya makin trendy & mereka punya target harus bisa pake celana cewek size-27.. 😀
    ..
    so model ayago itu dambaan mereka.. ban cacing biar matching ma kaki cungkring nya, mau performa bagus kaya gimana selama gak ayago ya gak dilirik..
    kenceng itu ayago
    bebek bongsor mah buat belanja aja ke pasar 😀

    • orang motor belalang aja smpe diadu dg yg mbaurekso 1000cc.. opo gak super sekali ayago di mata mereka 😀
      ..
      menurut mereka naik ayago itu pretige nya setara MOGE!
      lha klo bebek bongsor mah setara ibu” belanja ma nganter anaknya sekolah… wahahahaha!!

  3. Ketauan skrg yg slama ini tipo2, bln februari di jor distribusi ke dealer biar kliatan laku, akhirnya di dealer numpuk krn konsumen sdh pinter pilih produk yg lbh berkualitas. Bln maret ketauan aslinya lakunya ke konsumen. Jd ingat iklannya jg pd tipo2, yg satu bs ngalahin moge2, dr yg 250 cc-1000 cc. Yg satunya lg lbh nipu, bs ngalahin roket. Dikira konsumen di Indonesia anak TK yg gampang di kibulin kali. Makanya jualan itu yg jujur, gak perlu pake bc bc apalagi tipo2. Buatlah produk yg berkualitas, konsumen pasti akan pilih produk yg lbh berkualitas

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan