[MotoGP] Motogp Memasuki Masa "Bahaya"

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Mateo dalam komentarnya setelah selesai race motogp america, keceplosan ngomong. Ia mengatakan “ini bahaya”, yang saat itu motogokil masih belum faham maksudnya. Karena ada kejadian (banyak) pembalap yang crash, apakah yang dimaksud bahaya adalah masalah “ban” michelin atau yang lain.

Ternyata setelah ia menambahkan komentarnya, baru deh faham. Yang dimaksud bahaya adalah jarak marquez dan lorenzo yang terlalu jauh, lebih dari 6 detik. Jauhnya jarak ini menjadi penting untuk dipertimbangkan baik oleh yamaha dan ducati, karena mereka sudah sama-sama menggunakan ECU yang seragam. Mungkin menurut mateo, seharusnya tidak sampai sejauh itu jaraknya.

Dulu waktu ECU belum seragam, bisa jadi ECU yang lebih powerfull akan memberikan kontribusi positif terhadap lap time. Tapi sekarang ECU sudah diseragamkan, semua pembalap juga menghadapai permasalahan ban yang sama, seharunya performa mereka tidak terlalu jauh berbeda. Apalagi dengan kondisi iannone yang berada pada puncak performanya, seharusnya mampu mendekati marquez.

Apalagi sirkuit cota sangat teknikal dengan tikungan-tikungan yang cukup tajam. Seharusnya yamaha sengan handling yang lebih baik dibandingkan honda, mampu meberikan perlawanan. Dan hal itu tercermin dalam ucapan-ucapan rossi yang menyataka ia siap menghadapi marquez, saat selesai kualifikasi.

“Hasil ini sangat penting untuk balapan nanti dan tentu saja hasil yang baik atas pekerjaan kami hari ini. Sejak pagi kami telah memperbaiki banyak bagian motor dan di sore hari waktu latihan bebas saya juga merasa cukup kuat,”

Sekarang sudah faham kan apa yang dimaksud “bahaya” oleh mateo ?

Semoga saja yang dikatakan bahaya tidak terjadi. Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB

52 Komentar

  1. Semenjak gonjang ganjing Rossi vs Marc dengan JL sbg pihak terkait, Mateo yg biasanya clear n cool tiba2 butek n keruh dia punya pandangan. Ketika Rossi jatuh di cota kemarin, Mateo menganggap faktor ban. Bukan hanya secara umum ban kurang bagus, bahkan diperparah dengan quality control yg sembarangan sehingga tiap pembalap bisa jadi mendapatkan ban yg berbeda secara kualitas. (Sepertinya ini semacam alibi untuk menjelaskan kenapa yg lain tdk jatuh). Coba pak Dosen bayangkan, pabrikan sebesar Michelin dituding melakukan pekerjaan seamatir itu. Lebih ngilu lagi VR justru confirm bukan ban biang masalah kejatuhannya tp kopling yg mendidih dan sedikit hilang konsentrasi melibas gundukan aspal tdk rata. Butek kan jadinya bila FB jadi komentator?

    • vr bilang michel itu bagus tp rider gak boleh bikin salah,, salah dikit bisa lost control & jatuh, beda sama bridge.. so secara gak langsung vr jg bilang michel gak sebagus bridge dan memang ban jg ada masalah..
      ..
      masalah kopling udah jelas banget habis salip jr vr langsung kurangin throttle nya.. pas kondisi kopling mulai mending vr ngepush ngejar yg didepan dan bikin salah waktu cornering..
      ..
      mm udah ngacir di depan,, dan mm kali ini gak ada beban plus fokus nya bagus di track favorit dia.

    • mateo mau keruh ato gak dia bawa nama yamaha bro,,
      moto gp (di sini) itu acara yamaha
      yamaha kalah tetep stay cool?
      ya diputus lah kontrak!
      opini mesti dibangun,
      penonton mesti disuguhi alibi yg tidak menyudutkan sponsor utama..
      ..
      jelas kan tugas nya.
      duit bro,,
      ngantor jam 1 malem itu gak murah biayanya.

  2. iya bahaya krn MM dh mulai dpat ritme n kepercayaan dirinya..bakal mendominasi trus..tp liat hasilnya track eropa dlu deh,,

  3. COTA,sirkuit lebar,walau banyak tikungan tajam,karakternya cepat,cocok untuk honda,walau skill jg pengaruh,sebelum ECU seragam MM rajanya juara di sini,kec thn kemarin krna crash,kt lihat race berikutnya aja..kl dia msh dominan dengan jarak lbh dr 2 dtk di semua sirkuit,statment anda benar

  4. yg kenceng itu marc…. yg mendominasi itu marc…. mana honda yg lain..?
    dani dapet podium di argentina tapi monggo di simpulkan… sendiri!!!
    yg jelas ducati dan. suzuki udah banyak perkembangannya…

    • trus yamaha gmn cung?
      segitu udah pake pembalap legend (katanya sih) tapi tetep aja ngempos

      😀

      fby yg satu ini mulai depresi, taon besok gogon pindah ducati, rosimin yg katanya legend ternyata cuma level ecek ecek dihadapan stoner, lorenzo dan marquez tak berkutik lagi…

      😀

      piye cung???

    • sembalap muda banyak yg joss bro!
      liat moto2
      ..
      gaps tipis” semua..
      bibit nya banyak di sana
      tinggal matchingin ma motor nya beres.. gitu aja kok gak bisa! 😀

  5. d qatar n argentina RCV nya MM jd lemot gt top speed nya..
    tp pas d tikungan cepat jd makin alus..
    eh pas d COTA bisa di naikin lg top speed nya..
    sbnrnya ini yg paling bikin bahaya..
    RCV nya MM dah bs bejaban d sirkuit yg cocok am M1..
    klo mslh skill sih, liat fakta aj dah..
    klo mslh emosi, ini yg kita blm liat.. ap MM dah lbh dewasa atau msh ky kmrn “do or die”..

    • Simbah aja yg dah bangkotan kyk ank nau kencurrr suka ngambeg, nyalahin pbalap lain gk bisa jurdun, pdhl yg brhak mnilai kan RD..kasihan amat mau kawin aja jd batal krn mas kawinnya dicuri JL,,wk.k,k.k

    • salam 8 detik dulu dong….
      ah ente pura pura bego, si domb46arut ngapain kok gak disebut???

      😀

      nyare akiiiiiiik…
      wkwkwkwkwk…
      awas fby yg atu ini mulai depresi perlu perawatan dan pengawasan khusus

      😀

      jauhin tambang bro gokil!!!

  6. kalau lorenzo yang memimpin 6 detik di depan dianggap aib, balapan kok touring,nggak seru, membosankan,,
    giliran markuez touring di bilang superrrr….
    motor honda hebattt….
    tapi pedrosa gak di lihat.

  7. Ya iyalah bahaya, krn bisa jd marquez jd legenda motoGP 1 abad dg sgala prestasi yg Break the limit,,byk rekor para legenda motoGP yg dipecahkan MM..jk masih sangsi akan.skill MM itu hanya FBR yg mngaggap VR itu dewa yg gk mngkin bisa dikalahkan dan gk ada cela

  8. Brrti yg selama ini handling bawaannya lebih baik ya honda punya sebenernya, dan riset elektroniknya masih kurang arau powernya yg kebesaran jadi nyusahin buat handlingnya

    Gitu ?

  9. yakin mm tahun kemarin gak juara di austin ? dari tahun ke tahun marquez selalu juara di austin bro. yg jatuh itu di argentina bukan austin.

  10. Isunya jolor jd pindah k ducati trs vinales jd gantinya bwt tandem dg rossi d yamaha. Mnrt w vinales terlalu kompetitif utk jd tandem rossi, tau sndrilah perangai rossi kalo dpt teammate kompetitif dia suka uring2an, bagusnya sih bradley smith aja biar rossi keliatan superior d yamaha ky wkt bareng colin edward.

  11. MM93 udah dari awal FP 1 2 3 4 Q selalu yg tercepat, pantas lah jika mnjadi raja cota, seperti tahun2 sebelumnya 4x tak terkalahkan disini. Ban itu hanyalah alasan kekalahan tak berdasar.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan