Komparasi Konsumsi Oli PFD CBR150R vs NVL

cbr150 vs nvl pfd comparison

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin sudah motogokil sampaikan konsumsi oli dari new vixion ligthning (nvl) tahun 2013 [artikel]. Dari 3 merek oli yang sempat dipakai nvl (ax7, msx dan pfd) , ternyata pfd lah yang memilki ketahanan paling kuat, yaitu dalam 3.23 km oli pfd menguap sebanyak 1 ml. Nah sekarang kita bandingkan dengan cbr150r 2014 dengan menggunakan merek oli yang sama yaitu pertamina fastron diesel (pfd).

Penggunaan pfd di cbr150r awalnya semata-mata ingin mengetahui performa oli mesin diesel pada engine dohc. Tapi karena penggunaannya hampir berbarengan dengan nvl, maka sekalian saja dibandingkan konsumsi olinya (tingkat penguapannya). Mari kita lihat perbandingannya…

Penggunaan PFD pada NVL

Jpeg
Konsumsi oli pfd di nvl 2013

Penggunaan PFD di CBR150R (lokal)

oil cunsumption cbr150

Mungkin ini bisa menjadi jawaban, apakah semua engine 4tak sama saja dalam mengkonsumsi oli mesin. Dari pengujian ini perlu diberi catatan :

  • Oli pfd adalah oli mesin diesel yang lumayan bagus. Tentunya lebih tahan panas dan tahan kompresi tinggi dibandingkan oli motor. Karena mesin diesel bekerja pada cr sekitar 20:1.
  • Rasio kompresi (Compression Ratio/CR) cbr150r lebih tinggi dari nvl (cbr150r cr=11:1, nvl cr=10.4:1). Harusnya ruang bakar cbr150r lebih panas dibandingkan nvl
  • Power cbr150r lebih besar dibandingkan nvl (cbr150r 17.1 ps, nvl 16.59 ps), harusnya engine cbr150r lebih panas dibandingkan nvl
  • Engine nvl normal, performa normal dan ruang bakar normal

Kalau dibuatkan tabel mungkin akan lebih mudah difahami

Jpeg
Komparasi konsumsi oli pfd cbr150r vs nvl

Ane rasa semua yang faham mesin motor akan faham apa arti dari informasi di artikel ini. Jadi motogokil tidak perlu menjelaskan lagi secara panjang lebar maksudnya. Khawatir nanti dikira bc produk tertentu, dan menyanjung produk tertentu. Inilah fakta kondisi motor standar, cbr150r keluaran 2014, nvl keluaran 2013, diukur pada tanggal 1 oktober 2015.

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

87 Komentar

  1. mantap Pak Dosen, hajar terus.sebagai konsumen sangat tercerahkan atas pengungkapan kelemahan dari sebuah produk terlepas apapun merk nya.

  2. Di lihat dari harga motor ya jauh lah,nvl lawan seimbang nya ya cb 150,,,Kalo cbr 150 lawan sepadannya ya R 15 ,ono rego ono rupo,,,apa karena R 15 ada yang ngebul ??? Katanya R 15 itu cuma vixion pake sarung aja.

  3. Di lihat dari harga motor ya jauh lah,nvl lawan seimbang nya ya cb 150,,,Kalo cbr 150 lawan sepadannya ya R 15 ,ono rego ono rupo,,,apa karena sampai saat ini belum ada info R 15 yang ngebul ??? sepertinya anda terlalu remeh memandang si sohc yang satu ini

    • ya terserah ente bro
      karena yang ane tuliskan kali ini kan riil pengujian motor sendiri, adanya nvl dan cbr, silahkan dinilai sendiri

      nggak tahu juga kalau fby menyimpulkan : “karena jika nvl ngebul adalah normal, maka semakin boros oli semakin baik”
      berarti nvl lebih baik dari cbr150r

    • Nah ini nuwun sewu namanya fansboy. Lah dikasih data gamblang gitu bilangnya nggak adil. Mesin cb dan cbr secara konstruksi sama, sama2 buatan AHM lagi yang “katanya” full dengan downgrade.

  4. Engine v ixion ngebul it emng benar adanya.
    Secara ane mantan pnguna v ixion 2013…
    Ane jual ganti p200ns xg lbih superior dr segi tampilan n performa….nvl ngebul it emng fakta

      • Hehe sekarang rider pulsar 200ns meringis om, harga jualnya turun bebas. Kawasaki udah ga anggep pulsar. Sedih bgt dah nasib pulsar.

        Malah NVL yang harga jualnya masih bagus.

  5. yg bilang nvl dan nva boros oli itu memang bukan BC, tapi kenyataan.
    jadi fby yg sabar yaa, motormu gak sebagus bikinan YMKI dulu

    • Mungkin maksudnya pd jarak trtentu (km) mnyusut 1ml.
      Jd dengan jarak 15,4km olie susut 1ml
      Jarak 154km olie susut 10ml
      Mungkin sprt itu bro mksudnya

    • Pake acuan negara mana ni bensin liter/km

      Km/liter kaleee
      Contoh nvl 40 km/liter

      Gak malu apa koar2 tapi salah
      Kkkkkkkkkk

  6. pak dosen,, kira2 kalo pisotn set DAN silinder/boring aja yg diganti dengan merek aftermarket macam BRT/Kawahara/dll apa mesin generasi vixion-mxking tetep bakalan haus olie?

  7. Ini ceritanya yg ga berasap ya pak alias ga normal? Kl yg normal kira2 nyusutnya bakal lebih banyak ato lebih dikit?

  8. Konstruksi sama tapi ada part2 yang beda jauh kwalitasnya ada part ory japan di cbr ( kl ga salah code part N00 )yang tentu beda jauh kwalitasnya ama cb ,, kan sering juga yang punya warung bilang kalo mesin cbr japan punya , coba dah flash back buka komentar2 lama yang punya warung,,ane bukan fb manapun bahkan ane nmp karbu rider,tapi ane paling g suka kalo ada artikel2 lebay macam ini,,,salam B 6129 KYO

  9. eb tertentu(fby) emang suka aneh2,review motor dpinjemi atpm,ktnya gk valid hrs pny sendiri.
    Lha ini motor sendiri dpake sndiri masi kurang juga ktnnya motornya krg aple to ople,dikira beli motor pake daun apa,,,?

    Tp bgit motor yg kalah jk dkomparasikan mereka cuma bersiul pura2 tdk melihat.

    piss pk dosen ,trus brkarya smg mencerahkn

  10. Setelah tiap hari baca blog iwb,tmc,kobay,motogokil,triatmono,mbahsatar dan pertamax 7,batang yudi dapat disimpulkan bahwa semua itu saudara sebenarnya tidak ada yg namanya blogger dollariah atau fansboy atau amplop dpt amplop ya bersyukur to? wong kita gak merugikan orang lain. kalau selera motor itu kembali ke diri kita mau beli y,h,k,s atau merk lain kan itu pilihan. Jadi jangan jadikan blog itu tempat anda membuly. semua produk itu ada plus dan minusnya masing2. kalau blog dapat iklan ya alhamdullilah kan rejeki? cari kerja sekarang sulit ane aja masih nganggur kok kalian sibuk mencaci maki. stop bully nek wani langsung parani omah.e gek di adu motor.e

    • Ciee belum pernah liat CBR K45G 2016 ya? GA ADA SATUPUN blogger yang udah testride yang bahas terang-terangan kualitas plastik K45G lebih jelek dari ember . Ga percaya? Silahkan datangin ahass terdekat dan buktikan omongan ane, ga perlu koar-koar di dumay buktikan sendiri

  11. ane juga pengguna nvl thn 2015, oli menguap memang benar adanya, dikarenakan material ring piston yg 1PA lbh buruk. Solusinya adalah mengganti dgn ring 3c1 milik OVI. sama dengan pak dosen, penah mencoba menggunakan PFD, 2x drain masing2 2000km, dan oli menguap 300-350ml. kmudian pada saat memasuki km 10rb, ane ganti ring 3c1. dan pake Oli Pertamina fastron syntetik. skr uda jln 4000+km, ane drain, dan hanya menguap skitar 150ml.

  12. Om gokil, sy jg pengguna oli diesel di motor CS1 ane. Ini bkan hoax, oli yg ane pake itu petrocanada, duron e-xl 15w-40 api CJ-4/SN ,suitable for wet clutch 4t motorcycle. Sdh 15 rb km di mesin, dan menghabiskan 5 btol oli. Emang trikan gak seentwleng motul ester, tpi tahan lama dan di rpm atas lbh halus. Klo ester gak than lama dan rpm atas teriaknya kasian dengernya. ada harga ada kualitas. cba deh.

    Skrng lg dipake di cbr 150 thai jg, sdh jalan 1000 km, dan sma2 mantap! Hehe

  13. motor ku NVL tahun 2013,
    ganti oli tiap 4.ooo km
    sampek skrg tetep enak utk geber2 an.
    mau diadu sm new CB yo monggo saja.
    anda hanya mencari celah untuk menjatuhkan imej NVL,
    isu mesin NVL ngebul dari sekian juta motor ada berapa bro?

    coba dibandingkan produksi tahun yang sama, dari 100 motor NVL dan NCB.
    oli yng sama pula, mana yang paling awet mesin nya. berani ga?

    yang ada mesin NCB akan rompal dan muncul suara kemlothok.
    fakta yang sebentar lagi akan membuat NCB disuntik mati lebih awal.

    kalo sudah fanatik buta yo emang susah.
    “kencono katon wingko, wingko katon kencono”

  14. Sama mas…vixi di rumah juga masih bagus kok,justru yg CB 2014 udah mulai keluar suara berisik semriwing gitu mesinnya,,,,kuncinya ya pake oli yg bagus…..untuk pak dosen tlg sampain dong ke ahm kalau bikin motor tuh pake mesin yg bagus(ga klotok),pake plastik yg tebal kaya yamaha,kawa,sis,kwalitas cat di perbaiki,rangka cb kok cepat karatan lasannya …..kalau itu dibenerin pasti ahm bisa kalahkan sport yamaha ….dr pada nge BC ga jelas mending dengerin masukan saya sb user salah produk sport honda,,,,kalau sport yamaha sampai saat ini masih ok kok……

  15. Percuma bro kl sebatas bc oli gini gak bakal ngaruh ke penjualan suatu produk. Yg paling berpengaruh pembuktian di ajang balap kenapa jelas2 mesin dohc jangankan bisa bersaing dng sohc tp malah DNF kan malu2in. Sori ane bukan fb, ngapain jg jd fb diuntungkan bnyk pilihan kok nggak mau

  16. pengalaman saya melihara minarelli engine 1st gen, yaitu Jupiter MX old, ketika kilometer udah diatas 40rb banyak kasus knalpot basah oli/ngebul asap tipis di rpm menengah atas, dan ini kasus jamak di forum”‘.
    Padahal dulu pernah melihara ZX130, kilometer dah banyak tapi knalpot kering dan bersih, mesin tetep halus, begitu juga Kirana punya si emak, dipake sampe lebih dari 70rb km tetap berjaya, knalpot bersih..
    Makanya sejak saat itu, mindset saya motor terburuk Yamaha ya minarelli engine, karena kualitas tak sebanding dgn teknologi yg diiklankan, diasil = diamput.. sorry, pengalaman pribadi..
    sekarang saya prefer dengan SUPER kips dan DOHC overbore AHM saya yg masih bertahan awet, amin

    • Jiahaha tim swat sok sok an punya MX

      MX udah terkenal awet om. Kalau MX nae berani jamin itu mesin ga pernah masalah. Malah supra gw yg turun mesin.

  17. padahal mio lawas punya adik ane, odometer juga dah banyak, tapi masih bersih tuh knalpot, begitu juga MIO J punya tetangga, sering turing dan km sudah mencapai 68rb tapi herannya masih bagus mesinnya, gak kyk MX ane dulu, dan juga NVL tetangga yg udah basah knalpotnya, mirip ALfa 2t :D… hadeh

    • lha? kok wawan tembong? emang wawan tembong engineernya Yamaha ya?
      ini ibarat mau tanya kualitas kapak tapi tanyanya ke tukang potong kayu. ya kurang tepat mas bro, tukang kayu taunya kapaknya masih bisa buat motong = bagus, itu sudah. kalau ditanya material, kekerasan baja untuk kapaknya, sudut potong kapaknya, bakal dijawab “Pokoknya bagus” karena bisa dipakai. lain halnya kalau tanya langsung ke pembuatnya, dia bakal bisa menjelaskan dengan detail, tidak cuma pokoknya bagus pokonya bisa motong. karena dia yang bikin, perhitungannya ada pada si pembuat.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan