Kualifikasi IRS Sport 150 CC, Yamaha Lebih Cepat 2 Detik Meninggalkan Honda. Ada Apa Dengan Pasukan Honda ?

Kualifikasi-IRS-2016-Seri-1-Kelas-Sport-150cc

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sepertinya tahun 2016 pasukan dohc honda bakalan di-KO lagi oleh pasukan sohc yamaha. Ditinjau dari hasil kualifikasi IRS kelas sport 150cc, performa r15 terlihat jauh lebih unggul dibandingkan cbr150. Kejadian ini mirip dengan kejadian tahun 2015 yang lalu, dimana mxking berhasil mempecundangi cb150r di sirkuit sentul besar (international).

Saat itu terdengar, seperti “anomali”, bagaimana mungkin cb150r yang overbore bisa dikalahkan oleh mxking yang overstroke, di sirkuit sentul besar yang relatif cocok untuk putaran tinggi. Ada beberapa asumsi yang motogokil berikan saat itu di artikel yang menuai banyak komentar. Dan sepertinya  hal yang sama terjadi pada IRS kali ini, hanya saja peran mxking digantikan oleh r15.

Hasil kualifikasi IRS kemarin didominasi oleh pasukan yamaha r15

IRS_Kejurnas_Sport_150_2016_QTT_150_Hasil

Coba lihat perbadaan waktu tercepat dari pasukan yamaha dan honda, 1.937 detik (hampir dua detik). Selisih yang sangat jauh untuk dikejar dalam sebuah balapan kelas sport 150cc full race.

Persamaan situasi peraingan pasukan dohc honda dan sohc yamaha, antara tahun 2015 dan 2016 terletak pada  sisi yamaha yzf-r15 dan juga sisi honda  cb/cbr150r. Mari kita lihat kesamaannya :

Yamaha yzf r15

Riset mxking mengikuti riset r15 dan juga sebaliknya, tergantung mana yang lebih dahulu dilakukan. Sehingga terjadi sinergi riset antara mxking dan r15, yang memang diakui oleh mekanik yamaha.

Hasil test dyno, power baru 29,2 dk (11.700 rpm) dan torsi 18,9 Nm dengan ECU Vortex. Riset R15 yang lebih dulu membantu pengembangan MX King, lantaran nyaris sama,” [Sumber : Maniak Motor]

Sehingga r15 yang digunakan saat irs tahun ini minimal sama dengan mxking irrc tahun lalu. Bahkan kemungkinan besar performanya sudah jauh meningkat. Karena pada saat itu saja belum optimal (belum 100%), seiring dengan bertambahnya waktu riset, mungkin sekarang sudah optimal. Berikut inilah spesifikasi mx king jawara tahun lalu :

  1. Power terletak di 13.800 RPM, torsi di kisaran 7000-8500 RPM
  2. Aplikasi rasio transmisi Faito
  3. Throttle-body UMA Racing diameter 32 mm
  4. Diameter klep in 22,5 dan ex 19,25 mm (klep uma 23/20 yang diperkecil)
  5. Lift alias angkatan klep 8 mm
  6. ECU API-Tech
  7. Durasi camshaftnya 260 derajat.
  8. Shockbreker belakang merk Traxxion [sumber]

Kemudian tahun ini ada upgrade untuk r15 yaitu :

  1. Mekanik Tommy Huang BRT
  2. Offset pada piston BRT menjadi 1 mm (sebelumnya 0,5 mm)
  3. Mampu bermain/limiter hingga RPM 14.000
  4. Mapping ulang dengan ECU (kemungkinan besar menggunakan BRT ECU Juken Racing Turbo double injector)
    • brt double injector
  5. Silencer terbaru dari knalpot Cream-pie Jogja
    • knalpot creampie
  6. Power maksimum sudah mencapai 32 hp [artikel]

Dahsyat ya korekannya, limiternya saja sampai 14000 rpm, padahal stroke yang digunakan cukup panjang yaitu 58.7 mm. Artinya saat itu piston bergerak dengan kecepatan 27.39 meter/detik, lebih cepat dari pistonspeed-nya motor motogp [artikel]. Lalu bagaimana dengan pasukan dohc honda ?

 

Honda CB150R

Pasukan honda masih sama juga dengan tahun lalu. Sebahagian besar menggunakan basis cb150r (k15) [artikel]. Yang mana sejak akhir tahun 2015 sudah didiskontinyu, alias disuntik mati. Karena sekarang atpm (ahm) mengeluarkan generasi baru dengan basis engine yang berbeda. Sangat berat bagi tim balap menggunakannya sebagai basis motor balapnya, karena harus membutuhkan riset yang mendalam dan waktu yang panjang.

Menurut motogokil tim balap honda masih setengah hati untuk meningkatkan riset balap dengan basis engine k15, sama seperti tahun lalu [artikel]. Risetnya tidak cocok dengan motor yang dipasarkan ahm, karena ahm sudah menggantinya dengan generasi baru k56. Jika tim balap meminta support dari ahm, tentunya ahm akan mensuportnya dengan engine k56, bukan k15. Wah serba salah, karena langkah yang diambil tim balap honda menjadi ambigu :

  • Mau terus meriset k15, akan kurang mendapat dukungan honda, karena sudah diskontinyu dan tidak berefek terhadap penjualan all new cb150r (k56)
  • Sekalipun honda (ahm) sudah menyiapkan motor berbasis k56, tapi mesin sangat berbeda dengan k15. Hasil riset sebelumnya tidak bisa digunakan, dan harus riset dari “nol”

Barangkali ditambah juga dengan persaingan antar tim balap honda begitu keras. Sehingga terlarang untuk saling berbagi informasi oprekan masing-masing (terutama oprekan sonic150r). Akhirnya tidak terjadi sinergi riset antar tim di pasukan honda, untuk semakin meningkatkan kualitas oprekannya.

Kalau seperti ini yang dilakukan tim-tim balap honda, pantas saja jika di kelas sport 150cc honda akan kalah dari yamaha. Yamaha optimis dalam riset balapnya, sebaliknya honda malah kendor semangatnya. Entahlah apakah tim SWAT ahm sudah menganggap balapan kelas sport 150 cc ini penting atau tidak? Jika dianggap penting tentunya akan diperhatikan, dan akan memotivasi tim-tim balap untuk meningkatkan risetnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

66 Komentar

  1. berarti satria fu pun gak bisa dibilang demgan mesin powerfull. Sama engine pigson aja pasti KO. Buktinya cb yang lebih overbore dari fu aja dikamplengi sama engine Operstroke yamaho.

    Wew. Makin jumawa nih FBY dikelas 150.

  2. irs sport bukane pake cbr150 lama bkn cb150r? dn taun ini tim kelas pabrikan yg turun cm milik ahm… jd masak dbilang stengah hati? ngoahaha

  3. Yamaha kuat di tim dan riset yang saling bahu membahu. Klo honda sendiri2. plus gak didukung pabrikan.

    Beda 2 motor ini
    Yamaha “kencang” di race tapi lemot kalo dibduni real harian
    Honda “lemot” di race tapi kencang klo didunia real harian

  4. Material R15 yg buat IRS bisa untuk beli Yamaha R1, material sekelas moto gp.
    YIMM tinggal minta ke jepang utk material balapan buat R15 dg mudah,,,karena yamaha hanya ikut balap di moto gp aja.

  5. “padahal stroke yang digunakan cukup panjang yaitu 58.7 mm. Artinya saat itu piston bergerak dengan kecepatan 27.39 meter/detik” ….material yamaha sudah kelas dewa, team honda masih “duduk termenung”. kalau nggak ada honda, kawasaki dan suzuki, irs bisa jadi omr yamaha

  6. Asli mekanik indonesia handal handal.
    Gk pernah ane bayangin mesin minarelli 150cc bisa ampe segitu performanya.
    Lepaskan dulu sifat fansboy kalian. Beri applause buat para mekanik indonesia yg handal ini.
    Mungkin kedepan mekanik indo bisa berperan tunning motor wsbk

  7. seribu alasan kata saskia gotic…..cbr 250 art si jomblo yang selalu di bawa bawa om gokil kemane yeeee … apa masih pake part standart juga vs n250 kala jadi raja sentul waktu itu #melawanlupa

  8. ekekekek 550 ribu bisa beli yzf R 1……ternyata part2 eksotis yang selama ini di opinikan om gokil n the gang di patahkan oleh juragan brt tommy huang yang tentu ilmu n jam terbang nya tidak di ragukan lagi..selamat malam buat kertas2 burem anda om gokil…sorry to say ini fakta lho

    • masa ?
      hanya bermodal piston seharga 550 ribu, bisa 14000 rpm ?
      monggo yg punya r15 dan nva, ganti pistonnya dengan piston brt seharga 550 rb, rpm bisa tmebus 14000 rpm
      wkwkwkwkwk

      • buakakakaka

        itu piston 550rb bukan buat R15 doang

        tapi bisa buat CBR 150

        tomy huang yg ngomong sendiri lohh

        ga mungkin dia ngibul, wong punya bengkel sendiri kok

        :v

        • ya iyalah memang bener harga pistonnya 550 ribu, itu juga 4x harga piston std yang cuma 140rb
          tapi apa iya dengan “hanya” ganti piston trus r15 bisa kuat sampai 14000 rpm ?

          • he he he
            disukuri, alhamdulillah semoga bisa dijadikan bahan iklan untuk menaikkan penjualan r15 yang sedang terpuruk
            yamaha (yimm) akan sangat rugi, jika dana yang besar digelontorkan untuk membangun r15 sohc superior tidak mempu memberikan keuntungan disisi penjualan.
            selamat ya buat pasukan balap irs yamaha

  9. Yang bodho itu yang percaya dohc overbore superior dna motogp tak terkalahkan performa sang penakluk tetapi selalu takluk manakala di ajak nyentul R15 finis dari 1 s/d 12 jagoan ente cuma finish no 13 up,ini fakta lho,,,sakit memang menerima kenyataan kalo jagoan nya kalah TELAK,,,

  10. Sepertinya perlu petunjuk dari pak bambang sang fenomena dengan teori metualerginya untuk memberi pencerahan mengenai ketidakberdayaan engine dohc sang penakluk yang superior vs mesin potong rumput sang anomali sohc yang lemot dan ngebul ,,, bakar menyan buat pak bambang ah biar dateng ikut diskusi di warunge motogokil

  11. Wajar sih.mesin gen vixion ini kan mesin paling banyak racing part nya.gampang bgt nyarinya.jupiter mx aja kalo pake spare part full uma racing bisa dapet 33hp.minimal 26hp dapet lah buat harian.dan itu plug n play

  12. cuma pasang piston 550rb bisa 14000 rpm? haha, fby emang bego banget dah.. bagaimana dengan per klep, klep, bearing, ring piston, rocker arm, kruk as, conrod, dll.. apa masih standart juga bisa tembus 14000 rpm gak meledak? yakin? wkwkwk

  13. Ngakak aja dari komen ghost… :v “cuma” pasang piston 550rb bisa 14rb rpm ????? Gak ganti ecu?? (ecu standar mana mungkin mau naik ke 14rb, 13 rb aja gak mungkin. gak ganti tachometernya juga???

  14. Tim honda lagi fokus kali om masukin kelas 600 cc dan support pembalap utk masuk ke kelas wsbk (600 cc), moto2 dan moto 3. Jd dana lebih pengembangan pembalap. Jd ga fokus irs cuma di sekolah balap CMIIW

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan