[Analisis] Up Grade Performa Satria Fu 150 Fi Street Performance

Jpeg
The Red Bullet

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah mengamati sendiri, part-part yang mempengaruhi performa suzuki satria fu 150 fi, hampir semuanya di-set minimalis. Kemudian ketika melihat/membaca hasil oprekan sederhana (rat motor sport), dengan cara melepas filter, porting dan aplikasi 02 manipulator, ternyata peningkatan powernya lumayan. Maka timbulah beberapa pemikiran liar motogokil, untuk mencoba mengetahui bagaimana caranya meningkatkan performa satria fu 150 fi dengan mudah.

Yang motogokil asumsikan mudah adalah tanpa mengganti ECU. Sehingga tidak mengubah beberapa variabel dari ECU standar yang sangat berpengaruh terhadap performa, misalnya timing pengapian dan durasi injector. Jadi yang diubah hanya pada oprekan yang bersifat mekanik dan sedikit penggantian part standar. Mari kita mulai…

Menurut rat motor sport, pelepasan filter udara+porting+o2 manipuator akan mempau meningkatkan power satria fu 150 fi dari 17.187 dk menjadi 19.9 dk, naik 2.7 dk, maksyos tenan. Dan ubahan tersebut, tanpa mengganti ecu dan  juga knalpot standart. Dari ubahan ini dapat difahami bahwa :

  1. Dengan ubahan lepas filter udara dan porting, volume udara yang berhasil dihisap meningkat. Atau bisa dikatakan efisiensi volumetrik (VE) nya naik.
  2. Diinformasikan bahwa dengan ubahan 1, mesin mengalami overheat. Berarti dengan bertambahnya volume udara, o2 sensor tidak mampu memberikan informasi yang optimum agar afr-nya mencukupi. Akhirnya campuran terlalu miskin, dan ruangbakar menjadi cepat panas.
  3. Dengan ditambah o2 manipulator, ecu “ditipu” untuk menyemprotkan bensin yang lebih banyak dibandingkan saat standar, sehingga afr yang dibutuhkan terpenuhi.

Ubahan ini tanpa mengganti knalpot standart dengan knalpot racing, sehingga pembuangan gas sisa pembakaran tidak optimum. Dan hal ini akan memberikan kontribusi mesin cepat panas akibat ubahan 1. Jadi dengan penggantian knalpot dengan ukuran yang sesuai dengan ubahan 1, maka power bisa lebih tinggi lagi.

Sekarang akan kita lihat seberapa besar peningkatan VE-nya dengan hanya melepas filter udara dan porting yang telah dilakukan

00 Satria fu 150 fi open filter+porting+o2 manipulator

Jadi ubahan di atas mengakibatkan VE naik 5%, peak power bergeser ke 11500 rpm dan AFR lebih miskin dari standart-nya. Jadi jika ada bro-bro semua yang ingin mendapatkan peningkatan performa seperti ini maka beberapa langkah inilah (versi motogokil) yang harus dilakukan :

  1. Melepeas filter udara, atau menggantinya dengan filter racing. Atau memodifikasi filter standar untuk mendapatkan penampang yang lebih besar
  2. Melakukan porting dengan bor tunner, lihat bagian yang harus dikikis dari intake portnya
    • 00 Head-Cylinder-Portingan-Suzuki-Satria-FU150-FI
    • Jadi dalam kondisi standart, bagian yang dilingkari merah ini sungguh merugikan air flow, dan bagian inilah yang dihilangkan.
  3. Tidak menggunkan 02 sensor, tapi cukup mengganti injektor dengan debit yang sedikit lebih besar
  4. Ganti knalpot dengan knalpot racing, atau bisa menggunakan leher knalpot ncb150, karena diameter header lebih besar dan lebih pendek.

Menurut prediksi motogokil, dengan ubaha sederhana ini, powernya insya Allah akan meningkat lebih tinggi lagi, mungkin sekitar 21 dk on wheel. Dan ubahan yang seperti ini berlaku untuk motor apapun dengan sedikit penyesuaian. Monggo sukarelawan yang mau mencoba, resiko ditanggung masing-masing ya….wkwkwkwk

Mohon maaf jika ada salah dan kelirunya. Mohon masukan bagi suhu-suhu yang lebih faham. Dan semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

20 Komentar

    • Menurut prediksi motogokil, dengan ubaha sederhana ini, powernya insya Allah akan meningkat lebih tinggi lagi, mungkin sekitar 21 dk on wheel. Dan ubahan yang seperti ini berlaku untuk motor apapun dengan sedikit penyesuaian.

      21 dk on wheel mas bro,,,,bukan diatas kertas

  1. Apa si yg bkin safi kalah sama sonic di dyno om dosen??
    Kenapa delivery power on the crank ke whell lose nya gde banget??

  2. Klo sy bro….eman, cukup apa adanya….yg biasa aja minumnya pertamax, apalagi dibikin super, apa gak nambah biaya….byuh…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan