Ternyata Jumlah Kampas Kopling NVA (New Vixion Advance) Hanya 4 Buah

perbedaan kampas kopling nvl dan nva

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sistem kopling adalah perangkat yang digunakan untuk mentransfer tenaga putar, dari crankshaft di gearbox. Karena sistem ini juga dirancang untuk membantu perpindahan gigi secara halus, maka kopling dapat di aktif/non aktifkan, dengan cara menekan per kopling. Normalnya kopling berada pada kondisi aktif, dan saat ditekan baru lemudian ia non-aktif.

Salah satu penentu kemampuan transfer tenaga dari sistem kopling adalah besarnya gaya gesek antara kampas kopling dan plat kopling. Dan besarnya gaya gesek ditentukan oleh :

  1. Luas area gesek (jumlah kampas kopling)
  2. Koefisien gesek (konstruksi permukaan kampas dan plat kopling)
  3. Posisi rumah kopling (di luar/kering atau di dalam bak oli/basah)
  4. Daya tekan (kekerasan per kopling, jumlah per kopling dan kehomogenan tekanan)
  5. Dan lain-lain

Umumnya semakin besar performa engine, maka gaya gesek yang dibutuhkan semakin besar. Hal tersebut ditandai dengan banyak jumlah kampas kopling, kerasnya per kopling yang digunakan. Dan konstruksi permukaan plat kopling serta posisi rumah kopling di luar/kering.

Nah gambar di atas menunjukkan bahwa terjadi pengurangan jumlah kampas-plat kopling pada vixion generasi terbaru (nva). Pada nvl jumlah kampas-plat kopling nya 5-4, sedangkan pada nva 4-3. Menurut motogokil, ada beberapa kemungkinan dan pertimbangan yang menyebabkan yamaha mengurangi jumlah kampas-plat kopling di nva, yaitu :

  1. Kualitias kampas-plat kopling nva lebih baik dibandingkan milik nvl
  2. Power engine nva lebih kecil daripada nvl
  3. Cost down

Setahu ane, semakin tinggi power engine sebuah motor harian, jumlah kampas kopling “relatif” semakin banyak. Seperti halnya motor-motor honda, engine c-series (mungkin juga revo dan suprax125) kampas kopling 4 lembar. Sedangkan generasi gl (tiger, megapro dll) serta cbr (cs1, cbr150 dll) dengan tenaga yang jauh lebih besar dilengkapi dengan 5 kampas kopling (4 biasa dan 1 agak kecil+judder spring). Motor performa tinggi dikelas yang lebihb tinggi lagi, mungkin semakin banyak lagi kampas kopling (motogokil tidak tahu, karena tidak punya).

Artikel ini hanya sekedar info saja, bagi pemilik nva dan nvl. Sepertinya untuk perangkat kampas koplingnya tidak bisa pnp, karena beda kode dan beda konstruksi. Jadi hati-hati jangan sampai salah beli saat ingin menggantinya, khawatir tidak bisa pnp, malah rugi.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

22 Komentar

  1. Pantesan lemotttttt,,,,honda dilawan???? Ora iso coyyyyyy,,,,ngoahahaha
    C’z u must to know…..

    Honda adl takdir
    Honda adl kenyamanan
    Honda adl jati diri
    Honda adl kekuatan
    Honda adl kemapanan
    Honda adl keniscayaan
    Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  2. kalu konsumen dah kadung percaya ma sport ymh,

    mau dikurangi juga ngak masalah, mau deltabox + banana look like juga ngak masalah,

    r25 di sunat juga ngak masalah toh

    • yakin lemot? sini coba diadu ama jupiter z ane yang cuma 4 kampas menang mana? kalau ngitung sesuatu jangan dilihat semakin banyak semakin bagus. tapi lihat efisiensi nya. walau 4 tapi kalau daya gesek kampas lebih baik ngapain pake 5 kampas(4 besar+1 kecil)

  3. .Sedangkan generasi gl (tiger, megapro dll) serta cbr (cs1, cbr150 dll) dengan tenaga yang jauh lebih besar dilengkapi dengan 5 kampas kopling (4 biasa dan 1 agak kecil+judder spring)

    Suzuki Tornado GS itu 6 lembar kampas kopling

    :v

  4. Mungkin berkenaan dengan mudah ausx kopling nvl dulu dengan mengurangi jumlah kampas kopling memudahkan sirkulasi oil yang masuk ke kampas sehingga kampas ga cepet aus… Btw dulu pwrnah lihat jupiter mx 135 yg punya kasus sama akhirnya kampas barunya di kikir celah di kampas kopling diperbesar..

  5. jupiter z1 cuma 2 kampas kopling
    supra 125 4 kampas kopling.
    semua juga tahu mana yg tenaganya lebih besar.

    tapi memang sih penurunan spek dr 1 spesies yg bikin gelo

  6. kata siapa honda segala nya.
    tiger lu test sma new vixion advance gua aja skalian.
    taruhan bpkb motor.
    gua kopdar di citra raya .
    o.v.o.b
    one vixion one brother.
    nva gua touring.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan