[MotoGP] Dengan Motor Lebih Kencang Pun Valentino Rossi Gagal Podium

mm93 vs vr46

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Balapan motogp di qatar telah selesai tadi malam. Balapan berlangsung tanpa greget, biasa-biasa saja. Lorenz0 (jl99) dengan yamaha yzr m1 yang memang sangat kuat dari awal (fp-qty) akhirnya podium-1. Sedangkan ducati yang memang biasanya kuat di qatar juga podium-2. Sedangkan honda yang terseok-seok karena didera masalah ecu, engine liar dan ban, akhirnya mendapat sisa podium-3.

Sepertinya semua hampir sesuai dengan ekpektasi sebahagian besar pengamat motogp, kecuali performa Rossi (vr46). Sewajarnya rossi dengan motor yang identik dengan motor jl99, mampu merangsek ke podium, minimal di bawah jl99 (podium-2). Akan tetapi kenyataannya ia sangat sulit menyusul rider 3 terdepan. Ada apa ya ? Padahal motornya paling kencang dibandingkan jl99 dan mm93 (tapi masih di bawah ad04). Selain itu rossi sudah terkenal sangat piawai melibas tikungan, mengapa sampai akhir tidak mampu menyusul jl99-ad04-mm93. Berikut catatan top speed rider motogp tadi malam.

topspeed qatar 2016 race

Hal yang sama juga terjadi pada mm93 yang tidak mampu menyusul jl99, meskipun topspeednya lebih kencang. Tapi masih mending mm93, karena motor rc213v nya memang masih terlalu liar, terbukti dengan beberapa kali melebar saat lepas tikungan, apalagi setelah stright panjang.

mm outside

Sayangnya saat itu vr46 tidak berusaha melibas dari dalam, sehingga mampu menyusul mm93. Menurut motogokil, kurang agresif nya rossi kemungkinan karena beberapa sebab.

  1. Realistis, karena di depan 4 pembalap sangat kuat
  2. Tidak perlu ngoyo baru balapan pertama, masih ada banyak race lagi dimana saat itu ia sangat kuat
  3. Tenang dan santai karena sudah tanda tangan kontrak 2-tahun ke depan
  4. Grogi gara-gara disusul mm93, khawatir saat duel, mm93 berbuat curang (ingat regulasi sekarang berubah)
  5. Rossi merasa kurang kencang (padahal sudah cukup kencang menurut tabel di atas)

“Saya tidak memiliki cukup kecepatan kali ini. Saya tak cukup kuat untuk melakukan serangan di satu bagian yang biasanya saya sedikit lebih cepat ketimbang pembalap-pembalap yang berada di depan saya,” tegas Rossi mengutip dari Motorsport, Senin (21/3/2016).

Banyak juga yang menuggu aksi duel rossi-marquez kecewa, karena tidak mendapat tontonan yang diharapkan. Padahal rossi sudah sangat dekat dengan mm93, tapi yaahhh sudahlah. Sampai akhir lomba duel tersebut tidak terjadi. Selamat buat yamaha dan lorenzo, selamat juga buat ducati yang sekarang sangat kuat di semua sektor, dan honda yang masih sedikit kacau (untung marquez mau usaha menyesuaikan style nya) semoga bisa lebih sip setting-annya di race berikutnya.

Hasil race tadi malam

2016 01 qatar race result1

Pencetak fastest lap

2016 01 qatar race result

 

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

23 Komentar

  1. Dovizioso juga langsung melempen setelah diovertake JL dan gak bisa bales sama sekali, kenapa kok bisa gitu ya Pak Dosen ? Yg jelas dovi gak bantu JL 😀

  2. Rossi udah termasuk superior dengan umur yg udah uzur di usia.pembalap masih bisa tetap kompetitif di balapan. Coba kita liat nnt lorenzo marques dani dll apa di usia seperti rossi masih bisa kompetitif juga??

  3. Rossi sdh cepat bahkan lebih cepat dibanding tahun lalu waktu, Rossi hanya “sial” saja tdk bisa naik podium! Lho, sial apanya?? sial 3 pebalap yg di dpn nya lbh cepat lg….wkwkwkwk…..

  4. jgn gitu dong om gokil, si momok bilang motor kasta rendah bisa mengasapi motor duc n hon, padahal jagoannya si rosikil keok kena asap 3 pembalap didpn, sesek banget deh, ngah ngah ngah

  5. kalau emang menikmati balapan saja, ga pake unsur sentimen krn rasa fanatik terhadap rider tertentu ,
    itu di ujung race kan MM dovi juga mainnya Cecep Susu.

    cepet cepetan susul susulan

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan