Korekan Sonic150R Sudah Mencapai 27 HP. Lumayan Meskipun Masih Kurang

Honda-Sonic-150R IRRC Tasik Front

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tahun kemarin sonic150r babak beur dihajar mx king dan satria fu (karbu) di ajang balap nasional. Bahkan ada beberapa motor berbasis engine k56 ambrol, sebelum balapan selesai. Dan kejadian ini sering menjadi bahan bully-an para fby terhadap fbh. Sedangkan saingannya bergantian juara di berbagai turnamen. Wajar juga sih, karena satria dan mx king berbasis mesin lawas yang korekannya sudah berkembang dan teruji, sedangkan sonic150r (k56) belum genap berumur 1 tahun, masih newbie.

Menjelang balapan tahun 2016 ini, korekan sonic150r telah berkembang. Kalau tahun lalu baru mencapai 23 hp, saat pada tahapan yang belum final, power sudah mencapai 27 hp (on wheel/dyno). Dan ditargetkan nantinya saat korekan mendekati final, powernya bisa mencapai 29 hp.

Kupret (sang mekanik) menjelaskan bahwa ubahan yang dilakukan sampai saat ini adalah :

  1. Modifikasi camshaft
  2. Porting dan polish
  3. Piston forging kawahara high dome
  4. Throttle body 32 mm (milik cb150r di-reamer)
  5. Aplikasi velocity stack
  6. Injector kedua di mulut stack
  7. ECU Arcer

Sementara part lainnya masih standar, termasuk klep dan yang lainnya. Oprekan selanjutnya akan dilakukan sambil menunggu regulasi balap fix [Sumber motorplus minggu lalu]. Sepertinya mekanik yang menangani sonic150r masih berkutat pada pengoptimalan efisiensi volumetrik, masih belum terlihat ubahan yang mengarah pada radiator, sebagai sistem pengaman saat engine sudah terlalu panas.

Karena kemarin saja mx king sudah mencapai 29.2 hp, tentunya dalam waktu yang cukup singkat ini, sonic150r harus segera mencapai targetnya. Karena kalau tidak, maka peristiwa tahun lalu bisa terulang. Apalagi satria fu sudah membekali motor barunya dengan engine yang lebih ganas dari tahun lalu, meskipun masih baru, tapi dapat menjadikan perjuangan sonic150r semakin berat.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

36 Komentar

  1. Pantas saja sonik dan cb150 ga laku oprek dkit jebluk..
    Sprtinya anda lupa pak kmren old cb overbore jg ikut balapan yg basisnya cbr thai,, tpi kalah juga.. Sulit bgt ya kalau mengakui dohc hnda itu lemot.. Pdhal faktanya sprti itu

  2. Pak dosen itu liner sama klep masih std kah????moso smpe 27 hp pdhal klep in ex blum digedein
    Rpm main brp??
    Hrusnya linernya gnti yg nikasil kaya mx king di set 13rbu rpm biar partnya skali pake heheh

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan