Kerja Tim SWAT AHM Kurang Optimal, Penjualan New CB150R Kembali Jeblok

NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Mengawali tahun 2016 ini, motor sport honda kembali terpuruk. Sesunggunya penurunan market share sudah mulai terlihat di ahir tahun kemarin desember 2015. Dimana setelah dua bulan unggul (oktober dan november 2015), kemudian pada bulan desember, motor sport honda kembali kalah oleh yamaha.

Angka penjualan yang cukup memprihatinkan adalah penjualan new cb150r (ncb) dibandingkan dengan rival terdekatnya new vixion advance (nva). Karena perbedaanya sangat signifikan, jumlah nva hampir tiga kali lipan ncb. Coba lihat tabel berikut…(bulan januari 2016)

data aisi jan 2016 ncb vs nva

Memang penjualan motor (apalagi motor sport) sedang lesu, jadi wajar jika penjualan ncb turun. Akan tetapi penurun yang terjadi pada penjualan ncb begitu parah, alias anjlog, jika dibandingkan kompetitornya yaitu nva. Penjualan ncb bulan januari 2016 jika dibandingkan dengan bulan desember 2015 turun lebih dari 15000 unit, sedangkan nva turun hanya sekitar 10000-an unit.

Praktis dengan penurunan penjulan yang begitu besar dan persentasi market shara yang jauh berkurang, menunjukkan performa penjualan yang kurang baik bagi ahm. Jika beberapa bulan yang lalu, tersebar kabar bahwa ahm telah membentuk sebuah tim swat untuk memenangkan motor sport, maka hasil ini menunjukkan kinerja tim swat yang tidak optimal, kalau tidak mau dikatakan buruk.

Karena (menurut ane) ncb150r telah memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan rival nya, jadi dari produknya tidak ada masalah. Begitu pula dengan fasilitas 3s yang dijanjikan ahm, juga tidak ada masalah. Lalu dimana masalahnya, sehingga ncb jauh tertinggal jika dibandingkan nva ??? Masalahnya terletak pada kegiatan promosi dan pengenalan produk ke masyarakat.

Jadi yang bertanggung jawab akan kekalahan ini adalah, tim swat + tim pemasaran/promosi. Mungkin salah satu penyebabnya adalah mereka terlena dengan keunggulan produk (ncb). Dikiranya masyarakat akan tahu “sendiri” bahwa ncb lebih unggul dibandingkan rivalnya ? Tantu saja tidak, apalagi motor naked klan vixion sudah merajai selama bertahun-tahun, sehingga sudah memiliki kesan yang mendalam di masyarakat awam. Untuk merubah mindset masyarakat ini, tentunya butuh usaha yang lebih intensif. Dan mungkin saja tim swat belum melakukannya.

Mohon maaf jika ada salah dan kelirunya, emoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

49 Komentar

    • Yang special edition selisih 1jt dgn yg standar. NCB standar vs NVA standar, NVA sudah dilengkapi visor dan undercowl, NCB standar blm ada. Itupun NCB standar lbh mahal 1jt dari vixion.

      Kalau menurut saya NCB standar harus sudah dilengkapi dengan visor dan undercowl (dengan opsi bisa dilepas ) dengan tersedia juga varian rangka teralis warna merah nya.

      Sedangkan utk special edition pake livery repsol. NVA juga kan yg SE nya pake livery movistar jg. Kalo sudah gini baru bisa head to head melawan vixion

  1. udah buka stand di ind*maret deket rumah gw pake mobil pick up..tapiiiiii…..new CB ditaruh di bawah dan terkesan dibiarkan gitu aja…yang dinaikin diatas pickup dan dikasi lampu adalah vario 150 dan scoopy….soo udah jelas yang menonjol yang mana kan

  2. mungkin,…..potensial buyer takut di tilang pak, karena lampunya silau bingits saat boncengan sinar lampu dekatnya jadi lurus ke depan tanpa ujung, plus pak kumis belum tau kalau itu lampu standart pabrikan,hehehehehe

  3. “oveekill’ yg membuat penjualan sport honda lesu, tau sendiri pembeli honda lebih banyak yg konservatif klo diawal peluncuran produk boom ternyata terbukti itu bukan pembeli sport honda sesungguhnya..
    bisaa jadi inilah alasan fireblade didesain masih dibawah r1 atau zx1 yg race oriented… jadi bukan untuk balap sesungguhnya…cuman buat gaya aja dan glèsèr…

  4. Malah wis biarin aja kalah penjualan pak Guru.. kesanne malah jarang yg pake.. asik iku.. drpd dicap motor sejuta umat..pasaran..dsb2..

  5. Pertimbangan servis rutinnya NCB bakal lebih mahal dari NVA mungkin… Secara kalo kelas 150 cc buyer bakal mikir2 kalo sparepart mahal2. Apalagi NCB DOHC. Pasti partnya banyak dan biaya perawatannya mahal.

  6. Pak dosen bukanya tim swat jga yah
    Tolong di jelaskan pak soalnya ane newbie knpa ya ncb kompresi 11an tpi kluaran tenaganya ga nyampe 17ps bkanya kompresi tinggi tenaga jg hrus tinggi juga trs kalau misal kompresi ncb di turunin jd 10,4 apakah brapa tenaganya soalnya kn sang rivalitas sjati nva kompresi nya sgtu

  7. Brarti konsumen yg beli gak merasa dpt value yg sesuai dgn uang yg dikluarkan. Jadi efek member get membernya ga dpt. Alamat facelift lagi nih..

    • masih kurang ngereget performanya,
      udah tau sering di bc “dohc abal2” bukannya ditunning high performa, menang mahalnya doang….. xixixixixixi

      petingginya malah curhat di media ,
      target kami bukan market leader tp kepuasan konsumen
      total control….bla bla bla

  8. Berarti ncb belum bisa diterima baik oleh konsumen. kebetulan saya punya teman yg beli ncb, masih muda 21 tahun. setelah ngobrol ngalor ngidul tentang ncb ternyata dia tidak tahu kalo mesin ncb beda ama old cb. yg dia tahu hanya ganti model. disini membuktikan tetek bengek soal mesin bukan menjadi pertimbangan konsumen. yg paling gokil malah tanya gimana cara mensetel clip jarum skep pada ncb. tak ayal membuat sy n temen lain nyengir ketawa geli.

    • Casing juga gak bohong bro… hayoooo….siapa yg mau jujur? Secara casing, Nva masih bejaban banget dgn ncb.. bahkan buat sebagian orang nva masih diatas ncb.. bener gak hayooo? Jangan fb buta ya yg jawab… hehehehe thats one of strong point at this market… belom lagi blunder dohc… slogan performa high rpm tp rasa performa low rpm… wtf, what kind of this dohc?….ngoahahahahaha

  9. Wajar aja sih.
    Soalnya ncb overprice. Coba bandingin, performa beda tipis malah gk terlalu berasa.
    Harga jual (sorry bahas ini tapi orang indo masih patokan ama ini) vixion lebih tinggi dari cb 150.
    Sparepart vixion bejibun part performa tinggal sesuain budget.nah terakhir harga, orang indo paling sensitif nih.
    Ncb fiturnya cuman menang lampu led sama ban lebih gede doang. Kalo dohc ane gk terlalu mikirin.

  10. kenapa tidak dibantu lagi saja sama motogokil sendiri, biar sales NCB tidak makin terjun bebas, kan sudah dibantu dengan ikutan beli NCB, maka selanjutnya kenapa tidak ikut dibantu dengan membuat artikel tentang oprek enginenya, tentang coretan kertas buramnya, hitungan rumus2nya, kelebihannya dibanding NVA, dan lain sebagainya, sesuai kompetensi anda sebagai dosen di bidang permesinan :))

    • emangnya ahm mau mbayar berapa milyar ke motogokil ?

      kalau kelebihannya ncb dibanding nva nggak usah dibahas secara detil, karena ane pernah punya nvl
      kalau dibahas khawatir yang beli nvl dan nvl pada nyesel, kasihan juga yamaha
      kalau mau tahu, pm saja.

      • NCB bagus ketika dilihat dari belakang aja, depan samping dan speedometernya terlihat biasa saja…
        Rata2 dijalan yg pakai NCB ane lihat platnya bulan 11 2015..bulan januari belum pernah kelihatan di jalan. Indikasi penjualan macet.

  11. Yang pasti nyesel tuh yang beli old cbsf ….. dalam 2 tahun motornya jadi kuno, mo dijual harganya terjun bebaass…… nangis bombay sambil kojel-kojel dah 😀

  12. Ane punya nvl 2013 warna merah, sejauh ini ane puuaass om Gokil….yang penting perawatan….. pertamax always, busi iridium, oli supersport, service rutin, tiap pagi dibersihin, kinclong always…….sampai sekarang power nggak ngedrop dan trouble free…. klo di jalan ada aja yang merhatiin baik terang2an atau curi2 pandang 😀

  13. menurut ane.. karena “image” sparepart ori honda mahalnya nggilani.. contoh aja,Old cb150 pas baru keluar harga bohlam ori nya mencapai 400ribuan.. nah dr situ aja orang yg make aja udh berpikir mahal apalagi yg potensial buyer…

  14. “kesan mendalam di masyarakat yang awam”..

    giliran YAMAHMUD yg menguasai, dibilang masyarakat awam. giliran HONDA yg merajai dibilang masyrakatnya skarang cerdas2..
    piye to iki lek??? hehe

  15. Belum tentu jebloknya pnjualan cb krn tim swatnya, bisa jd para konsumen mndengar smriwing cbr keluar trbaru dan mnunda pembelian ngintip dulu kyk apa cbr, jk bulan Pebruari n maret cbr mbludak penjualannya bisa jd mmg konsumen mnunda beli motornya untuk mnentukan pilihan

    • Bukan masalah itu, cbr sma cb beda kelas kn yg satu sport naked yg satu fairing
      Kalau mnrt saya malah karna kompresi mesin trllu tnggi tpi prforma biasa aja ga beda ama vixion
      Inget mas bnyak daerah yg prtmak ga stok di spbu
      Trs hrga lbih mahal dr vixion gap nya lumayan
      Sdah kodrat org indonesia klo mslah hrga,, kembalian dari warung 500rupiah saja di harepin kok apa lg ini jutaan

1 Trackback / Pingback

  1. Memang Target Jualan Motor dari AHM, YIMM dan SIS Berbeda. Terlihat dari Brosurnya | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan