Sonic150R dan MX King Harus Kerja Lebih Keras Jika Ingin Bersaing dengan Satria FU 150 FI di Ajang Balap

Satria fu 150 fi vs sonic150r - Mx King

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Hadirnya satria fu 150 fi, membuat persaingan pasar motor 150 cc semakin sengit. Beberapa biker speed lover, yang sudah membeli mx king maupun sonic150r kemungkina besar sesak nafas setelah mengetahui performa satria fu 150 fi ini. Dalam kondisi standar performa yang ditawarkan oleh satria fu fi ini (brosur) memang levelnya di atas kompetitor.

Dan jika nanti ada event balap bebek super, yang mensyaratkan motor dalam konsisi standar ting-ting, bisa jadi satria fu fi langganan juara. Tapi jika pada balapan full oprek, sepertinya keduanya bisa mengimbangi satria fu fi ini dengan catatan, keduanya harus bekerja lebih keras dari satria fufi. Beberapa hal yang menjadikan satria fufi 1 langkah di depan kompetitor dalam pembangunan motor balap adalah :

  1. Volumenya, biasanya panitia masih membolehkan oversize sampai mendekati 150 cc. Dan satria fufi ini dengan power standar 18.5 ps, ternyata volumenya baru 147. 4 cc. Sedangkan sonic150r dan mx king sudah mencapai 149,x cc. Dan ketika satria fufi meningkatkan volumenya sampai 150 cc (oversize 50), dengan kondisi standar saja, powernya bisa mencapai 18.8 ps (naik 0.3 ps)
  2. Sonic150r dan mx king harus mengganti banyak komponen untuk mencapai VE yang optimum, seperti throttle body dan klep sedangkan satria fufi masih bisa menggunakan part standar nya. Part-part satria fufi lainnya dengan kualitas mumpuni yang masih bisa digunakan untuk balap adalah radiator, per klep dan perangkat rem.
  3. Sonic150r dan mx king harus melakukan treatment pada silinder, piston dan ring-pistonnya agar mampu mengail power di rpm tinggi (maklum stroke-nya panjang), sedangkan satria fufi cukup menggunakan part standarnya (maklum juga stroke nya pendek dan sudah SCEM pada silindernya).

[Bagi bro yang kebetulan sudah beli dan membongkar engine satria fu 150 fi, mohon dikoreksi jika ada kesalahan, dan ditambahkan jika ada kekurangan].

Memang semuaanya perlu pembuktian. Baik penggunaan di jalan raya maupun di even balap. Tapi sementara ane masih percaya dengan apa yang pernah ane percayai sejak dahulu (hasil investigasi penggunan dan info dari mekanik balap lawas). Bahwa untuk part dari motor suzuki yang tergolong premium (bukan motor entry level), biasanya part tersebut sangat mumpuni, di atas rata-rata motor jepang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

51 Komentar

  1. hmm,, 18ps harga 21jt, part high quality, sijuki ms kurang dari 2%
    ??
    mungkin pertengahan tahun ini akan keluar jg satria young-2 20ps
    😀

  2. Pak dosen mau nanya nih, kalau saat oprekan balap, perklep itu diganti dengan meladeni putaran tinggi tok, atau karena hantaman power juga ?

    lalu, setau hasil baca di tmcblog tentang scem (mohon koreksi jika salah) dituliskan ” membuat lapisannya nggak gampang dan lapisannya sulit untuk dikeletek .. ” dan ” SCEM ini tipis ( ketebalannya biasanya berada di angka 10 -100 μm ) tapi cukup Kuat, saking kuatnnya, sulit untuk di Kolter ( bubut dsb) ”

    diketahui lapisan SCEM nya suzuki itu tipis tapi sungguh keras, dan mengacu di artikel buatan pak dosen ini, jika ingin oversize seperti poin 1, sementara masih mengandalkan scem seperti poin 3, brrti mau memanfaatkan poin 1 dan 3 sekaligus, apakah bisa dikombinasikan, oversize dan scem ?

    • kalau tim privatir tidak akan melakukan point 1
      tapi kalau tim pabrikan mungkin saja mendayagunakan point 1 dan 3, maka yaitu oversize menggunakan blok mentahan (belum scem), kemudian silinder di-treatment dgn scem.

  3. eehh,,, tb” kepikiran…
    lha terus Supra X-150 ntar arahnya kemana?
    ..
    masak overbore,, lha wong k45g fairing ganteng aja overstroke!
    ..
    masak overstroke,, lha kan udh ada sonic dari per-bebek’an?!
    ..
    performa mau ditaruh di atas sonic ato dibawah?
    klo di atas.. helloww nglangkahi kodrat!
    klo di bawah.. lha digae opo lak mending vario ae lek ngono?
    😀

    • kok ga boleh overstoke, siapa larang ? kan yg suka bebek beli supra, suka ayago beli sonic,

      nah masalah perfoma ini ane kepikiran, sementara supra katanyaX-150 mau dibenturkan ke MXking khususnya segmen, harga, performa serta bannya. nah.. itu karet besar dan isunya shock depan besar dan segala kegambotannya itu masa dikasih harga lebih murah dari sonic ? mau dikasi agak mahal bakal jauh dari mxking .. mungkin ada yg ngerti ? wkwkwk

      • seinget gw dulu waktu OCB kluar yg digaungkan itu Overbore, dan mesin overstroke itu identik dengan mesin bebek, vixion itu sport cita rasa bebek. jadi klo CBR dan NCB pake mesin overstroke jd kesimpulannya?

        sport cita rasa bebek bukan?

        :v

    • Gada crita Supra 150 overbore. Masa level entry mesin beda sndiri? Lebih masuk akal kl k45g yg overbore, itupun ternyata tidak. So, bye bye overbore Ahm.

  4. Yamaha tinggal comot spek motor balap tahun kemarin begitu juga honda…menurut saya sih yamaha n honda masih berjaya soalnya safu fi baru brojol pasti pengembangan mesin lom maksimal

    • tapi potensinya udah gede dan disiapkan dari sononya, gak seperti mxking dan sonic yang harus mengembangkan potensi bawaan pabrik yang gak besar besar amat untuk kekuatan lebih lanjut di balapan,, ya walau potensi yg dikail musim ini udah tinggi

  5. seperti yg pernah
    dikatakan petinggi suzuki
    suzuki cuma ambil untung dikit
    dari konsumen indonesia

    suzuki menghadirkan
    satria untuk mereka pecinta
    kecepatan tanpa perlu
    mengeluarkan budget lebih
    buat mengganti part ini dan itu

    dengan budget 21 jutaan
    anda mendapatkan motor sport
    yg tdk sekedar berbaju sport
    tapi dalemannya bebek standar bapak2

    salam otak kiri

  6. engine satria fu fi emg ngeri bro.. engine ini sbnernya dlm kondisi sm2 std pabrik udh nggk bisa disandingkan dengan engine2 lain sperti engine mx king, sonic, bahkan dengan engine cbr150 yg overbore.. karna emg engine ini udh diset hampir semi race oleh suzuki.. beda dengan engine2 lain yg masih diset untuk penggunaan harian.. contoh kecil kyk limiter yg dibuat tinggi 13000 rpm, TB 32 mm, dll.. jadi memang setingan engine baru fu fi ini dari sononya emg udh diset diatas level2 engine lain.. cbr150 aja yg punya stroke lbh pndek dan sering main putaran atas aja limiternya masih dibatasi cm di 11500 rpm, jelas banget tuh motor masih diset untuk pnggunaan harian..

      • Tornado GS dari tahun 1994 aja CDI nya udh unlimiter om. CDI dan magnet nya sering dipakai pengguna RGR. Kelemahan tornado GS cuma 2:

        Karbu ukuran kecil VM16 sedangkan F1ZR itu VM20SS
        Plat Diafragma, emang empuk sih tp aksel gak nendang.

        so klo mw buat Tornado GS lari cukup gnt 2 itu aja, atau plat diafragma nya didouble, karbu gede, in out bersihin aja. itu jg dah nampol banget kok. kalo cm F1ZR sih enteng klo itu udh dilakuin.

        :v

        • Jgn samakan ma 2tak om, dah jauh beda sensasinya. Sayang 2tak dimatikan.
          Kelemahan tornado itu ngopreknya butuh biaya yg lebih besar dibanding force1 kata bengkel2 disini.

          Klo di bebek 4tak mungkin vega r 102cc yg trakhir cdinya non limiter.

          • eniwei sparepart tornado gs itu mahal bray, apalg jepun punya. kampas kopling aja 400rb, gear primer 450rb, rumkop 500rb, silinder 1jt (-_-“), pompa oli samping 1jt, piston bisa 250rb, stang piston 300rb, knalpot std 500rb.

            wanjeeeerrrr…

          • Nah itu. Parts tornado gak bisa sembarangan. Tornado cm turun klo buat taruhan besar disini om. Klo cm trek trekan mlm minggu cukup force1.

  7. masih inget balap fufi sonic dan meking di blog ini. lap satu fufi di depan dan lap kedua sonic mendekati. Berarti performa gak jauh beda 11-12 . Jadi gak usah over deh. Ekekekeke.

    Coba cari artikel sebeleumnya.

  8. Lah kalo cuma 13ribu rpm
    k15 juga bisa 20rb rpm, youtube ada
    ninja250 bisa 20rb rpm, youtube ada
    Sonic bisa 178kmh on spido ada videonya
    Mx-king katanya bisa 29hp tp blum ada videonya. But Its oke lah…

    Kalo orang gak faham mesin tetep aja susah ngopreknya. Kalo nekat tanpa dasar teori, Paling mesin jd ngempos, tambah boros, bahkan bisa merusak mesinnya.

    Jadi intinya mau pake material kelas dewa kalo standaran paling performanya 11-12.

  9. Hasil ITS 150 kemaren disapu bersih pasukan R15 kok ngak dibikin artikel (Mas Tri saja bikin artikel) sama Pak Dosen, kira-kira apakah CBr150 karena pada pake parts standar pas balapan apa memang sudah mentok mesinnya..

  10. sonic bodi mungil aja hrg udah 21jeti, lah ntar supra150 dikasih hrg brp???? yg katanya mau dibenturin sama mxking baik bodi maupun hrg, pdhal mxking hrg msh 19jeti.
    lah piye,,,,ganti ban n velg gambot, bodi pake sayap khas bebek

    paling koreksi hrg ada pada garpu depan, tp apa iya selisih hrg garpu depan ayago-bebek bisa nutup selisih hrg ban-velg sama bodi sayap????

    klo supra150 hrg bisa -20jeti, berarti bener pake subsidi silang keuntungan jualan supra125 atau beat

    gmn pak dosen?

  11. Kalau MX king mungkin ga khawatir lawan satria, wong menang mulu podium

    Yg jadi masalah Sonic, ga pernah menang sama sekali.. harus di upgrade bgt tuh. Mesinnya juga ga mengakomodir balap kayakanya.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan