Kontradiksi Publisitas Motor Honda vs Suzuki

publikasi fu fi vs ncbr150

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Siang tadi di sentul satria fu 150 fi  resmi dirilis. Tampak motor satria fu fi yang sudah dipersiapkan berjejer menunggu untuk di test oleh para test rider. Kalau kemarin (menurut pengamatan ane) saat all new cbr150 (ncbr) dirilis di tempat yang sama, terlihat test rider antri menunggu giliran nge-test ncbr. Tapi saat perilisan satria fu fi terlihat sebaliknya, motor test-ride yang antri untuk di-test.

Perbedaan kemeriahan di lokasi antara perilisan satria fu fi dan ncbr sangat terasa. Yang satu tampak biasa-biasa saja, satunya lagi tampak meriah gegap gempita. Miris juga melihatnya, karena yang besar seakan-akan semakin besar, sementara yang kecil semakin mengkerut. Dan ternyata publisitas di dunia maya selaras dengan kondisi di lokasi perilisan, kurang greget. Jarang sekali geleri yang menampilkan hasil jepretan satria fu fi saat dirilis, tidak seperti galeri-galeri ncbr yang dipablis banyak blogger [1].

Menurut ane, kenyataan publisitas dan performa kedua motor yang baru rilis (satria fufi dan ncbr) sangat kontradiktif. Karena ncbr dengan power yang hanya 17.1 ps terpablis sedemikian rupa sehingga gaungnya sangat keras di dunia maya. Sedangkan satria fufi dengan power yang jauh lebih besar 18.3 ps hanya sayup-sayup terdengar.

Barangkali inilah yang menyebabkannya :

  1. Blogger yang diundang kurang banyak
  2. Acara perilisan biasa-biasa saja (tidak mendatangkan pembalap terkenal)
  3. Terlalu banyak bocoran sehingga ketika publis sudah tidak ada unsur “surprise” nya
  4. Sudah maklum bahwa satria memang kencang, kalau sekarang tambah kencang ya wajar karena memang harus ada peningkatan pada produk yang baru
  5. Dan lain-lain mungkin pemirsa lebih tahu

Tapi ane selalu berharap, meskipun pablis dari para penyebar berita (khususnya blogger) terasa masih kurang meriah, semoga dengan pembuktian kedigjayaan performa satria fu 150 fi ini, suzuki mendapat “peningkatan” perhatian dari calon konsumen. Suzuki harus sesegera mungkin bangkit, sebelum terjadi penguasaan total oleh honda dan yamaha. Mungkin masuknya satria fu fi ini bisa menjadi trigger untuk merangsak maju merebut kembali hati rider “pencinta kecepatan”. Untuk selanjutnya disusul dengan motor-motor yang memang memiliki pangsa pasar yang lebih gemuk, seperti sport 150cc, dan skutik premium.

Tenang suzuki, sebentar lagi ane bantuin mem blow-up kedigjayaan engine dohc overbore 18.3 ps satria fu 150 fi. Semoga artikel-artikel selanjutnya bisa memberikan pencerahan otomotif bagi pemirsa. Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

63 responses to “Kontradiksi Publisitas Motor Honda vs Suzuki

  1. yang datang waktu peluncuran honda, kemungkinan banyak karyawan sendiri dari honda, dealer, finance jadi kelihatan rame sekali,

  2. bang gokil, jgn lupa bahas top speed on rationya si fu fi juga yak 😀 sumpah nih motor powernya bikin ngiri euy.. dan satu lagi, kenapa nih motor peak powernya terlampau pendek untuk limiternya yg begitu tinggi di 13000 rpm ?? apa final gearnya (gear 6nya) bakal overdrive pak gokil ?? mengingat peak powernya jauh dibawah limiternya dan rasio motor yg termasuk berat

  3. Yang ane bingung, om Iwb kenapa ga diundang ya. Baca dan baca, katanya terlalu pro AHM. Terus kesannya muji pabrikan honda berlebihan. Sekalinya berita suzuki di blog kondang relatif sepi.

    Wahai blogger papan atas, berlaku lah adil. Karena adil lebih dekat kepada takwa. Kasihan pabrik kecil begini terus. Walau memang kurang inovasi dari pabrik kecil tp senggaknya bs berbuat adil..

    • supra 2002 ku awet rajet

      lah, bukannya yg nge blow up tim sewot kojel2 itu IWB ya? pro AHM sbelah mananya?

    • IWB itu justru adil…

      Kenapa? Karena yg beriklan di blognya 90% AHM.. Wajar lah kliennya diblow gede2an apalagi CBR150 kan flagship-nya AHM di kelas 150 cc.. Lagipula bermitra sama AHM jauh lebih menguntungkan untuk jangka panjang..

      Coba Suzuki dulu inisiatif ngeblok ad-space iwanbanaran saat masih di server wp.com (sebelum diblok sama AHM trus IWB sewa server sendiri), bisa jadi arah anginnya IWB juga beda..

  4. SIS gak bisa memewahkan blogger layaknya AHM, sepi deh

  5. Weleh2. Liat bukti di balapan aja deh. Kencang mana si sonic sama fu fi. Klo nanti 11 12 yah mending milih sonic. bengkel ahas dan part terjamin. Bye bye suzi….

  6. Yg asti biaya marketing utk kedua product tsbt beda jauh,, gebyarnya juga akan beda.. 20 blogger dibanding dengan segelintir blogger, jelas beda..apalagi peluncuran rcv 2016 juga diadakan disitu, tambah byk beritanya

  7. antiklimaks… kelamaan, bocoran terlalu banyak…

  8. malah mungkin ini emang sesuai rencana SIS.. banyak kasih bocoran, gambar maupun spek (yg memang sudah bikin jd buah bibir) ga usah terlalu bikin heboh.. pas launching di sentul hanya sbg formalitas.. secara satria dah punya nama dan mungkin sadar diri ga ada dana yg cukup banyak

  9. gigi-3 tembus 110kpj itu… gak prnh terjadi di 150cc 4tak pabrikan lain 😀 its really awesome!!
    ..
    sayangnya ayago, gak perlu punya skill mumpuni klo hanya mbawa ayago di jalan, anak aly jg bisa mah..
    ..
    ane sih tetep stay on fairing,, masih banyak pr nya, msh bnyak yg bisa dipelajari, smooth & steering feeling, cornering, weight centering, sampe knee position… ya setidaknya ayago gak akan bikin kita push diri kita buat terus belajar sampai pada level ready to moge!
    Toh hidup itu harus berkembang, mau smpe kapan skill kita mentok di bebek.
    ..
    klo sijuki mau reborn fxr baru ane lirik! 🙂
    Salam Sport Fairing!

  10. supra 2002 ku awet rajet

    mesin langka, satu2nya produk dgn karakter overbore. smoga bisa bertahan.

  11. satria 150 fi pilihan buat yg menginginkan motor 18,2 hp dg harga 20jtan daripada motor 17,1hp kita harus bayar 33jtan.

  12. surve membuktikan,jikalau anda para penunggang motor kelas 150 cc ada fu fi menyalip anda apakah anda tidak kebakaran,,apalagi penunggang motor sport.,
    serasa naik kura kura.

    Kekekekek

  13. Niat beli ada.
    Duit ada.

    Satu2nya yg bikin sy & byk calon pembeli lain pikir ulang & akhirnya batal utk bawa pulang ini motor adalah pertanyaannya ke diri sndiri:

    Mau servis dimana???

    Sayang keblunderan Suzuki di masa lalu yg ga bs maintain dengan baik market sharenya & ga bisa kasi layanan 3S yg baik harus dibayar sekarang, punya produk bagus tapi ga akan bisa maksimal jualannya.

    • Sangat2 setuju..

      Jadi inget ramalan edan si fifauzi 3 tahun lagi suzuki bangkrut.. Ada benarnya juga

      Bayangin jual 18 PS cuma 21 juta.. ??
      Bukannya saya gak mengapresiasi.. Tapi suzuki dapet untung berapa??

      Sonic aja harus disubsidi dari NCB dan CBR, lha Satria emangnya disubsidi Ertiga?? Ertiga aja malah mulai ngos2an dihajar mobilio..

      Jgn lupa ini FU FI yg perawatannya ga semudah FU karbu.. Kalo dealernya bertumbangan, bakal ribet servisnya

    • bulan januari kemarin penjualan ertiga ngalahin mobilio bro,ertiga 3500an,mobilio 2900.Fu fi awal kebangkitan SIS,gak lama lagi ada sport naked nya dan sport fairing nya,basis mesin dari FUfi.power untuk motor sport nya bakal lebih tinggi dari FUfi.service motor fi setahun paling 2x,kecuali service gratis.

  14. klo kedigjayaannya dari motor yamaha mau ga om nge blow up ny??
    jawabnya cuma YA / TIDAK.

    • ya maulah
      kan sudah, dulu waktu awal2 r25 muncul, silahkan baca artikel lama
      sekarang peregrakan yamaha masih lesu, mirip honda jaman dulu saat engine c100 berjaya
      mulai dari star, prima, grand, legenda, revo, supra engine nggak berubah cuma ganti frame sama baju

  15. Ayoo serang suzuki dari segi 3S dan power yang terlalu besar ayo ayo para penboys buta….

    Gw daridulu ga sreg sama model ayago tapi dari segi mesin motor ini gila! Di harga segitu velgnya enkei dan anakan brembo di saat rival ga make enkei lagi dan ada yang sekalian ga make label. Suzuki lagi charity apa emang segitulah sebenarnya harga yang pas wkwkw

    • Charity tepatnya..

      Di artikel om Iwb, sempet terkuak suzuki bingung kasih pricing berapa.. Idealnya 24 juta lha kok ini berani kasih 21 juta??

      Suzuki jelas ga ambil untung.. Mungkin sekedar memperpanjang umur sedikit sembari berharap keajaiban

  16. mungkin merek kompetitor suzuki ngasih angpaw nya gede oom..beda ma suzuki mentingin real n kualitas gak hanya omdo di iklan penipuan.. 😀

  17. semoga suzi mampu bertahan dr gempuran h&y, kesian mereka yg hidupnya bergantung sm nih pabrikan.

  18. tinggal pembuktian dipasaran aja.. dengan power no satu, kualitas materialnya kualitas no satu juga ga..yang jelas seumur ane, beli motor 109 kilo, power ampe 18 hp mikir lima kali 😀 😀 😀

  19. orang cerdas befikir
    servis motor injeksi sangatlah mudah cuma besihin filer udara doang.
    jadi gak perlu bingung mikirin serfis di mana bisa di lakukan sendiri di rumah.

    • Itu bukan orang cerdas tapi Orang Mau Ribet. Yg namanya Servis itu bukan cuma ganti oli & bersihin filter doang.

      Mo setel ecu injeksi bisa? Mo setel CO bisa? Mo ganti seal sok depan bisa? Mo ganti laher bambu swing arm bisa? Mo setel klep bisa? Mo ganti bearing bisa? Mo kuras tangki bisa? Mo benerin kabel kelistrikan bisa? Mo ganti kampas kopling bisa? Dsb

      Dikiranya sekian ribu pembeli motor ini SEMUAnya punya ALAT2 toolkit servis kya bengkel resmi, SKILL kaya mekanik, dan niat buat ngerjain menu2 servis diatas???

      Klo bisapun hasilnya kaya apa? Orang mekanik bengkel resmi yg tiap hari kerjaannya ngoprek motor aja masih bisa ga becus hasil kerjanya, lha ini pembeli yg isinya anak sekolahan, anak kuliah. Pedagang, karyawan kantor, buruh pabrik dsb disuruh kerjain servis sendiri dirumah karena injeksi sangatlah mudah???

      Halo??? Cerdas bgt

  20. after marketnya gimana? service?
    semua pada tahukan.. dealer dan bengkel Suzuki sudah pada tutup..
    motor ini kencang, lalu daya tahan materialnya? safetynya?
    Maaf bukan bc.. tapi saya pernah punya new shogun110 waktu 2002 kampas rem saja waktu itu harganya sudah 70rb, sedangkan pake Genuine Parts 30rban..

  21. Mantaaaaap saya selalu mendukung motogokil.com artikelnya netral, berimbang, dan mencerdaskan

  22. ngga masalah.. pada akhirnya gaung mulut ke mulut fu bakal lebih kencang… 😀

  23. Komentator pada bingung aftes sales mau servis di mna?
    Itu fu injeksi emg kemaren” di distribusi ke mna? Bukanya ke dealer” suzuki?
    Kawasaki jga dealer nya sedikit sparepart jga mahal konsumenya adem ayem?

  24. Saya bingung sebenernya fu karbu menurut saya ga kenceng2 amat, pernah pulsar ug4 saya adu cepat di jalanan kosong dari cikarang-purwakarta trek puluhan km dan satria fu karbu berhasil saya salip di 120kpj dan fu ga ngejar hanya ngebuntut di belakang. Dari sisi akselerasi juga biasa saja, untuk ukuran motor yg kecil dan sangat ringan bermesin 150cc harusnya bisa lebih kencang lagi.

    Tidak hanya sekali, beberapa kali saya test speed dgn fu, saat itu fu gear shift mgkn ke gear 6 di kecepatan waktu 105kpj an (pulsar saya gear 5), yg ada malah makin ketinggalan.

    Yang menyebabkan fu terlihat sangat cepat adalah saat jalanan ramai, gampang meliuk-liuk di keramaian, sehingga terkesan cepat sekali. Tapi saat diadu di trek kosong saya rasa tidak secepat gaungnya.

    Setidaknya itu pengamatan saya, bisa jadi banyak faktor seperti rider, kondisi mesin, dll sehingga fu yg saya lihat seperti itu

    • ug4 stroke 56,4mm secara spec diatas 48,8mm/49mm vs 57,8mm
      meskipun kompresinya rendah, tp karena 180cc, potensi sebenarnya diatas satria fu karbu.

      • Mosok to,,,secara ug180 ama apache160,,msh mng bawahnya apache,,klo atasnya emg kalah si apache,,,tp prnh drag lawan fu di lamer,,tp tetep gk ke uber itu fu,,klo tormax kyanya msh sanggup sih.

      • tergantung ilmu tunningnya bro
        setingan akselerasi vs akselerasi, setingan topspeed vs topspeed.

        kalo apache160 stroke 52,9mm bisa kok menang lawan ug4 dan satria fu.

        apache 160 vs ug4 180
        bore1/stroke1 = bore2/stroke2
        62mm / 52.9mm = (x) mm / 56,4mm
        (x) = 66,1mm jadi ug4 dibore up pake piston 66,1mm/ 193,4cc supaya seimbang

  25. nggak masalah juga kok, suzuki fu fi speknya hampir sama persis dgn satria karbu.

    sebenarnya gampang saja bikin fu karbu performanya mendekati satria fu fi,

    header ganti dengan yang lebih kecil sekitar 23,5mm-24mm buat ngail torsi putaran bawah, silincer standar.
    reduksi diperberat 15 : 36-38
    intake dan karbu diperbesar pake karbu 28-30mm, karet filter seukuran venturi karbu, pake bekas karet radiator mobil cari yg agak panjang 30-40cm, supaya irit
    4, kurangi overlap dan langkah kompresi diperbesar. caranya geser2 gigi sentrik noken in,

    dah itu aja FU karbu bisa naik performanya,
    syukuri saja apa yang sudah kita miliki……. xixixixixixi

  26. SOHC masih berjaya ternyata

    ada yg lupa ngeliput mungkin

    http://balapmotor.net/hasil/hasil-indonesia-track-day-series-its-2016-seri-1

  27. dari duluuu gua udah bilang…Suzuki ini pelit investasi, gak mau keluar duit dulu buat buka bengkel ….lahh ini malah pada tutup, mana mau laris dagangannya

    kl motor begiinian yg beli paling cuma alay….umur 25 keatas udah alergi naik motor beginian

  28. Selamat datang ayago baru suzuki. Semoga yang sudah nungguin nongolnya nih motor segera memborong buat istri, anak, tetangga, mertua, orang lewat, pengamen setempat, hansip, dan masyarakat sekitar. Bravo suzuki, motor sport mu kunanti.

  29. ayo suzuki bangkit,,, ingat, masih ada kesempatan. dan perlu diingat, marketing juga perlu dievaluasi.

  30. beeeeeeeee
    fby sama fbh podo kojel kojel

    kekekek

  31. gue dukung. cause more value

  32. om gokil mau beli fu fi kah?
    mantap om..

  33. Punya duit lebih? Beli cbr150 new
    Punya nyali lebih? Beli fu fi
    Gitu aja kok repot

  34. suzuki bagus sebenarnya mesin nya joss tidak sering rewel tapi mungkin aftersalesnya yang kurang banyak dealer banyak yg tutup mungkin dari segi markerting kurang. kalau honda ya aftersales bagus ahass dan dealer banyak tapi mekaniknya kurang memuaskan menurut saya dan sparpart kadang tidak tersedia di ahass alhasil harus indent.

    • Tull, itu yg bikin ane dulu mundur ambil cs1, padahal asyik motornya.

      • cs1 dulu motor keren kang futuristik teman ane sma malah punya dulu dan ane sering makai tapi kenapa penjualan gak moncer mungkin bentuknya aneh pada zamannya. tapi ane mah sekarang gak terlalu mikir motor lebih seneng gowes pakai sepeda ane

  35. Udh keluar belom part fu fi? Klo udh kluar, mw beli blok + headnya.. mw di tancep ke ncb

    Siapa tau jdi real dohc

  36. Kalo emang fufi laris dipenjualan pasti honda dan yamaha mengupgrade motor sportnya. kalo pabrikan mbuat motor 150cc 18hp itu mudah tapi apa berani pabrikan memberikan harga murah untuk motor power sebesar itu. karena untuk menghasilkan power besar dibutuhkan material yang baik untuk motor itu sendiri, kalo kualitas material jelek maka mesin akan cepat rusak. makadari itu bukan masalah power tapi masalah produsen motor itu sendiri milih untung besar apa kecil. Tapi juga terbayar sama layanan 3sNya

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan