Ketika Yamaha Mulai Tidak Percaya Diri Dengan Engine SOHC. Yamaha Akan Mengeluarkan Engine yang Dahsyat

vva DOHC

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rumor yamaha mengembangkan engine dohc untuk menggantikan klan vixion, memang sudah lama berhembus. Mulai dari bocoran awal, bocoran acara pengujian yang masih belum sukses dan bocoran terahir yang semakin mantab. Dan bocoran yang terahir kali ini terdengar begitu meyakinkan, karena disertai dengan bocoran bentuk frame yang digunakan.

Sesungguhnya wajar saja sebuah pabrikan besar sekelas yamaha menggantikan motornya yang sekarang masih menggunakan engine-sohc dengan engine-dohc. Tidak ada yang aneh, karena memang sistem dohc memiliki nilai lebih dibandingkan sohc. Jika tidak, untuk apa pabrikan mengembangkan engine yang lebih mahal, kalau tidak untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Yang menjadikan pengembangan engine-dohc oleh yamaha “terasa” tidak wajar adalahstatement pembesarnya sendiri beserta jargon iklan dan pembelaan fby terhadap engine-sohc yang saat ini masih digunkan klan vixion.

Menurut motogokil, kegalauan yamaha untuk segera mengembangkan engine-dohc adalah ketika honda (ahm) mengeluarkan new cb150r. Karena new cb150r (k56) mengusung engine generasi yang benar-benar baru yang seakan-akan ingin menunjukkan bahwa engine k56 adalah penyempurnaan dari engine klan vixion. Karena mengusung konstruksi bore x stroke yang hampir sama, plus dohc.

Apalagi menurut pengujian media cetak nasional yang cukup besar, engine new cb150r lebih powerfull juga lebih efisien (irit). Sehingga keunggulan dari engine-sohc yang selalu menjadi jargon (efisien/irit) menjadi terbantahkan dengan adanya engine-dohc (k56). Dan juga untuk saat ini fitur dan style new cb150r sudah tidak lagi inferior dibandingkan nva, sehingga seakan-akan nva sudah tidak ada nilai lebihnya dibandinkang new cb150r.

Oleh karena itu pabrikan secerdas yamaha tidak akan lengah dengan kondisi ini. Yamaha harus melakukan perubahan, terutama dengan engine klan vixion ini. Karena, tidak seperti dulu yang tidak ada pesaing, sekarang ada pesaing yang sangat dekat yaitu k56. Kalau mau tetap unggul kedepannya, maka yamaha juga harus menyematkan engine-dohc pada motor sport 150 cc terbarunya. Tentunya harus lebih powerfull dibandingkan engine new cb150r, bahkan jika perlu lebih powerfull dibandingkan calon motor sport suzuki berbasis engine satri fu 150 fi.

Jika semua bocoran digabungkan, maka kira-kira seperti ini konstruksi engine-dohc pengganti engine klan vixion :

  1. DOHC
  2. Overbore bore x stroke = 60 mm x 53 mm
  3. Aplikasi VVA
  4. Frame baru merupakan keniscayaan, karena dohc lebih berat, maka harus ada subframe bagian depan untuk memegang engine, agar getarannya minimalis.

Kalau cuma dohc overbore, mah tidak terlalu istimewa, karena sudah ada engine satria fu 150 fi dan juga cbr150 (k15 dan k45). Tapi dengan menyematkan vva, baru terasa gurih, karena karakter engine seakan-akan menjadi 2 kepribadian, mau irit hayo, mau kenceng juga boleh diadu. Jika benar-benar diwujudkan oleh yamaha, maka akan mampu menghadang dan melibas sekaligus 2 kompetitornya secara langsung, baik calon sport suzuki maupun new cb150r.

Lho kok ada tambahan vva ? He he he…masih inget artikel kontroversial aplikasi vva ke nmax ngimpi ? Pada artikel tersebut menceritakan tentang vva untuk mesin dohc (bocoran blogger kondang) yang tidak mungkin dipasang di nmax yang sohc. Nah menurut motogokil vva-dohc inilah yang nantinya membuat engine dohc-overbore yamaha terlihat lebih superior dibandingkan dengan dohc kompetitor.

dohc overbore vva

Tentunya hal yang sangat baik, jika hal ini benar-benar terjadi. Ketidak percayaan diri yamaha terhadap masa depan motor sport 150cc nya ditindaklanjuti dengan mengambangkan engine dohc-overbore-vva, bener-bener mantab. Tapi akankah hasil inovasi yang konstruktif dari yamaha ini ini mendapat dukungan dari fans-nya, yang mana sekarang masih menjagokan engine-sohc ??? Pastilah ada dari fby yang melek teknologi yang akan mendukungnya, juga fb-fb motor lainnya yang faham dengan kondisi ini akan memihak engine dengan konstruksi ini.

Ayo yamaha !!! Jangan sampai mundur kebelakang, keluarkan sport 150 cc dengan konstruksi dohc-overbore-vva.

Kata siapa membicarakan engine dohc, basi ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

33 Komentar

  1. Ada bener nya sih om klo dilihat dari aspek teknis. Tp dari aspek marketing dan ekonomi, hmmm…
    ..
    motor” sohc opercrut yg skrng beredar harga bahkan sdh di atas dohc-square/overbore (wilayah malang).
    Saat mereka menelorkan dohc, kemungkinan nya:
    1. Harga lebih mahal dari motor dohc sebelah, konsumen males!
    2. Harga sama dg line sohc nya, konsumen bingung.. lho kok bisa? Ada yg di downgrade lg deh..
    3. VVA memang ampuh bahkan senjata wajib. Tp hanya segelintir orang yg paham, dan buat memasyarakatkan vva akan butuh waktu yg cukup lama. Kenapa?
    ..
    karena benturan harga yg lebih mahal, dg rasa yg “sama” untuk kelas 150cc.
    Nmax ada pasar bukan karena vva nya,, tp krn premium look nya dg harga lokal.. plus ini belum ada kompetitor nya.
    (just my opinion)

  2. Kalau dohc performa tanggung bakal tabrakan sama cb nya honda, mampus tuh jilat berapa banyak ludah sendiri…

    Kalau dohc performa tinggi bisa aja kalah sama performa si dohc asli versi batangan, tapi buat harian ?

    • Dohc hyper vtech di cb400sf ga serumit vva yamaha om, dia itu 2 klep pd putatan rendah, sedang 4klep pd putaran tinggi, jd lobe chamshaft cuma 1.
      Sdg VVA itu pakai Lobe Camshaft 2 tipe persi seperti Vtec mesin mobil. CMIIW om

  3. kyknya gak mungkin Yahama brojolin produk dengan engine DOHC (meskipun mampu) ,,,,risetnya mahal

    mending buat sponsorin MeongGP di tv aja,,,

    begitu mungkin pemikiran petinggi Yahama

  4. Ingat di grub facebook vixion ada ststus pilih vixion dohc atau sohc, para FBY buta masih pegang vixion sohc daripada misal ada vixion dohc. Kesimpulan hanya krn bela vixion tapi membohongi diri sendiri.nanti akan ada jilat ludah rame2 dukung vixion dohc benar2 muncul

  5. Kang guru matur nuwun tapi memang yimm harus segera keluarin msn dohc untuk 150 biar sebanding ga jomplang,karena nyatanya msn y lebih jooss dari h biasanya kutunggu yimm semoga fb siap menerima kelahirannya good yimm dohc+vva semua akan dibabat habis pelan oke mau race hayu setuju joooss yimm klo jadiiii

  6. kenapa mesti dohc + vva kan teknologi valve yg lebih canggih sudah ada di r250 mau digeber diatas 15000rpm ok aja…nanggung kalo trah sport cuman pakai vva… nah kalo di tanam ke bison sih ok tuuuu….

  7. Bicara Fakta:
    1.bahwa durasi vva nmax tidak lbh besar dari durasi noken as NVL.
    2. Bahwa mesin tegak NVL/NVA butuh pipa header lbh besar dari mesin selonjoran nmax.
    3. Mekanisme kerja VVA memaksimalkan backpressure saat actuator bekerja di 6000rpm.
    4. Pada system knalpot berserat (standar) tekanan backpressure akan lbh besar seiring tingginya rpm. Dgn ukuran header dan durasi overlap besar maka makin besar pula backpressure yg masuk lagi ke ruang bakar.
    5.Test nmax on dyno gimana? 8000rpm sudah ngos2an 10rb rpm performa drop bgt. cuma dpt 11,93hp torsi cuma 11,14nm @ 7986rpm ini 155cc loh.

    Pertanyaannya:
    Kalo pake vva tujuannya biar gimana? Kuat Akselerasi atau topspeed tinggi? Bisa irit?
    VVA kalo bukan gimmick marketing apa dong? Xixixixixixixi

    • Emang iya om? Kalau durasi wkt vva off dan vva on berapa om durasI&lift in nokemnya?
      2.bini tergantung hitungan besar klep in out, durasi&lift noken dan bore-nya om. coba main ke ratmotorsport dia punya itungam bagus jd bisa hasilin diameter header. Lagipula pernah googling dari om ibnu sambodo Perhitungan mesin optimal mau di rpm brp dicari itu dulu. Makanya dilihat dari besar klep In dan out dari diameter bore silinder. Bukan seperti rumus umum klep in 80%dari diameter piston tp ada rumusan lbh detail yg sentuh di rpm power puncak. Coba cari di internet ada rumusannya. CMIIW.
      Selama pakai actuator ataupun sensor dgn digital, pabrikan sudah bisa prediksi kok om. Dia punya data komplit.
      Pernah dgr exup yamaha? Itu teknologi lama yamaha. Pasti bisa lah digunain tekno itu dibagian silencer. CMIIW
      Kalo ini belum tau deh hasil dyno maupun testdrive. asumsi krn limiter ECU kejar irit, noken juga, klep dsb
      tinggal ymii mau / ada kemauan gak? kasih terbaik. Daripada ngomel2 karuan. #ups IMHO

  8. btw prnytaan ptinggi yg mn nih yg mngagungkan sohc? yg dsmpaikan kn cm mesin ini riliable n irit, serta tarikan lbh diutamakan dr top speed… ymha mau bkin 150 dohc? toh dia jg udh punya 250 dohc twin n sngle sil…

  9. saat ini era overbore (kelas 150 antara ahm dan yimm) sudah menjadi angin lalu. tren saat ini kalo gak overstroke ya square. jadi kalo emang beneran yimm bikin dohc, kayaknya gak mungkin overbore deh

  10. anggap saja ini bonus dari yamaha
    fakta kalau sohc4 valve overstroke bisa ngamplengi dohc
    dohc tidaklah mutlak unggul

    apalagi jika pabrikan yamaha kemudian membuat DOHC Overbore
    maka bisa dibilang itu melengkapi yg sudah ada
    punya mesin dgn beda karakter
    Overstroke untuk torsi
    Overbore untuk power

    utk honda setelah merevisi jadi “near square” , maka semua line up mesin DOHC nya sama.–> SALOME untuk CB , Sonic , Supra150 dan CBR

    Sementara SATRIA FU tetap setia dgn DOHC Overbore.

  11. POLEMIK Sohc vs dohc. PEMBODOHAN OTOMOTIF. SOHC KALAU DITUNJANG DENGAN INOVASI TEKNOLOGI TENTUNYA JUGA AKAN BISA MENGUNGGULI DOHC. MOBIL HONDA BUKTINYA RATA2 MASIH SOHC HP118 (MOBILIO) BISA UNGGUL DARI KOMPETITOR YANG UDAH PAKAI DOHC HP 109 ( VELOZ, LIVINA).

  12. Mungkin para diskusi masih berumur muda dan senang memacu adrenalin bagi yang uzur bagaimana kita bikin mesin OHV tapi dari Tambang Kita semua mulai gali ambil kemudian formulasikan tak dipungkiri kita banyak yang jenius buktinya mesin dariperancang sudah DOHC masih bisa kita tingkatkenlagi powernya, kembali kalau dijalan umum sanget berbahaya dalam hitungan detik mungkin 2-3 sudah 100km/jam kalau disirkit harus jadi mesin OHV seperti honda CG sudah cukup karena dijalan umum sudah ada batas kecepatan dalam kota dan luar kota supaya AMAN dan SELAMAT sampai tujuan memang kalau muda disalip aplagi dengan cara memotong jalur
    adrenalinnya naik penginya bales

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan