Mau Beli Bebek Super..Pastilah Pilih Satria FU 150 FI

satria FU150 fi 2016

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buta kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah mengetahui bocoran bandrol satria fu 150 fi di dki dari mas iwb, dengan harga 21.650 (versi biasa) dan  21.950 juta (versi motogp), motogokil sangat surprise. Betapa tidak, dibandrol 23 juta pun masih pantas [artikel], nyatanya suzuki malah membandrol lebih murah lagi. Dari sisi harga ini terlihat bahwa suzuki berusaha keras mempertahankan market share satria yang mulai menyusut, digerogoti sonic150r.

Harga tersebut mepet banget dengan harga sonic150r, yaitu 21.2 juta (versi biasa) dan 21.8 juta (versi repsol). Jika diambil versi termurah, maka perbedaan harga sonic150r dan satria fu150fi hanya 450 ribu, tipis banget. Dan dengan selisih harga yang sangat tipis tersebut satria fu 150r unggul dibanyak sisi terutama performa.

Selain itu, part-part yang ditanamkan dalam engine satria fu 150 fi memiliki potensi yang besar untuk di-upgrade mendapatka performa yang lebih tinggi lagi. Beberapa part yang terkait dengan potensi satria fu 150 fi adalah :

  1. Throttle body dengan diameter yang lebih besar (satria fi 32 mm sedangkan sonic150r 30 mm)
  2. Diameter klep in dan ex yang lebih besar
  3. Limiter yang lebih tinggi
  4. Penampang radiator yang lebih besar
  5. Dan beberapa kelebihan lainnya, sisanya mirip-mirip dengan sonic150r.

Jadi selain performa standarnya lebih besar [artikel], ternyata potansi yang disimpan oleh satria fu 150 fi lebih besar lagi. Jadi jika ingin meningkatkan performa engine, tidak banyak part yang harus diganti. Cukup setting ecu saja untuk tahap awal, performa akan melonjak dengan mudah.

Terkait dengan segmen bebek “super”, dari konotasi super ini tercermin performa yang tinggi. Jadi wajar jika performa yang dikedepankan, bukan style, bukan juga fitur-fitur yang tidak berkaiatan dengan performa, maka satria fu 150 fi lah yang paling digjaya. Jadi kalau mau beli bebek super, pilih satria fu 150 fi, tidak akan menyesal (dengan catatan spek aslinya sesuai dengan brosurnya).

Tapi perlu diingat, kalau sudah paling tinggi performanya, jangan tanya bagaimana fuel consumption-nya, irit apa boros ???. Karena semua sudah 4tak, sudah sama-sama injeksi, maka kalau mau kencang yang pasti boros, sebanding dengan performanya. Tinggal bagaimana suzuki memelihara fansnya, kosumennya dan pelangganya, dengan menyediakan tempat servis dan sparepart yang mencukupi, sangat besar harapan penjulan satria fu 150 fi ini akan kembali meroket.

Ayo maju suzuki !!!!!

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

33 Komentar

  1. Juooosss…sufi…kompetitor g bkln mmpu mnndingi acelers…..scr power weigh ratio pun lbih bsar dr p200ns….???krx pns klh ngk e

  2. ngak bakalan berani suzuki pasang harga mahal2,
    performanya 11-12 kok sama kompetitor, bedanya satria fu fi ini sudah ditunning, merek sebelah masih belum diopimalkan lagi

    lagian ini bebek bro jangan samain dengan sport.
    kalo udah pernah liat bandul crankshaft fxr dgn satria fu lama pasti tau bedanya…… xixixixixixixi

  3. om gokil nanya donk…
    kan sekarang udah injeksi semua motor di indonesia, dulu karburator kan tugasnya mencampur fuel dan udara, sebenarnya thortle body tu tugasnya apa? kok gede amat diameternya sampe 32mm? apa karena injektornya juga semprotannya kencang ala pompa shimizu?
    mohon pencerahannya om…

  4. tuning2 mulu

    fu part standarnya didesain untuk menahan muntahan power 18,2 hp, kompresi 11, dan limit rpm yg tinggi

    ga ada yg lebih enak punya motor yg standar jeglek udah kenceng.. perawatan ga perlu lebih ekstra

    tp klo dibandingin 2 ayago tersebut pilihan gw cuma seiber 150

  5. fu fi std pabrik udh di tune? trus yg sebelah blum dioptimalkan? what the &*%$…kmren sempet test ride ayago honda yg berumur 2 bulan..dan ternyata getaran mesinnya lbh kuat dr fu’karb yg udah 6 thn..trnyata soal getaran n material itu bukan hoax..no bc cm share pengalaman.

    • getarannya sama kek fu gw yang naek stroke 3 mm(naek turun jd 6 mm) sama bore up 67 mm

      klo pas masih std fu 2007 gw minim getaran.. ecesss aja

  6. lah si sonice udah ditune di kejurnas150 jadi 24 HP tetap tuh pada meleduk berjamaah.

    Yang SOHC ditune 29HP kuat tuh sampe finish dan juara nasional 150

    buat si Pengamat tollloooolll

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan