Pilih Mana Yamaha Aerox 125 Atau Honda Vario 125 ???

aerox 125 vs vario 125

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Perilisan yamaha aerox 125 oleh yimm, menandakan keinginan yang kuat yamaha untuk merebut kembali pangsa pasar skutik tanah air. Spesifikasi yang diberikan pun mirip-mirip alias hampir seimbang. Meskipun demikian tentunya ada bedanya, yang bisa dijadikan komparasi oleh calon pembelinya.

Persamaannya sungguh banyak, sampai-sampai bore x stroke nya pun sama. Nah di motogokil ini akan ditampilakn perbedaannya saja (persamaannya tidak ditampilkan). Monggo disimak…

komparasi aerox125 vs vario125

Jadi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal calon pembeli mempertimbangkan mana yang dianggap penting, diberi bobot yang lebih besar. Jika mementingkan performa secukupnya dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi, serta lebih murah maka vario125 bisa dijadikan pilihan utama. Tapi jika ingin skutik yang lebih kencang serta handling yang mumpuni, maka pilihan yang lebih tepat ada pada aerox125.

Jika melihat pemakai pria yang cenderung mengingikan skutik yang kencang dan sporty, maka pilihannya bisa mengarah ke aerox125. Akan tetapi dikalangan wanita/ibu yang menginginkan skutik yang lebih murah, irit kecenderungan memilih vario125 lebih besar. Tinggal dilihat saja mana yang dominan (konsumen pria atau wanita), dialah yang akan menghasilkan penjualan lebih besar.

Semoga berguna, dan selamat memilih bagi pembaca yang sedang berkeinginan memingang skutik 125 cc. Wassalamu’alaikum wR wB.

68 Komentar

  1. jelas vario lah… power persis , torsi lebih tinggi di rpm lebih rendah cukup jauh juga, bagasi lebih besar, tanki lebih besar. baru kali ini yamaha masang harga gak tau diri, terhadap harga honda lagi yg biasanya ketinggian.

  2. performa stroke 57.8mm 125cc sepadan dengan stroke 55,1mm 110cc

    bore1 / bore2 = stroke1 /stroke2
    52,4mm / 50mm = 57,9mm / 55,1mm

    mendingan beat series atau vario cw karbu, lbh murah performa 11-12 ….. xixixixixixixi

    • Gwe seneng betul sama komen pak pengamat. Nambah wawasan

      Oiya vartech ane yang 110 sese gimana?

      Boros pisan sekarang 38km/liter

    • ane kemaren bawa varla kebetulan lagi ngikutin nmax 150 dibelakang, eeh disalip sama beat pop ace.
      kejadian deh uber2 varla ngikutin dibelakang nmax sama beat pop ice paling depan.

      beat pop ace akselerasinya lumayan buat dalem kota varla masih bisa sedikit ngimbangin wajar lah volume knalpot beat series lbh kecil. kalo topspeed masih megang vario cw ane bro. coz ane lagi riset pake header 17mm + silincer standar.

      • ane berat 65 boncengin berat 55 di blkng, naik beat-fi nanjak top speed 90kpj on speedo 😀
        ..
        masalah terbesar matic yamaha ada di performa, jauh bangeett….
        di rmh ada mio, vario 110, scoopy dan dipastikan mio yg plng boros & plng lemot klo lg keluar bareng. 🙂
        ..
        walopun matic ekonomis lansiran suzuki malah bisa lebih dr kedua nya, sayang handling suzuki sll kaku, jd kurang nyaman klo buat petakilan! 😀

          • kata temen sih ngaruh pas nafas atas. cmn suaranya rada ga merdu. kl menurutku mending ori di bobok suara bisa lebih kalem dikit. tp kl rumahnya di dalem gang mah enak std. ga berisik… 😀

          • Tergantung setingannya bro.
            header diameter besar cocok buat akselerasi rpm bawah-menengah.
            Header diameter lbh kecil buat rpm menengah-atas u/ topspeed.

      • Vario cw ane pake gram 9 roller trus filter udara pake kawat kasa alus sama potong karet dr karbu ke filter, pake bensin ron 95 di speedo tembus sih 130an. Speedi yah. tp topseed ngejernya vario150an. Krn roller enteng sengaja biar ngejerit di rpm nyentuh limiter om pengamat

          • Susah jg yah. Kalo mesin bluecore itu enak + sasis stabil bgt tp kekurangannya kalo sasis stabil pas nikung pindah jalur “semacam race line” dijalanan agak sulit kalo ada menghindar. Cma nyaman kalo nikung cepet.
            Kalau honda sebaliknya agresif merubah raceline kalo ada apa2 pas nikung. plus. Cvt ga banyak ngambek bgt meski berisik. Mesin enak jg.
            Tgl tergantung karakter pengendara suka agresif ubah jalur atau stabil di jalir itu. Ini pribadi saya. soalnya ukuran jakarta masih pilih honda bisa selap selip cepet. Gitu aja om.
            Masalah awer mah rajin perawatan aja ga ngaruh kalo jorok makenya ya cepet rusak. Ini sekali lagi opini saya om berdasarkam naik mio karbu, beat karbu + fi, vario karbu sama mio soul gt bluecore

          • Nah soal awet ini.. sbnrnya ane ragu ama cvt yamaha.. sbnrnya cvt bluecore ini ada penyempurnaan apa aja to kang.. apa masih butuh bnyk bukaan gas untuk memutar driven.. pengalaman mio itu berat jalannya

          • Cvt mio soul blue core udah ada pembaharuan roller pake xeon, per jg mirip xeon tp agak pendek, puli gedenya vario, belt cvt udah lebar besar dan kuat sejauh ini sampai saya pake sampe km 7000an ga ada kendala retak wkt saya buka. Masalah cuma di kampas ganda agak keras jd suka gredek / susah gigit dikit. pdhl mangkok kopling udah bagus bahan tebel. Cuma ada pemanasan terpusat di mangkok kopling sampai ada warna pelangi biru keunguan di dkt masuknya as pully blkg. Untungnya bahan tebal jd ga masalah sih.

          • Bukaan agak gede dikit krn celah kampas ganda sama mangkok kalau diukur masih deketan punya honda. Makanya temen saya sering mantek kopling ganda yamaha deketin celah antar kampas sama mangkok pas terpasang sama ganti bahan agak empuk kalo standar, kalau boreup yah tetep sama keras tpagak lunak dikit dari bawaan pabrik., gitu aja om berdasarkan pny teMen. Cuma saya ga gak gitu. Cuma ganti per cvt pny xeon rv sama roller 9gram pny xeon jg di mio soul bluecore. Cr cepetnya. Tp awas bisa bikin boros jg. Di vario jg bikin boros kalo roller enteng. Soalnya bawaannya lebih teriak mesinnya plus bandel pgn narik gas terus

          • Kalo ada pemanasan sampai pelangi gitu berarti beltnya terlalu keras dong .. bisa ada kemungkinan dong walaupin tebel jadi cept aus ??? Bikin rasio ngga cpt naek tuh emng klo enteng tp emng solusi murah ya kang kalo maen roller doang..

          • kalao pemanasan di pelangi kurang tahu sebab karena belt. ini panasnya di mangkoknya ya bukan di pully belakang. mesti di liat lagi.
            Solusi murah sih pakai roller enteng, cuma korban di topspeed.

          • Oh ngono kang.. apa bisa jadi emang blue core itu cvt nya mmng ngga se kuat honda esp.. cz ane prnh dnger isu ndredeg kayak akang jlasin di atas.. cz pasti tnga nmax yng gede pengaruh kekuatan cvt lbh brasa…

          • kalau untuk itu belum terbukti sejauh mana om, yg pasti kampasnya gredeg waktu masih dingin + pemanasan di mangkok kopling dkt lubang masuk as pully blkg (khusus mangkok saja yah) ada warna pelangi kapan2 saya buat artikelnya deh. utk memperjelas itu. cuma slama ini dibawa tidak ada kedodoran tenaga dibagian cvt dan mesin.

          • Kalo trnyta pelangi itu hasil dari produksi mamgkoknya di pabrik masuk akal ngga kang?? Jadi bukan karena efek kerja mekanis motornya?? Akang ada blog juga ??

          • kurang tau kalau dari pabrikan, tp pas buka begitu, apa ada pengguna lain yg masih standar pake mio soul bluecore gak di ubah roller dan per ? kalau memang tidak berubah, berarti perubahan roller dan per cvt bisa menyebabkan pemanasan terpusat, baru saya rekomend untuk tidak melakukan perubahan biarin standar aja. namanya juga modifikasi diluar anjuran pabrik. jadi resiko tanggung sendiri (DYOR = Do You Own Risk)
            Blog ada diklik aja nama saya om biasanya langsung masuk ke blog kolong jembatan saya. heheh 🙂

    • ane dirumah punya beat esp lansiran 2015 emang joss diajak ngebut ok tarikan enak dan irit lagi sayang materail body tipis cat ya lumayan sih masih bagusan beat karbu 2010 body lumayan tebel cat masih kinclong.oya antara fino sama scoppy bagusan mana? terutama bagian cvt? agak kapok beli produk yamaha soalnya cvt berdecit cit cit

      • Yamaha kelemahamnya kampas ganda terlalu keras, ini lg pake mio soul gt 125 bluecore, suka gredek kalo masih dingin. Sama pen kecil yh dipully belakang yg kena gemuk, itu harus modif pake pin model vario honda. Soalnya biar ga gerus jd awet, lagi cari pin 3 kecil itu susah beli satuan adanya assembly jd jatuhnya mahal

  3. aerox refurbished ceon dgn harga diatas vario gk akan byak terjual…
    masak 18 jta dpet barang refurbished..
    yaa mnding vario lah..

  4. Suruh pilih tok kan ga suruh beli?
    Address ga masuk pilihan yah? Ane pilih susi address brkualitas irit tpp gaya msh sisa duit buat bejanja bini ke 2

  5. Mau masang boks rice kuker susah, karna ga ada dudukan behel. Jd aerox kalo mau turing mesti pusing mikirin dudukan boks. Vario 125-150-juga spacy punya 3 dudukan boks, yg fungsional dan kuat kalo merk lain ada addres yg dudukan behelnya dirancang untuk pasang box tambahan…..

    Selain performa oke dan tampang yg racy….

    Aerox ga layak beli, mahal tp cuma jualan performa n racing look aja…..

    Masih lebih masuk akal xride sekalian, lebih value….

  6. Produk blunder ini!Smuanya serba nanggung ‘khas’ pabrikan garpu tala! -_- Ttep msh banyakan New Vario yg unggul dr berbagai sisi!

  7. dari dulu sampe sekarang
    masalah matic yamaha itu yang terbesar ada di CVT
    mau power berapapun, kalo delivery nya gak lancar ya percuma

    enak nya cvt honda itu, buka gas dikit, rpm rendah motor dah ngacir
    jadi kesan nya aksel jos, irit, dan nyaman buat santai
    plus cvt nya alus

    nah, kalo matic yamaha, harus buka gas dalam dan rpm tinggi, jadi kesan nya ngeden
    padahal kalo di tes aksel nya lebih kencang, tapi bukaan gas juga harus besar

    coba aja gini, tes aksel vario dan aerox, tapi bukaan gas cuma 30% , vario pasti ngacir di depan. tapi kalo bukaan gas 100% ya aerox di depan
    nah, masalahnya apa tiap kita pake motor harus bukaan gas 100% ??

    dan cvt honda itu awet, vario tekno 110 punya ortu, 5 tahun belum ganti sparepart mesin dan cvt, cuma di bersihkan doang. dan top speed masih tembus 110,
    tapi mio dan spin punya teman, belum 30rb vbelt dah putus

  8. Matic itu kenyamanan bukan kecepatan dlm sehari”,
    Matic itu cari yg ekonomis irit bbm bukan yg boros bbm,
    Harga jual yg stabil, kalo ada yg baru lagi nnti kluar, dijualpun ga anjlok
    Mungkin pendapat itu aja….
    Aku sih yeess vario

    • Vario 125 gak banget… Pernah coba pp sby-kdr… Hasil 11/12 sama satria fu150 sama2 boyok pegel kondisi satria sudah papas jok.. Cba kl jok satria masih standart pasti gak bikin boyok an. Reboun sok keras kata boncenger ( boncenger istri ane ).
      Vario gak banger buat kluar kota….
      Kl dalam kota jg blm pernah coba…..
      Paling buat k in****t sama k pasar doank…
      Body nya minta ampun dah….
      Apalagi berat nya itu…..
      (Vario kpunyaan adk)

  9. beli kok mikir jual lagi, ya 11-12 lah klo kondisi sekarang.

    CVT Honda lebih awet???
    Ga juga,toh kejar-kejaran si vario 110 belt putus tuh di tanjakan.
    INTINYA PERAWATAN.
    Toh,saya punya mio karbu 80 ribuan km ga ada masalah.

    Klo vario 125 vs aerox,belum tahu karena belum coba dan belum lihat si aerox

  10. pilih vario…lebih proporsional,
    harga lebih murah, bbm lebih hemat….
    kapok beli yang boros, saban hari mampir di pom bensin

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan