Nasib Pabrikan Motor yang Kalah Iklan

skutic small2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Yakin sudah tahun 2015 lalu honda melalui ahm menguasai pasar Indonesia. Pangsa pasar terbesar dalam sejarah (sementara ini) penjualan motor, yaitu 68.7%. Yang mana dari seluruh motor yang dijual ahm (4.453.888 unit), motor matic yang terjual menempati persentase terbesar yaitu 76,9 %, atau sebanyak 3.750.816 unit.

Capaian tersebut tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya brand (merek honda), harga, fitur, performa, kualitas, pelayanan after sales, harga jual kembali dan iklan (publikasi). Dan (mungkin) publikasilah yang mengambil peran cukup besar dalam mencapai market share tersebut. Publikasi motor honda nggak tanggung-tanggung, mulai dari televisi, koran, tabloid, brosur, iklan di internet lewat situs resmi atpm, bahkan tidak lupa menempatkan iklan dengan resolusi sebesar mungkin di tempat-tempat yang banyak dikunjungi pemirsa.

Salah satu tempat yang sering dikunjungi pemirsa adalah blog-blog otomotif dengan view yang luarbiasa besar (silahkan tengok blog-blog kondang otomotif tanah air). Pada blog-blog ini ahm langsung mengambil alih perhatian para pemirsa yang datang berkunjung. Sehingga meskipun yamaha sedang berusaha dipublish dalam sebuah artikel, akan tetapi iklan motor honda tetap tampak paling dominan. Perhatikan gambar ini

kalah iklan

Meskipun skutik aerox 125 yang sedang dibahas, akan tetapi yang banyak muncul malah gambar beat pop. Apalagi ada iklan yang bisa bergerak (format gif) tampak lebih menarik perhatian pembaca. Lebih-lebih jika yang dibahas motor honda, ya sudah gambar motor honda hampir di semua sudut pandang, ya pantaslah honda memenangi persaingan perebutan market share sepeda motor di tanah air.

Melihat kondisi ini, kedepannya akan sangat berat bagi kompetitor honda (yamaha/yimm) untuk tetap memberikan perlawanan yang seimbang, apalagi menumbangkan honda (ahm). Lebih berat lagi bagi kompetitor yang baru/akan masuk seperti bajaj dan tvs serta merek-merek lainnya. Bagi mereka pendatang baru harus pintar-pintar mencari celah, kemudian sedikit demi sedikit memperkuat branding dan loyalitas pengguna. Ibarat sekuat-kuatnya batu gunung, akan pecah juga kalau di”beji”, nah pada celah itulah tempat “beji” berada.

membelah batu

Semoga artikel ini bisa menginspirasi, wassalamu’alaikum wR wB.

 

14 Komentar

  1. Kenapa jarang yang membahas kekuatan dukungan finansial produk ahm dibandingkan kompetitor dalam aspek pemasaran? (misal dp Rp.0 dsb) yang hal ini tidak jarang/tidak dilakukan kompetitor (tidak mampu?). Sehingga seolah-olah larisnya produk ahm adalah murni karena kualitas produk padahal realita yg saya temui banyak teman dan keluarga dekat saya beli (kredit) honda karena dp/cicilan yg super duper kecil bahkan ada dp Rp.0 (nol rupiah)! dan bukan karena kualitas motor honda.

  2. Yamaha (YIMM) itu sudah cukup bagus dalam urusan mencari “celah” dan memilih lalu memasang “beji”, namun saat batu itu mulai pecah, eeh…. ndilalah AHM dg kekuatan entah darimana bisa membuat batu itu “utuh dan rapat” lagi

  3. jaringan yg luas, brand terpercaya, dukungan pembiayaan kredit yg beragam, modal tak terbatas. ini faktor tetap kokohnya ahm d puncak.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan