Motor Sport yang "Sedang-Sedang" Saja, Akankah Masih Bertaji di Tahun 2016 ???

sport mid

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tahun 2015 ini adalah tahun kehancuran penjualan motor sport kelas rendah-sedang (low-mid, seperti : new mega pro dan byson). Menurut motogokil masing memiliki penyebab yang berbeda. Jika megapro hancur market share (ms)-nya karena dimakan oleh verza150, sedangkan byson dimakan oleh nvl.

Pada kasus hancurnya ms new megapro oleh verza150, disebabkan oleh perbedaan harga yang lumayan jauh. Apalagi perbedaan performa bisa dikatakan hampir tidak ada. Dan untuk rider tertentu mungkin keunggulan nmp (rdb, monoshock dll) tidak menjadi pertimbangan penting, karena motor hanya dijadikan alat transportasi, bukan alat untuk menaikkan image. Pertimbangan seperti ini menjadikan banyak rider dengan budget yang pas-pasan memilih verza.

Sedangkan kasus rusaknya ms byson memiliki sebab yang berbeda. Tingginya minat rider memilih byson karena tampangnya yang gagah berotot. Ketika nvl muncul dengan style yang lebih gagah dari ov (ban gambot, rdb, tutup tangki rata dll), mengakibatkan perhatian rider beralih ke nvl. Apalagi performa nvl jauh lebih tinggi dibandingkan byson, akhirnya terjadi switch calon konsumen byson menjadi konsumen nvl.

Tentunya pabrikan tetap akan mencoba memperhatikan ms di daerah ini. Yaitu ms yang berisi rider yang tidak puas akan style-performa dari nmp-byson. Rider yang menginginkan motor sport yang sedang-sedang saja, baik style-performa secukupnya, dan pastinya tetap nyaman dikendarai. Kira-kira klasifikasinya adalah :

  1. Style di atas motor sport entry level (verza, thunder dll)
  2. Performa di atas motor sport entry level, tapi tidak perlu seperti nvl-ncb, karena kondisi transportasi harian yang tidak mengizinkan (kegunaan, faktor umur, kualitas jalan dll)
  3. Ergonomi senyaman motor sport entry level, tidak terlalu nunduk, dipakai touring tidak membuat pegal tangan, pundak dan pinggang
  4. Fitur-fitur secukupnya, tidak perlu yang wah
  5. Harga tidak masalah lebih tinggi sedikit dibandingkan motor sport entry level. Asalkan jangan sampai mepet motor sport level di atasnya.

Dari klasifikasi calon konsumen jenis ini, maka akan dipertimbangkanlah rilisnya beberapa motor berikut, hornet 160 (menggantikan nmp), gixxer 150 (menggantikan thunder125) untuk menemani byson fi v.2 yang masih bertahan. Jadi kemungkinan besar peperangan kelas motor sport 150 cc akan berdarah-darah di tahun 2016 nanti. Karena yang intens memperebutkan pasar bukan hanya honda dan yamaha, akan tetapi suzuki juga sangat berpotensi untuk memikat calon konsumen.

Berikut ini penampilan dan tabel komparasi antara 2 pendatang baru (hornet 160 dan gixxer 150) dan penguasa lama (byson fi v2).

byson fi v2 red

Byson fi v2

cbhornet160 red

CB Hornet 160

Suzuki-Gixxer-blue

Gixxer 150

Dan tabel komparasi singkatnya [sumber]

Hornet-vs-Gixxer-FZ-Comparison

Menurut perkiraan motogokil, harga akan dekat dengan harga byson/nmp yang sekarang, atau sekitar 21 juta-an. Harga ini setara dengan harga bebek ayam jago sonic150r (21.200 jt), dan (mungkin) lebih rendah dari new satria fu fi (23 jutaan), serta lebih mahal dari bebek super mxking (18.950 jt). Nah sekarang tinggal calon pembeli/rider di budged level 21 jutaan memilih, apakah akan tertarik dengan :

  1. Bebek super/ayam jago. Dengan fitur lengkap, style dan handling motor bebek, dengan power yang lebih besar. Atau
  2. Sport dengan style dan handling ala motor sport cruiser, dengan performa yang sedikit lebih rendah dan fitur yang (mungkin) secukupnya saja.

Jadi pasar untuk motor jenis ini memang tanggung, style tertarik ke atas, performa tertarik ke bawah. Kemungkinan besar ms nya juga tanggung, lebih rendah dari kelas di bawahnya atau di atasnya (persentasi ms-nya dibawah verza atau ncb150r -untuk honda). Dan sepertinya motor jenis ini cocok untuk rider yang cool, kalem, anteng nggak neko-neko, nggak sering ngebut-oprek mesin dan lain-lain. Apa bro termasuk rider seperti ini ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

32 Komentar

  1. tu motor dr india smua,dan baru byson fi yg ud masuk,dan hasilnya…mengenaskan om!! Om dosen lupa ya,diindia ga ada nvl dan cb150..segmen sport mid high india stlah byson/hornet langsung loncat ke ke r15/cbr150..celah yg kosong cuma diisi fz150i (byson half fairing) dan 200ns..kalo honda dan suzuki mau masukin hornet atw gixxer,artinya mreka ngga blajar dr ksalahan yamaha (new byson)..khusus buat suzuki,kalo gixxer dimasukkan buat gantiin thunder dan harganya head to head dgn verza,kmungkinan mampu bersaing atw malah mngungguli..

  2. Malu ah, masa motor sport rasa bebek.. Saya sih Mendingan bebek/ayago rasa sport, gak pake dipstick (udh ada kaca dimesin), pas beam, engine kill switch, performa jg gak amit2.. Tinggal modif raiser, stang fatbar, wing-rack givi.. Ya, welcome satria fi.. Hahaha

  3. sz GA akan masukin gixer atau buat thunder 150 atau fxr reborn lah..sdh jatah2an..atau kawak buat 1504 tak yg akan dgn sgttttt mudah matiin h dan y

  4. Saya pengguna NMP Pak Dosen sudah setahun. Saya puas sm motor ini. Dipake untuk krj tiap hari pp 95 km (bogor – bekasi). Saya berharap NMP diubah seperti Hornet. Harapan lainnya byson yg skrg bs ditambah rear disc brake dan suzuki thunder bs jd 150 cc. Jadi makin banyak pilihan.

  5. Nmp itu motor khusus pedesaan. Sasisnya enteng ditekuk tapi justru karena stang terlalu tinggi sama shock terlalu empuk makanya handlingnya gak enak. Performa sebenarnya oke. Hanya kurang pas buat sruntulan. Kalau boleh dibilang performanya enak di putaran bawah menengah. Turing santai pakai megapro akan enak sekali karena torsinya di rpm rendah nampol bgt. Tapi rpm tinggi bengek. Overall ane pakai mptor dinas ini puas. Sayang ana pakai nmp karbu. Yg agak boros dibanding nvl

  6. Mau gak mau, nmp fi harus di rombak ulang kalo mau kompetitif. Sebut aja headlampnya yg kegedean, desain tangki yg tawar, ban kecil, sama buritan yg gak pernah berubah total dari thn 2010.
    Kalo byson, kelemahan ada di rem belakang sama harga yg mepet nva. Desain byson udah ok, performa udah cukuplah. Beda dg nmp fi sama ncb yg gap harganya sekarang merenggang.
    Suzuki punya 2 opsi, promosiin thunder ke 150cc atau bikin line up gixxer, lawan ncb sama nva pake gsx-s.

  7. kalaupun motorne g dibawa utuh, setidaknya platform mesin ne yang dibawa kesini. bisa dipake buat next verza, naked tourer, ato motor model klasik macam cb223s, dibuat flat track juga keren. varian mesin 190cc ne dipake buat next tiger *edisi ngarep

  8. Ane kerja diperkebunan lae.. Dapat jatah honda verza, udah lbih dri cukup lah unt kliling2 kebun..
    Tapi unt touring beraat lae, nyali fuso lari 60km/jam, area jalanbagak nikung2 sikit udah kepayahan..

    Bbrapa kebun yg arealnya rusak dapat jatah klx

  9. Sbnernya ngahaem ckup bkin part mesin nmp jdi lebih ringan. Gak prlu naik cc. tenaga naikan smpe 14hp aja udh ckup.. pke style hornet + new cb trus ban di gedein dikit.. minimal naik jdi 100/80 dn 120/70.. dn kasi hrga 22,5 juta

    Dijamin nmp bkl laris manis

    Smntara gixxer cm kurg di style (trlalu mengotak) dn minus di rem blkg yg masi tromol. Tpi alangkah bgusnya jika SISter masukin ke indo

    Klo utk byson sih oke smua dah cm minus rem blkg msi tromol. Lebih giatkan lagi marketingnya

    Suwun

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan